SOAL UTS KELAS MPI A 2014 UIN RADEN FATAH PALEMBANG


Petunjuk Soal:
1.Tulislah Nama, NIM, Program Studi, Mata Kuliah pada lembar jawaban Anda (kolom Komentar).
2.Kerjakanlah semua soal di bawah ini. Anda diperbolehkan membaca buku atau catatan kuliah, tetapi tidak diperbolehkan bekerja sama.
3.Waktu mengerjakan pukul 17:00 – 08:59 Wib

Soal:
1. Jelaskan mengapa dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) itu penting dalam Pengembangan PSB!?
2. Jelaskan mengapa Anda sebagai mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) perlu mempelajari Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB)!?

42 thoughts on “SOAL UTS KELAS MPI A 2014 UIN RADEN FATAH PALEMBANG

  1. Nama. :Andik Susanto
    Nim. :14290010
    Program k. :Mpi/2014
    Mata kuliah. :PSB

    2. Dasar penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan (PSB) karena sumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
    a. Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
    b. Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
    2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
    a. Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
    b. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
    a. Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
    b. Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
    4. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
    a. Meningkatkan kemampuan sumber belajar.
    b. Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
    5. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
    a. Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit.
    b. Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
    Dengan demikian dasar penggunaan itu penting dalam pengembangan karena akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam belajar yang positif

    2. Menurut saya dan beberapa buku yang saya baca mengapa PSB penting pagi mahasiswa manggemen karena kita sebagai mahasiswa managemen pendidikan yang berbasis islam dan sebagai tenaga pendidik yang bermutu kita harus mengetahui dasar pusat atau sumberbelajar tersebut. kita mempelajari MK PSB supaya kita bisa mengembangkan sekolah atau mutu pendidikan yang tinggi yang efektif dan efesien.

  2. Nama = Dona Friska Amelia
    Nim = 14290029
    Program Studi = MPI

    Jawab

    1. Karena dasar pembelajaran PSB itu ialah tentang pendidikan yang mencakup sekolah dan bersumber kepada buku pengetahuan, internet, maupun media sosial lainnya. pentingnya pengembangan PSB bagi mahasiswa ataupun masyarakat lainnya yaitu agar kita lebih memahami dan mendalami materi perkuliahan yang mencakup kepada sumber pendidikan. dimana pendidikan tersebut sangatlah penting bagi kita khususnya pelajar Indonesia karena sebagaimananya dasar dan perkembangan itulah awal dari kita mempelajari PSB tersebut karena sebelum mempelajari bidang-bidang selanjutnya kita harus lebih dahulu memahami dan mempelajari dasar-dasar nya.

    2. Karena, sesuai dengan materi nya bahwa pusat sumber belajar (psb) ialah mempelajari tentang pendidikan dimana pendidikan tersebut sangat penting bagi kita sebagai pelajar. oleh karena itulah mengapa mahasiswa manajemen pendidikan islam (MPI) harus mempelajari PSB dan selain itu disamping sebagai sumber pendidikan PSB pun merupakan materi perkuliahan yang menjurus kepada bidang pekerjaan nantinya terkhusus kepada bidang pekerjaan guru atau dosen. selain itu juga kita sebagai mahasiswa MPI ini harus lebih menguasai materi ini agar kita lebih profesional dalam pekerjaan lainnya.

  3. Nama:DODI CANDRA
    Nim :14290028
    mata kuliah:pengembangan pusat sumber belajar
    program study:manajemen pendidikan islam

    1. menurut saya dasar penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalampengembangan pusat sumber belajar sumber karena dsar dasar penggunaan pusat sumber belajar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang efektif sehingga pusat sumber belajar yang di gunakan bisa di gunakan dan di manfaatkan secara positif. misalnya, perpustakaan merupakan tempat berkupulnya sumber_sumber belajar bagi siswa dan mahasiswa untuk mendapatkan poembelajaran yang menyangkut proses belajar tersebut. dengan adanya dasar pengembangan pusatsumber belajar , kita juga biusa mengaplikasikan sumber belajar kasik dengan sumber belajar odern. maksudnya, meskipun sumber belajar modern seperti komputer wifi, jaringan internet dan lainnya, kita bisa mengembangkan sumber belajar klasik yang setara dengan sumber belajar modern.misalnya dengan membaca berbagai macam buku dan memahaminya,kita bisa mengaplikasikan dengan internet pada saat menerjakan tugas dengan hal itu, kita bisa membandingkan dan menyamakan hasil belajar sehingga tidak ada kesenggangan antara kedu jenis sumber belajar ter sebut

    2. walaupun saya sebagai manajemen pendidikan, saya juga perlu mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar karena, selain meninjau administrasi di sekolah tersebut saya juga akan meninjau pusat sumber belajar dan pusatnya agar proses pembelajaran di sekolah tersebut berjalan dengan baik. contohnya, meninjau kurikulum belajar siswa sehingga tidak terjadi keterlambatan sistem sumber belajar tersebut, juga mengecek sumber sumber belajar yang memang di perlukan oleh sekolah,universitas dan lembaga pendidikan lainnya supaya tidak terjadi kekurangan pengetahuan bagi siswa dan mahasiswa.selain itu juga dengan memahami mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar tersebut saya juga bisa memahami dan meninjau pusat sumber belajar seperti gedung, fasilitas dan lainnya. bila fasilitas dan keadaan ruang belajar tersebut kurang mendukung, bisa kami segera melakukan perbaikan dan memenuhi semuanya dengan sistem ang baik sehingga semua yang menggunakan pusat sumber belajar tersebut merasa aman dan nyaman untuk belajar dan mencari literatur sumber belajar yang di pakai.

  4. Nama : Elfika Ayu Lestari
    Nim : 14290032
    Kelas : MPI-A

    1. Karena dalam pengembangan Pusat Sumber Belajar perlu memanfaatkan PSB yang meliputi bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai ke bangunan yang rumit dan lengkap yang di rancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan dan memanfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuk baik individual maupun kelompok. Yang mana dalam dasar penggunaan Pusat Sumber Belajar tersebut terdapat tiga dasar yaitu:
    a. Dasar Filosofis, merupakan asumsi-asumsi tentang realitas, hakikat manusia , hakikat pengetahuan, dan hakikat nilai yang menjadi titik tolak dalam mengembangkan PSB. Pandangan-pandangan filsafat atau tentang pandangan hidup dan eksistensinya sangat dibutuhkan dalam pendidikan, karena dalam mengembangkan PSB memerlukan proses pemikiran yang konsekuen. Tentang hal-hal yang harus dilaksanakan dalam menentukan arah(kemana peserta didik dan akan dibawa kemana) dan tercapainya tujuan pendidikan.
    b. Dasar Psikologis, yaitu ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala jiwa dalam hal ini kaitannya untuk pendidikan berarti dalam proses pendidikan harus memperhitungkan faktor-faktor kejiwaan peserta didik. Jadi para pendidik sebagai individu membutuhkan pengetahuan tentang psikologi dalam berinteraksi dengan peserta didik. Banyak aspek dan hubungan yang membutuhkan pemahaman secara psikologi. Juga banyak perlakuan, tindakan, layanan yang memerlukan dasar-dasar atau prinsip sosiologi dan banyak masalah yang perlu dianalisis dan diatasi dengan pendekatan-pendekatan psikologi. Melalui pendidikan diharapkan adanya perubahan perilaku peserta didik menuju kedewasaan, baik dewasa dari segi fisik, mental, emosional, moral, intelektual, maupun sosial.
    c. Dasar sosilogi, sosiologi memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang diinginkan oleh aliran kemasyarakatan ini ialah proses pendidikan yang bisa mempertahankan dan meningkatkan keselarasan hidup dalam pergaulan manusia, perwujudan cita-cita pendidikan sangat membutuhkan bantuan sosiologi. Konsep atau teori sosiologi memberi petunjuk kepada guru-guru tentang bagaimana seharusnya mereka membina dan akrab sesama teman. Para guru dan pendidik lainnya akan menerapkan konsep sosiologi di lembaga pendidikan masing-masing.

    2. Karena sebagai mahasiswa MPI tentunya kelaknya akan mengembangkan/mengelola dunia pendidikan sehingga dengan adanya Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar ini akan membukakan Mata atau pemikiran buat kedepannya, apa yang harus dikembangkan dan apa yang harus diperbaiki dalam berbagai Pusat Sumber Belajar demi tercapainya tujuan pendidikan seperti menciptakan tempat/lembaga yang didalmnya terdapat sumber-sumber belajar yang baik dan efektif, seperti Sekolah, Perguruan Tinggi, Perpustakaan, Museum, Labolatorium, terutama dalam menciptakan tenaga pengajar yang handal dalam mendidik yang bukan hanya sekedar berilmu akan tetapi berilmu dan berakhlak dan dapat mendidik anak didik dengan baik.

  5. NAMA : DEVRANSYAH SAMOSIR
    NIM : 14290024
    P STUDI : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MK :PSB (PUSAT SUMBER BELAJAR)

    JAWABAN:

    1. Karena pusat sumber belajar adalah tempat atau lembaga dimana berbagai sumber belajar diorganisasikan ke dalam sistem pembelajaran guna memenuhi kebutuhan belajar siswa dan kebutuhan mengajar guru. Dengan demikian Pusat Sumber Belajar akan menjadi sistem pendukung dalam pencapaian tujuan atau kompetensi pembelajaran. Adanya kata diorganisasikan, ini memberi penegasan bahwa Pusat Sumber Belajar berbeda dengan Sumber Belajar, oleh karena itu, tempat kumpulan sumber belajar belum dapat disebut Pusat Sumber belajar.
    pusat sumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    a. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
    Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
    Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
    b. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
    Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
    Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
    Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
    jadi dasar pusat sumber belajar sangat penting untuk pengembanggan psb.

    2. Manajemen pendidikan islam sangat perlu mempelajari pengembangan pusat sumber belajar karna PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium, dan sebagai manajemen yg bermutu kita harus mengetahui dasar pusat atau sumberbelajar tersebut. kita mempelajari MK PSB supaya kita bisa mengembangkan sekolah atau mutu pendidikan yang tinggi yang efektif dan efesien.

  6. Nama : DWI RENI ASTARI
    Nim : 14290030
    Kelas : MPI-A (2014)
    Mata Kuliah: PPSB

    Jawaban

    1. karena, dasar penggunaan PSB itu memiliki fungsin utama yakni fungsi pengembangan sistem intruksional. yang dimaksud dengan sistem intruksional yaitu pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. jadi, pengembangan intruksional implementasidari perancangan dan perencanaan intuksional.
    Di samping itu penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan (PSB) karena sumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    a) Memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar
    b) Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat
    c) Mengembangkan kreativitas dan produktivitas tenaga pendidik dan pedidikan
    d) Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran baik seacra individu maupun kelompok
    e) Menyediakan erbagai macam pilihan komunikasi untuk menunjang kegiatan kelas tradisional
    f) Mendorong cara-cara belajr baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran

    2. Karena, sebagai mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam perlu mempelajari mata kuliah Pusat Sumber Belajar ialah Peningkatan kualiatas pembelajaran di maksudkan agar tercapai keunggulan dalam proses pembelajaran. Suatu pembelajaran yang unggul adalah peljaran yang mengutamakan hasil dan memberikan peluang yang tinggi bagi guru dan peserta didik untuk aktif dan inovatif dan pemanfaatan sumber belajar yang banyak dan bagus.
    Akhirnya, media dan bahan belajar sebagai bagian dari sumber belajar, media harus di pilih (diseleksi) dan di kembangkan secara maksimal untuk membantu peserta didik untuk mencapai tujuan belajarnya. Alangkah minimnya pengalaman belajar peserta didik, bila mereka hanya memeperoleh informasi dari sumber belajar yang terbatas .guru memang salah satu sumber belajar bagi peserta didiknya. Tetapi bukan satu-satunya. Masih banyak sumber belajar yang lain dapat dimanfaatkan untuk membuat peerta didik belajar. Peran penting guru adalah mengupayakan agar setiap pesrta didiik dapat berinteraksi dengan sebanyak mungkin dengan sumber belajar. Oleh karena itu, pemanfaatan sebagai sumber belajar semaksimal dan sebervariasi mungkin (utilizing learning resources) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam proses pendidikan.

  7. NAMA : ARI FUADI
    NIM : 14290015
    PROGRAM STUDY : MPI-A (2014)

    JAWAB

    1.karena dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar itu memiliki fungsi utama yakni fungsi pengembangan sistem intruksional. Sistem instruksional adalah pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. instruksional adalah proses penerapan sistem atau rencana instruksional. Pengembangan instruksional adalah implementasi dari perancangan/perencanaan instruksional. Dasar pembelajaran PSB itu ialah tentang pendidikan yang mencakup sekolah dan bersumber kepada buku pengetahuan, internet, maupun media sosial lainnya. Serta menyajikan informasi dan bahan secara lebih kongkrit.

    2. Karena menurut saya kita sebagai mahasiswa sangat perlu mempelajari pusat sumber belajar, oleh karena itu pusat sumber belajar berkaitan dengan program study saya ( Manajemen pendidikan islam). Sebab pusat sumber belajar adalah dunia pendidikan yang di dalamnya terdapat sumber belajar yang dimana nanti akan diterapkan dalam pusat sumber belajar(sekolah). Jadi pusat sumber belajar ini penting dalam dunia pendidikan bagi manajemen pendidikan supaya kita bisa mengatur bagaimana proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

  8. Nama = Alriadi Try Hermawan
    Nim = 14290009
    Program Studi = Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
    Mata Kuliah = Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PPSB)

    1.

  9. nama : alfan absor mukmin
    nim: 14290008
    program study : MPI-A (2014)

    1. karena dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar itu memiliki fungsi utama yaitu fungsi pengembangan sistem intruksional. dan Sistem instruksional adalah pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. dan sebagai sistem yang sistematis untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pengembangan, sehingga akan mempermudah proses belajar dan meningkatkan produktifitas pembelajaran dan memungkinkan belajar dengan cepat tepat dan benar sehingga para pembelajar akan lebih cepat mencapai hasil belajar yang maksimal dan bermutu.
    2. karena kita sebagai mahasiswa menejemen pendidikan yang nantinya akan memenej dan mengembangkan sistem belajar menjadi lebih efektif dan efisien dan mempermudah jalanya kegitan belajar mengajar dan oleh karena itu kita mahasiswa mpi perlu mempelajari psb yang di dalamnya terdapat pusat pusat sumber belajar sebagai penunjang kegiatan belajar, yang nantinya akan di kembangkan oleh para ahli dan para calon pendidik seperti kita sehingga akan terciptanya pusat sumber belajar yang efektif dan efisien untuk program pembelajaran di negara kita.
    prikso jawaban aku
    Percakapan Obrolan Berakhir

  10. nama:fadlissalam
    nim:14290036
    program studi:MPI

    JAWAB
    1. karena dasar penggunaan psb itu adalahsumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    a. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
    -. Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
    -. Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
    b. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
    -. Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
    -. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    karena dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar itu memiliki fungsi utama yakni fungsi pengembangan sistem intruksional. Sistem instruksional adalah pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. Desain instruksional adalah proses sistematis untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pengembangan. instruksional adalah proses penerapan sistem atau rencana instruksional.
    2. karena pusat sumber belajar itu sangat penting dan sangat sesuai dengan jurusan kita yaitu managemen pendidikan islam sebagai tenaga pendidik yang bermutu kita harus mengetahui dasar pusat atau sumber belajar tersebut. kita mempelajari PSB supaya kita bisa mengembangkan sekolah atau mutu pendidikan yang tinggi dan sehingga pendidikan yang lebih berkembang dan lebih baik

  11. NAMA : DESI MALASARI
    NIM : 14290023
    MATA KULIAH : PUSAT SUMBER BELAJAR(PSB)
    PROGRAM STUDY MANAGEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    JAWAB :
    1. setiap pengembangan pasti berhubungan erat dengan dasar-dasar dari pengunaannya agar tujuan yang diharapkan bertujuan dan terarah dan tidak melenceng dari yang diharapkan, dasar pengunaan psb ada 3 macam yaitu dasar filosofis, sosiologis dan psikologis. dasar ini sanggat penting dalam pengembangan pusat sumber belajar kaitanya adalah Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam keseluruhan aspek kehidupan manusia, dasar2 inilah yang berperan dalam pengembangan pusat sumber belajar dasar Filsafat mengandung nilai-nilai atau cita-cita masyarakat. Filsafat menggambarkan manusia yang ideal yang diharapkan oleh masyarakat. Dengan kata lain, filsafat merupakan pandangan hidup masyarakat. Filsafat menjadi landasan untuk merancang tujuan pendidikan, prinsip-prinsip belajar serta perangkat pengalaman belajar yang bersifat mendidik. filsafat juga dapat memberikan konstribusi dalam memberikan kajian sistematis berkenaan pengembangan psb dan dapat dijadikan acuan dalam menentukan arah dalam dunia pendidikan. yang berikutnya dasar sosiologis arti sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam berhubungan dengan kelompok dan susunan dalam unit2 dalam sosial dmasyarakat. pentingnya dasar sosiologis ini dalam pengembangan psb adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari sosiologi pemikiran bahawa pserta didik berasal dari masyarakat dan akan kembali kemasyarakat juga sehingga dalam pengembangan pusat sumber belajar harus memperhatikan dasar faktor sosiologis peserta didik agar dapat kembali dan berguna bagi masyarakat. yang terakhir adalah dasar psikologis dapat diartikan ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia, dalam pengembangan
    pusat sumber belajar tentu saja sanggat diperlukan dasar psikologis agar dapat memahami kpribadian dari para peserta didik yang berkaitan dengan perkembangan psikologis peserta didik, pengalaman yang perlu diperoleh, kemampuan yang harus dipelajari, cara atau teknik belajar, lingkungan yang perlu menciptakan kondisi yang kondusif, sarana dan fasilitas yang mendukung. hal yang inilah yang harus dipahami oleh seorang penegembang pusat sumber belajar agar tercapainya tujuan pendidikan yang sesuiai dengan harapan.

    2. karena mahasiswa jurusan managemen pendidikan islam (MPI) sebagai lulusan yang nantinya menyelengarakan, mengembangkan dan mengatur dalam dunia pendidikan, yang difokuskan menjadi para pemimpin sehingga sanggat penting diberikan pengetahuan menegenai dudnia pendidikan. dan menurut saya mata kuliah psb ini merupakan mata kuliah yang sanggat memberikan pengetahuan dalam masalah2 pendidikan dan mencakup semua aspek bahasan dalam pendidikan dari sumber2 belajar dan pusat sumber belajar yg mrupakan tempat seluruh kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pendidikan di indonesia, dengan mata kuliah ini kami sebagai mahasiswa lulusan jurusan managemen pendidikan islam yang dihapakan menjadi lulusan yang dapat mengembangkan dan mengelola pendidikan dan dapat mengimplikasikan pengetahuan yang kami peroleh dari mata kuliah ini kedalam kehidupan sehari-hari dan yang terpenting dalam kerja yang kami jalani.

  12. NAMA :AGUNG PURNAMA
    NIM :14290006

    JAWAB

    1.karena dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar itu memiliki fungsi utama yakni fungsi pengembangan sistem intruksional. Sistem instruksional adalah pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. Desain instruksional adalah proses sistematis untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pengembangan. instruksional adalah proses penerapan sistem atau rencana instruksional. Pengembangan instruksional adalah implementasi dari perancangan/perencanaan instruksional

    2.Karena menurut saya kami sebagai mahasiswa tidak pernah diberikan batasaan dalam belajar apalagi sesuatu hal yang berkaitan dengan pendidikan karena pendidikan merupakan investasi yang paling utama bagi kemajuan setiap bangsa dan selain itu jurusan manajemen pendidikan islam juga mempunyai tujuan tetang bagai mana mengembangkan, memenej, mengelola tata cara dalam proses belaja mengajar yan efektif efesien dan kreatif untuk setiap guru dan pesrtadidik jadi dengaan kami mepelajari pengembangan pusat sumber belajar agar dapat menerapkannya dimasyaarakat khususnya pada bidang pendidikan indonesia.

  13. Nama : ADI MASHURI
    NIM : 14290004
    PROGRAM STUDY : MPI A
    JAWAB
    1. karena pada dasar pusat sumber belajar masuk dalam pendidikan atau sarana perasarana pendidikan sebagian dari tatanan kedupan yang di cita-citakan yang mana pada dasarnya pendidikan mencari kebenaran dan hakikat dari kebenaran itu. dimana pendidikan tersebut sangatlah penting bagi kita khususnya pelajar Indonesia karena sebagaimananya dasar dan perkembangan itulah awal dari kita mempelajari PSB tersebut karena sebelum mempelajari bidang-bidang selanjutnya kita harus lebih dahulu memahami dan mempelajari dasar-dasar nya.

    .dan juga dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar itu memiliki fungsi utama yakni fungsi pengembangan sistem intruksional. Sistem instruksional adalah pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. Desain instruksional adalah proses sistematis untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pengembangan. instruksional adalah proses penerapan sistem atau rencana instruksional. Pengembangan instruksional adalah implementasi dari perancangan/perencanaan
    Percakapan Obrolan Berakhir

    2. karena dengan adanya pusat sumber belajar kami bisa mengetahui hal hal apa saja yang penting dalam pendidikan sehingga pendidikan yang lebih berkembang dan lebih baik dari sebelum sebelunya dan juga kita bisa tau pusat sumber belajar itu sangat penting dalam mengembangkan pendidikan terutama pendidikan yang ada di indonesia,dan juga kami mahasiswa terkhusunya jurusan mpi bisa memenej pendidikan lebih baik.

  14. Nama : Ayu Satria
    Nim : 14290016
    kelas : MPI A/2014
    mata kuliah : PPSB

    1. karena dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar itu memiliki fungsi utama yakni fungsi pengembangan sistem intruksional. Sistem instruksional adalah pengaturan seluruh sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan belajar. Desain instruksional adalah proses sistematis untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pengembangan. instruksional adalah proses penerapan sistem atau rencana instruksional. Pengembangan instruksional adalah implementasi dari perancangan/perencanaan instruksional. Dimana sistem instruksional dapat membantu meningkatkan produktivitas dari pembelajaran serta membantu proses pengembangan dari perencanaan pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan dan sistematis. Karena di dalam sistem instruksional memiliki fungsi sebagai fungsi produksi, fungsi administrasi, fungsi pengembangan sistem instruksional, fungsi pelatihan dan fungsi pelayanan media pembelajaran.
    hal inilah yang membuat dasar penggunaan pusat sumber belajar memiliki peranan penting dalam pengembangan pusat sumber belajar.

    2. karena mahasiswa manajemen pendidikan islam harus mengetahui tentang pusat sumber belajar dan sumber belajar yang nantinya dua hal inilah yang akan di jumpai di bidang pekerjaan yang memiliki hubungan dengan dunia pendidikan. mata kuliah PPSB berfungsi untuk membantu mahasiswa menejemen pendidikan yang nantinya akan memenej dan mengembangkan sistem belajar menjadi lebih sistematis, efektif dan efisien. Dengan kata lain mahasiswa manajemen pendidikan adalah calon-calon tenaga pendidik yang akan membantu pengembangan dari proses pembelajaran yang efektif dan efisien untuk dunia pendidikan di negara ini.

    • nama : FANI AFRIANI
      nim : 14290037
      kelas : MPI.A
      MK : PSB & SB

      1. karena salah satu dasar penggunaan PSB tersebut adanya pengembangan sistem intruksional yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran dan membantu para pendidik dalam pengalaman belajar yang paling efektif dan efisien. selain itu dapat memilih macam lingkungan belajar mana yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang kiranya sangat relevan maka diperlukannya PSB.

      2. perlunya manajeman pendidikan islam dalam pempelajari PSB karena dalam manajemen di ajarkan untuk mencapai suatu tujuan dengan cara bekerja sama dengan orang lain sehingga sangat dibutuhkan untuk PSB dalam penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan yang efektif dan efisien.

  15. Nama : Ahmad Yaziz Maihari
    Nim : 14290007
    kelas : MPI A/2014
    mata kuliah : PPSB

    1. Dasar penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan (PSB) karena sumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    A. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
    -Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
    -Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
    B. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
    -Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
    -Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    C. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
    -Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
    -Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
    D. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
    -Meningkatkan kemampuan sumber belajar.
    -Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
    E. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
    -Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit.
    -Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
    Dengan demikian dasar penggunaan itu penting dalam pengembangan karena akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam belajar yang lebih positif

    2. karena mahasiswa manajemen pendidikan islam harus mengetahui apa itu pusat sumber belajar dan sumber belajar ,yang nanti dua hal ini akan muncul di dalam pekerjaan yang memiliki hubungan dengan dunia pendidikan seperti di sekolah, di kantor dan dimana saja. mata kuliah PPSB ini berfungsi untuk membantu agar mahasiswa menejemen pendidikan yang nantinya akan mengembangkan sistem belajar menjadi lebih baik lagi yang efektif dan efisien.

  16. nama: dini octaria
    kelas: mpi a/ 2014
    nim: 14290027
    mk: psb
    jawaban
    1. karena Dasar penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan (PSB) karena sumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
    -Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
    -Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
    2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
    1) Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
    2) Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
    a) Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
    b) Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
    4. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
    1) Meningkatkan kemampuan sumber belajar.
    2) Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
    5. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
    a) Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit.
    b) Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
    Dengan demikian dasar penggunaan itu penting dalam pengembangan karena akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam belajar yang positif.

    2. menurut saya belajar psb itu sangat penting dalam menunjang proses belajar saya sebagai mahasiswa MPI, kita harus mengetahui dasar pusat atau sumber belajar tersebut. kita mempelajari MK PSB supaya kita bisa mengembangkan sekolah atau mutu pendidikan yang tinggi yang efektif dan efesien sesuai dengan kegiatan dan proses pembelajaran melalui pengembangan system instruksional.hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menyokong kegiatan kelas tradisional dan untuk mendorong penggunaan cara- cara belajar yang baru( non tradisional) yang paling sesuai untuk mencapai tujuan semua program pendidikan dan kewajiban-kewajiban institusional yang di rencanakan lainnya

  17. Nama : Eka Susanti
    NIM : 14290031
    Kelas : MPI-A
    Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
    Mata Kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    1. Sangat penting, karena melalui dasar penggunaan PSB tersebut maka kita dapat mengembangkan dan mencapai tujuan pembelajaran, sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam belajar.
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat 3 dasar dalam penggunaan PSB yaitu :
    a. Dasar Filosfis, menurut pemahaman saya berdasarkan dasar filosofis yang mana dasar filosofis berarti dasar dalam pandangan hidup yang merangkum dari sistem pendidikan, sehingga dari hal tersebut dapat difahami bahwa dasar filosofis penggunaan PSB adalah dengan mengembangkan PSB sesuai dengan tujua pembelajaran atau pendidikan.
    b. Dasar Psikologis, menurut pemahaman saya berdasarkan dasar psikologis yang mana berarti dalam penggunaan PSB harus sesuai dengan psikologi atau faktor-faktor kejiwaan yang dimaksud yaitu sesuai dengan tingkat umur atau kebutuhan. Yang berarti dalam penggunaan dan pengembangan PSB harus sesuai dengan karakteristik dan memberikan kemudahan peserta didik. Contohnya anak TK harus disesuaikan PSB yang digunakan dengan penuh permainan, berbeda dengan anak SMP atau SMA yang harus lebih dalam kelengkapan fasilitas pembelajaran seperti laboratorium dsb.
    c. Dasar Sosiologis, menurut pemahaman saya berdasarkan dasar sosiologis yang mana berarti dalam penggunaan PSB maka harus sesuai dengan nilai-nilai sosial atau berdasarkan keadaan masyarakat dan kebudayaan masyarakat. Yang berarti dalam pengembangan PSB juga harus memperhatikan kebudayaan dan perkembangan dalam masyarakat, sehingga peserta didik dapat menyesuaikan dalam penggunaan PSB.
    2. Sebagai mahasiswa MPI kami perlu mempelajari Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar karena pada dasarnya jurusan kami manajemen pendidikan yang berarti mengelola pendidikan termasuk pusat sumber belajar ataupun komponen-komponen dalam pendidikan, sehingga dengan melalui mata kuliah PPSB maka dapat mengetahui bagaimana mengembangkan PSB , prinsip dasar pengembangan dan bagaimana dasar penggunaan PSB sehingga dalam aplikasinya ketika kami telah menyelesaikan kuliah kami dan berada dalam dunia kerja khususnya sekolah dapat mengembangkan sekolah tersebut sesuai dengan arah tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

  18. Nama :fitri widia sari
    Nim :14290039
    Kelas :Mpi/a

    1.karena dasar pendayagunaan pusat sumber belajar adalah pusat sumber belajar meliputi bentuk bagunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan dan memanfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya baik secara individual maupun kelompok. Dasar pendayagunaan psb terdapat tiga dasar yaitu:
    a.dasar filosofis dijadikan pendayagunaan perubahan karena pada dasarnya pusat sumber belajar masuk dalam pendidikan atau sarana prasarana pendidikan sebagai sebagian dari tatanan kehidupan yang dicita-citakan yang mana pada dasarnya pendidikan mencari kebenaran dan hakikat dari kebenaran itu dan filsafat menjadi induk segala ilmu pengetahuan yang berkembang sejak zaman yunani kuno sampai zaman moderen sekarang pendidikan sangat erat kaitannya dengan kajian filsafat karena dalam pelaksanaannya memerlukan proses pemikiran konsekuen.
    b.dasar psikologi dijadikan sebagai pendayagunaan pusat sumber belajar agar dasar psikologis diharapkan pendidik dapat membantu peserta didik dalam mencapai perkembangan yang optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.dan juga psikologi ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala jiwa dalam hal ini kaitannya untuk pendidikan berarti dalam proses pendidikan harus memperhitungkan faktor-faktor kejiwaan peserta didik. Jadi para pendidik sebagai individu membutuhkan pengetahuan tentang psikologi dalam berinteraksi dengan peserta didik
    c.dasar sosiologi dijadikan sebagai pendayagunaan pusat sumber belajar karena asas sosiologi berdasarkan keadaan masyarakat perkembangan dan perubahannya kebudayaan manusia, hasil kerja manusia berupa pengetahuan dan lain-laiin dan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok dan sruktur sosialnya. Jadi sosiologi mempelajari bagaimana manusia itu berhubungan satu dengan yang lain dalam kelompoknya dan bagaimana susunan unit-unit masyarakat atau sosial di suatu wilayah serta kaitannya dengan yang lain.
    2.karena sebagai mahasiswa mpi masih banyak butuh perkembangan dan ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang pusat sumber belajar dan apa yang harus dikembangkan dan apa yang harus diperbaiki dalam berbagai Pusat Sumber Belajar demi tercapainya tujuan pendidikan seperti menciptakan tempat lembaga yang didalamnya terdapat sumber-sumber belajar yang baik dan selain itu juga pusat sumber belajar merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran sebagai mana jenis sumber belajar dan juga kami sebagai mahasiswa mpi bisa lebih luas mempelajari pusat sumber belajar seperti perpustakaan,labolatorium,museum,sekolah,masjid dan lain sebagainya dan bisa saling menjaga ahlak dalam menjadi peserta didik dari masing-masing orang.

  19. Nama : Eka Susanti
    NIM : 14290031
    Kelas : MPI-A
    Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
    Mata Kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    1. Sangat penting, karena melalui dasar penggunaan PSB tersebut maka kita dapat mengembangkan dan mencapai tujuan pembelajaran, sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam belajar.
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat 3 dasar dalam penggunaan PSB yaitu :
    a. Dasar Filosfis, menurut pemahaman saya berdasarkan dasar filosofis yang mana dasar filosofis berarti dasar dalam pandangan hidup yang merangkum dari sistem pendidikan, sehingga dari hal tersebut dapat difahami bahwa dasar filosofis penggunaan PSB adalah dengan mengembangkan PSB sesuai dengan tujua pembelajaran atau pendidikan.
    b. Dasar Psikologis, menurut pemahaman saya berdasarkan dasar psikologis yang mana berarti dalam penggunaan PSB harus sesuai dengan psikologi atau faktor-faktor kejiwaan yang dimaksud yaitu sesuai dengan tingkat umur atau kebutuhan. Yang berarti dalam penggunaan dan pengembangan PSB harus sesuai dengan karakteristik dan memberikan kemudahan peserta didik. Contohnya anak TK harus disesuaikan PSB yang digunakan dengan penuh permainan, berbeda dengan anak SMP atau SMA yang harus lebih dalam kelengkapan fasilitas pembelajaran seperti laboratorium dsb.
    c. Dasar Sosiologis, menurut pemahaman saya berdasarkan dasar sosiologis yang mana berarti dalam penggunaan PSB maka harus sesuai dengan nilai-nilai sosial atau berdasarkan keadaan masyarakat dan kebudayaan masyarakat. Yang berarti dalam pengembangan PSB juga harus memperhatikan kebudayaan dan perkembangan dalam masyarakat, sehingga peserta didik dapat menyesuaikan dalam penggunaan PSB.
    2. Sebagai mahasiswa MPI kami perlu mempelajari Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar karena pada dasarnya jurusan kami manajemen pendidikan yang berarti mengelola pendidikan termasuk pusat sumber belajar ataupun komponen-komponen dalam pendidikan, sehingga dengan melalui mata kuliah PPSB maka dapat mengetahui bagaimana mengembangkan PSB , prinsip dasar pengembangan dan bagaimana dasar penggunaan PSB sehingga dalam aplikasinya ketika kami telah menyelesaikan kuliah kami dan berada dalam dunia kerja khususnya sekolah dapat mengembangkan sekolah tersebut sesuai dengan arah tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

  20. Nama : DELIS AHLIA
    NIM : 14290022
    Kelas : MPI-A/201
    Mata kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PPSB)

    1. Dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) itu penting dalam Pengembangan PSB, karena dasar penggunaan PSB dapat dijadikan acuan atau rujunkan dalam memanfaatkan, merawat, dan mejaga PSB agar tetap dalam keadaan baik dan bisa digunakan dengan nyama. seperti yang telah kita pelajari, dasar pengunaan PSB ada 3, diantaranya:
    a. dasar filosofis, yang berkaitan dengan pola pikir dan keilmuan. sehingga dasar filosofis dijadikan acuan dalam penggunaan dan mengonsep PSB yang berkaitan dengan ilmu yang akan disajikan. ilmu disini mungkin lebih cendrung kepada ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan media cetak atau buku buku yang harus tersedia di PSB.
    b. dasar psikolgi, yaitu dasar yang berkaitan dengan jiwa dan mempelajari tentang jiwa manusia. dalam psikolgi juga belajar tentang cara bersikap kepada setiap orang dengan disesuaikan dari sifat orang tersebut. dasar psikologi dalam pengunaan PSB mungkin terletak pada proses pelayanan yang terjadi dalam PSB, dan dasar psikologi juga memerhatikan letak dan desain sebuah ruangan agar bisa menimbulkan rasa nyaman dalm belajar.
    c. dasar sosiologi, merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok dan struktur sosialnya. jadi dasar penggunaan sosiologi bias menjadi acuan untuk kita bersikap dan menjaga hubungan dengan orang lain, dan juga menjadi acuan dalam mengemangkan PSB sesuai kelompok perkembangan zaman.

    2. Sebagai mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) perlu mempelajari Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB), karena lulusan MPI dipersiapkan menjadi tenaga kependidikan. jadi, lulusan MPI bukan orang yang terjun langsung dalam proses belajar mengajar. tapi, mahasiswa lulusan MPI bekerja dikantor sebagai tenaga administrasi, pengawas, dan juga pengongsep. sehingga mata kuliah PPSB perlu dipelajari untuk memberikan bekal bagi mahasiswa MPI. seperti kalimat yang tercantum dalam MISI PRODI MPI, “… menyiapkan tenaga administrasi sekolah dan perkantoran yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional….” jadi lulusan MPI diharapkan dapat mengambangkan PSB sebagai wadah atau tempat belajar sesuai tuntutan masyarkat dimanapun berada.

  21. Nama : Dewi
    Nim : 14290025
    Kelas : MPI.A.
    MK : PPSB

    1. Karena Pusat Sumber Belajar adalah bentuk bangunan yang sederhana sampai bangunan rumit dan lengkap, dirancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan,merawat,mengembangkan dan memanfaatkan koleksi sumber belajar dalam bentuk baik secara individual maupun kelompok. Contohnya : Universitas,sekolah,perpustakan,musium,laboratorium,gallery,masjid dan lain sebagainya. Pusat Sumber Belajar dirancang memberikan kemudahan kepada perserta didik baik secara individul maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan Sumber Belajar tersedia sehingga proses belajar terjadi dan berkembang.

    2. Karena menurut saya Diharapakan mampu memahami Pusat Sumber Belajar dan mampu menerapkannya dalam suatu lembaga sumber belajar untuk kepentingan pendidikan dan non pendidikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai profesi tenaga kependidikan.

  22. 1. Dalam pengembangan PSB (Pusat Sumber Belajar) sangat diperlukan dasar-dasar penggunaan PSB yang meliputi 3 (tiga) dasar yaitu filosofis, psikologis, dan sosiologis. Ketiga dasar inilah yang memiliki peranan penting dalam pengembangan PSB, yaitu:
    a. Dasar filosofis/filsafat yang memberikan dasar pengetahuan dan pandangan yang sintesis, sehingga seluruh pengetahuan merupakan satu kesatuan. Bagi seorang pendidik, filsafat mempunyai kepentingan istimewa, karena filsafat yang memberikan dasar-dasar dari ilmu pengetahuan lainnya yang mengenai manusia seperti ilmu mendidik.
    b. Dasar psikologis, fungsi mempelajari dasar psikologis dalam PSB adalah agar dapat memberikan perilaku yang lebih bijaksana dan merupakan alat bantu yang penting bagi penyelenggara pendidikan untuk mencapai pendidikan.
    c. Dasar sosiologis yang berperan dalam menganalisis partisipasi orang-orang terdidik/berpendidikan dalam kegiatan sosial, karena peranan/aktifitas warga yang berpendidikan sering menjadi ukuran tentang maju dan berkembangnya kehidupan masyarakat. Sosiologis juga bertujuan memberikan latihan yang efektif kepada guru-guru (termasuk para peneliti dan siapa saja yang terkait dalam bidang pendidikan) dalam bidang sosiologis sehingga dapat memberikan sumbangannya secara cepat dan tepat kepada masalah pendidikan.
    2. Seperti yang kita ketahui bahwasannya salah satu tujuan PSB adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran. Jadi menurut saya, mahasiswa MPI perlu mempelajari PPSB itu agar mempunyai ide-ide baru untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi pada proses belajar mengajar di sekolah. Karena mahasiswa MPI itu dididik agar nantinya dapat mengatur sistem pendidikan, jadi dengan adanya mata kuliah PPSP ini mahasiswa MPI sudah lebih banyak tahu tentang pendidikan, tentang macam-macam pusat sumber belajar apa saja, mahasiswa MPI juga sudah banyak menyimpan ide-ide baru untuk meningkatkan produktivitas pendidikan, dan mahasiswa juga tahu alat-alat atau sarana prasarana apa saja nantinya yang akan dibutuhkan dalam dunia pendidikan agar siswa-siswa menjadi lebih maju. Jadi mahasiswa tersebut sudah siap mengatur untuk merubah pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dan pendidik juga akan diubah untuk diajarkan menjadi pendidik yang berkualitas dan kreatif dalam mengajar, sehingga para siswa lebih semangat dalam belajar nantinya dan juga menjadi siswa yang berkualitas agar dapat diterima dimanapun ia ingin bekerja.

  23. Nama: Anggie Lucky Sasmita
    NIM: 14290013
    Program Studi: MPI A/2014
    Mata Kuliah: PPSB

    1. Dalam pengembangan PSB (Pusat Sumber Belajar) sangat diperlukan dasar-dasar penggunaan PSB yang meliputi 3 (tiga) dasar yaitu filosofis, psikologis, dan sosiologis. Ketiga dasar inilah yang memiliki peranan penting dalam pengembangan PSB, yaitu:
    a. Dasar filosofis/filsafat yang memberikan dasar pengetahuan dan pandangan yang sintesis, sehingga seluruh pengetahuan merupakan satu kesatuan. Bagi seorang pendidik, filsafat mempunyai kepentingan istimewa, karena filsafat yang memberikan dasar-dasar dari ilmu pengetahuan lainnya yang mengenai manusia seperti ilmu mendidik.
    b. Dasar psikologis, fungsi mempelajari dasar psikologis dalam PSB adalah agar dapat memberikan perilaku yang lebih bijaksana dan merupakan alat bantu yang penting bagi penyelenggara pendidikan untuk mencapai pendidikan.
    c. Dasar sosiologis yang berperan dalam menganalisis partisipasi orang-orang terdidik/berpendidikan dalam kegiatan sosial, karena peranan/aktifitas warga yang berpendidikan sering menjadi ukuran tentang maju dan berkembangnya kehidupan masyarakat. Sosiologis juga bertujuan memberikan latihan yang efektif kepada guru-guru (termasuk para peneliti dan siapa saja yang terkait dalam bidang pendidikan) dalam bidang sosiologis sehingga dapat memberikan sumbangannya secara cepat dan tepat kepada masalah pendidikan.

    2. Seperti yang kita ketahui bahwasannya salah satu tujuan PSB adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran. Jadi menurut saya, mahasiswa MPI perlu mempelajari PPSB itu agar mempunyai ide-ide baru untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi pada proses belajar mengajar di sekolah. Karena mahasiswa MPI itu dididik agar nantinya dapat mengatur sistem pendidikan, jadi dengan adanya mata kuliah PPSP ini mahasiswa MPI sudah lebih banyak tahu tentang pendidikan, tentang macam-macam pusat sumber belajar apa saja, mahasiswa MPI juga sudah banyak menyimpan ide-ide baru untuk meningkatkan produktivitas pendidikan, dan mahasiswa juga tahu alat-alat atau sarana prasarana apa saja nantinya yang akan dibutuhkan dalam dunia pendidikan agar siswa-siswa menjadi lebih maju. Jadi mahasiswa tersebut sudah siap mengatur untuk merubah pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dan pendidik juga akan diubah untuk diajarkan menjadi pendidik yang berkualitas dan kreatif dalam mengajar, sehingga para siswa lebih semangat dalam belajar nantinya dan juga menjadi siswa yang berkualitas agar dapat diterima dimanapun ia ingin bekerja.

  24. Nama : Bukhori
    Nim : 14290021
    Kelas : MPI A / 2014

    JAWAB
    1. Mengapa dasar pengunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan pusat sumber belajar karena dasr pengunaan pusat sumber belajar itu mencakup berbagai hal yang yang sejalan dengan pengembangan pusat sumber belajar,dasar pusat sumber belajar mempunyai peranan penting dalam menyediakan sumber belajar untk siswa dalam berbagai bentuk dan jenisnya,lengkap dan perangkat kerasnya yang sesuai yang diperlukan untuk pengunaan sumber belajar,oleh karena itu pengunaan dasar pusat sumber belajar di gunakan semaksimal dan sebervariasi munkin dan merupakan cara u peningkatan kualitas pembelajaran dalam proses pendidikan.

    2.mengapa mahasiswa manajemen pendidikan islam perlu mempelajari mata kulia pengembangan pusat sumber belajar karena mahasiswa manajemen pendidikan islam adalah sebagai tenaga staf pendidikan yang sejalan dengan pembahasan apa yang ada di mata kulia pusat sumber belajar,jadi matakulia psb ini penting bagi mahasiswa MPI dalam menjalan program pendidikan dimasa yang akan datang.dimata masyarakat pada umumnya mahasiswa mpi adalah sebagai imsan akademis, dipandang memiliki kekuatan intelektual yang lebih sehingga diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan islam di masyarakat

  25. Nama :Aan saputra
    Nim :14290001
    Prodi :MPI-A
    MK : PSB

    1. Agar kebutuhan siswa dapat terpenuhi dan dapat ruangan sebaik mungkin sehingga ruangan senyamannya, dan juga layanananya bisa terpenuhi oleh pengguna PSB sehingga siswa bisa memanfaatkan nya dengan baik dan efektif.

    2. Supaya kita tahu bahwa PSB itu pusat nya berbagai sumber ilmu yang bisa nambah wawasan untuk kita belajar, dan dalam dunia pendidikan dengan adanya MK PSB kita bisa mengetahui apa-apa saja yang kita pelajari dan dapat digunakan untuk kedepanya.
    Itu menurut saya.
    terimakasih…

  26. Nama : Fidiya Lydiarti
    Nim : 14290038
    Progrm Studi : Manajemen Pendidikan Islam
    Mata Kuliah : PPSB

    1.Karena, dasar penggunaan PSB merupakan suatu pondasi atau suatu acuan yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pengembangan PSB yang efektif dan efisien. Sebelum pengembangan PSB dapat berjalan dengan baik , terlebih dahulu kita mengetahui dan memahami tiga dasar dasar yang menjadi landasan pengembangan PSB yaitu, filosofis, sosiologis, dan psikologis. Ketiga dasar ini lah yang menjadi acuan dari pengembangan PSB. Didalam lembaga pendidikan baik pendidikan yang bersifat formal maupun nonformal PSB merupakan suatu wadah dimana didalamnya dapat mencakup berbagai sumber-sumber belajar bagi peserta didik. Didalam lembaga pendidikan sangat di perlukan pengambangan PSB agar tujuan dari perencanaan pengembangan PSB di sekolah, universitas, perpustakaan dll dapat berjalan secara efektif dan efisien yang memberi mamfaat bagi masyarakat atau peserta didik yang berada didalamnya. Dan PSB merupkan sarana dan prasana yang memilki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan yang diharapkan dalam suatu lembaga.

    2. Karena, sebagai seseorang mahasiswa Manejemen Pendidikan Islam yang akan terjun ke dalam dunia pendidikan maka akan perlu mempelajari PSB. Mempelajari PSB merupakan salah bahan acuan atau pondasi bagi seseorang pendidik yang akan bergelut di dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk mengefektifkan proses belajar peserta didiknya sehingga dapat mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Dengan mempelajari mata kuliah PPSB kita dapat mengetahui perbedaan antara pusat sumber belajar dengan sumber belajar serta dapat mengoptimalkan pengembangan PSB yang ada di Indonesia sesuai dengan kebutuhan peserta didik baik didalam lingkungan yang bersifat formal maupun nonformal serta dapat memperbaiki Sarana dan prasarana yang dianggap belum lengkap dalam suatu lembaga pendidikan. Dan dapat mengkelompokkan mana yang dapat dikatakan pusat sumber belajar dan mana yang dikatakan sumber belajar, Salah satu mamfaat yang penting dari mempelajari psb ini saya dapat mengetahui bahwa sumber belajar itu tidak terbatas dan dapat diakses dimana saja sehingga dapat membantu mengoptimalkan pengembangan PSB itu sendiri.

  27. Nama : Fidiya Lydiarti
    Nim :14290038
    Program Studi :MPI.A/2014
    Mata Kuliah : PPSB

    1. Karena, dasar penggunaan PSB merupakan suatu pondasi atau suatu acuan yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pengembangan PSB yang efektif dan efisien. Sebelum pengembangan PSB dapat berjalan dengan baik , terlebih dahulu kita mengetahui dan memahami tiga dasar dasar yang menjadi landasan pengembangan PSB yaitu, filosofis, sosiologis, dan psikologis. Ketiga dasar ini lah yang menjadi acuan dari pengembangan PSB. Didalam lembaga pendidikan baik pendidikan yang bersifat formal maupun nonformal PSB merupakan suatu wadah dimana didalamnya dapat mencakup berbagai sumber-sumber belajar bagi peserta didik. Didalam lembaga pendidikan sangat di perlukan pengambangan PSB agar tujuan dari perencanaan pengembangan PSB di sekolah, universitas, perpustakaan dll dapat berjalan secara efektif dan efisien yang memberi mamfaat bagi masyarakat atau peserta didik yang berada didalamnya. Dan PSB merupkan sarana dan prasana yang memilki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan yang diharapkan dalam suatu lembaga.

    2. Karena, sebagai seseorang mahasiswa Manejemen Pendidikan Islam yang akan terjun ke dalam dunia pendidikan maka akan perlu mempelajari PSB. Mempelajari PSB merupakan salah bahan acuan atau pondasi bagi seseorang pendidik yang akan bergelut di dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk mengefektifkan proses belajar peserta didiknya sehingga dapat mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Dengan mempelajari mata kuliah PPSB kita dapat mengetahui perbedaan antara pusat sumber belajar dengan sumber belajar serta dapat mengoptimalkan pengembangan PSB yang ada di Indonesia sesuai dengan kebutuhan peserta didik baik didalam lingkungan yang bersifat formal maupun nonformal serta dapat memperbaiki Sarana dan prasarana yang dianggap belum lengkap dalam suatu lembaga pendidikan. Dan dapat mengkelompokkan mana yang dapat dikatakan pusat sumber belajar dan mana yang dikatakan sumber belajar, Salah satu mamfaat yang penting dari mempelajari psb ini saya dapat mengetahui bahwa sumber belajar itu tidak terbatas dan dapat diakses dimana saja sehingga dapat membantu mengoptimalkan pengembangan PSB itu sendiri.

  28. Nama: FANI AFRIANI
    Nim: 14290037
    Prodi: MPI A

    1. karena, salah satu pendorong timbulnya PSB adalah adanya pengembangan sistem intruksional akan dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi kegiatan pembelajaran dan membantu para pendidik dalam mengembangkan pengalaman belajar yang efektif dan efisien. serta berfungsi untuk menolong dinas atau bagian dan staf tenaga pendidik secara individual dalam membuat rancangan dan pemilihan yang akan meningkatakan efektivitas proses pembelajaran.

    2. karena dalam manajemen diajarkan untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama dengan orang lain, hal ini ada kaitannya dengan psb yang di harapkan mampu menjalin kerja sama dengan lembaga lain dalam hal menyediakan layanan produksi bahan belajar dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan dan proses pembelajaran.

  29. Nama: FANIAFRIANI Nim 142goo37
    Prodi MPIA
    1. karena, dalam pengembangan PSB salah satu pendorong timbulnya PSB adalah adanya pengembangan sistem intruksional yang dapat meningkatkan efektivtas dan efesiensi kegiatan pembelajaran dan membantu para pendidik dalam mengembangkan pengalaman belajar yang efektif dan efisien. serta berfungsi untuk menolong dinas atau bagan dan staf tenaga pendidik secara individual dalam membuat rancangan dan pemilihan yang akan meningkatakan efektivtas proses pembelajaran.

    2. karena dalam managemen diajarkan untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama dengan orang lain, dalam hal ini ada kaitannya dengan psb yang diharapkan mampu menjalin kerja sama dengan lembaga lain dalam hal menyediakan layanan produksi bahan belajar dan meningkatkan efektivtas dan efsiensi kegiatan dan proses pembelajaran.

  30. Nama: Badaria
    Nim. :14290019
    Kelas: Mpi. A

    1. Karena pusat sumber belajar itu sangat bermanfaat baik bagi guru ataupu murid itu sendiri untuk menunjang proses belajar mengajar, dalam dasar pusat sumber belajar itu sendiri memiliki fungsi yang sangat penting. Yakni pembangunan sistem intruksional: dimana dalam sistem intruksional ini membantu pendidik untuk mengatur seluruseluru sumber daya dan prosedur yang ada untuk mempromosi kan belajar itu sendiri.sehinga dapat menghasilkan pengembangan pembelajaran yang efektif dan efisien.

    2. Karna sebagai jurusan manajemen pendidikan islam, kami perlu mengerti dan mengenal pusat sumber belajar dan sumber belajar itu sendiri, walawpun kami tidak terjun langsung untuk mendidik , pengetahuan akan ppsb ini sangat penting ketika kami memiliki peran untuk memenej suatu lembaga pendidikan .kami dapat menghasil kan pendidikan yang efektif dan efisen bagi pengajar dan murid itu sendiri.jadi ppsb ini sangat berguna untuk kami yang akan terjun dalam dunia pendidikan

  31. Nama : Ardita Pratiwi
    NIM : 14290014
    Kelas : MPI.A
    Mata Kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    1. Karena dasar penggunaan pusat sumber belajar merupakan dasar/landasan yang menjadi acuan dalam pemanfaatan yang ada di dalam pusat sumber belajar. Dasar ini terdiri dari 3 yaitu dasar filosofis, dasar psikologi dan dasar sosiologi. Ketiga dasar ini sangat penting dalam pengembangan psb. Di dalam dasar filosofis kita mempelajari penerapan dari pemikiran – pemikiran filsafat untuk memecahkan permasalahan yang ada dalam pendidikan. Dasar psikologi, yaitu dasar yang mempelajari situasi para pendidik dalam berinteraksi dengan peserta didik. Interaksi pendidikan terdiri dari tiga yaitu keluarga, sekolah dan lingkungan. Dasar sosiologi, sangat penting dalam pengembangan psb karena didalam dasar ini kita mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok – kelompok dan struktur sosialnya. Oleh karena itu dalam mengembangkan psb sangat membutuhkan dasar penggunaan psb. Agar psb yang ada dapat terarah dan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Disini dasar penggunaan psb adalah tempat/wadah dimana pusat sumber belajar akan dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses belajar.

    2. Karena lulusan dari jurusan manegemen pendidikan ini akan ada yang menjadi tenaga pendidik. Tenaga pendidik pastinya akan bergelut di dalam dunia pendidikan. Sebagai tenaga pendidik sangat membutuhkan pelajaran pengembangan pusat sumber belajar agar dapat mengola dan mengembangkan pusat sumber belajar dengan benar. Selain itu mempelajari PPSB kita sebagai pendidik dapat memperbaiki kekurangan yang ada dalam dunia pendidikan di negara ini agar dapat berjalan secara efektif dan mampu mengembangkan pendidikan di negara ini menjadi lebih baik.

  32. Nama : Handri susilowati
    Nim : 14290041
    program studi : manajemen pendidikan islam
    mata kuliah : pengembangan pusat sumber belajar

    jawaban
    1. karena dalam pengembangan pusat sumber belajar terdapat sistem instruksional dimana sistem ini membantu para pendidik dalam mengembangkan pengalaman-pengalaman belajar yang paling efektif dan efesien bagi peserta didik, dalam prose ini dapat diidentififkasikan berbagai variasi pilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang di capai. serta bertujuan meningkatkan efektifitas dan efesiensi kegiatan dan proses pembelajaran.
    2. karena saya sebagai mahasiswa jurusan manajemen pendidikan islam harus mengetahui dan belajar pengembangan pusat sumber belajar, karena sangat berhubungan dengan manajemen sama-sama mengelola, dengan kita belajar ppsb kita dapat mengetahui bagaimana cara mengelola dan mengembangkan ppsb sesui dengan keadaan peserta didik serta untuk menunjang proses belajar, agar dapat mencapai hasil yang efektif.

    • Nama: gusti
      Nim: 14290040
      Jurusan: mpi A
      MK: pusat sumber belajar

      1. Karena untuk mengatasi kekurangan dan keterbatasan persediaan media yang ada. Di samping itu, media yang dikembangkan sendiri oleh guru/pendidik dapat menghindari ketidak tepatan karena di rancang sesuai kebutuhan,potensi sumber daya dan kondisi lingkungan masing”. Lebih dari itu juga dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan inovasi para pendidik.

      2. Perlu bagi saya mempelajari psb Karena sebagai mahasiswa mpi yang akan terjun ke dunia pendidikan sebagai pengelola pendidikan diharapkan dapat lebih maksimal dan memberikan inovasi,kontribusi dalam mengelola dan mengembangan berbagai sumber belajar, agar sumber belajar yang ada berdayaguna jika sudah di kelola dan di fungsikan secara maksimal dan terorganisasi dalam bentuk Pusat Sumber Belajar (PSB) di setiap sekolah, di perguruan tinggi, maupun di lembaga pendidikan lainnya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.

    • NAMA : ABSORI
      NIM :14290002
      Program Studi : manajemen pendidikan islam
      Mata Kuluah:Pengembangan pusat sumber belajar

      JAWABAN:
      1.jelas penting karena di dalam pembelajaran itu harus ada dasar pengunaan pusat sumber belajar terlebih dahulu sehinga kita bisa lebih mudah dalam meningkatkan kualitas dalam pembelajaran baik secara berpisa maupun terkombinasisehingga mempermuda siswa dalam mencapai tujuan belajar karena itu dasar pengembangan pusat sumber belajar itu penting sekali dalam proses pembelajaran dan akan menghasilkan dampak positifp sebagai berikut
      1.mempermudah pembelajaran
      2.memberikan pembelajaran semakin berkembang ddan moderen
      3.bisa belajar sendiri tanpa bantuan orang lain (melalui buku)
      4. agar sistem pembelajaranya lebih di siplin
      5`lebih mudah paham
      5. peyajian sarana prasarana secara lbih teratur dan evektif.

      2.sebagai tenaga pendidik kita wajib tau bahwa pusat sumber belajar sagat lah penting bagi seorang manajemen pendidikan islam , karena di dlam dunia pendidikan ap lg kita walaupun tdk menjadi guru kita hrus bisa menguasai mata kuliah pusat sumber belajar karena kita nati setelah lulus mukin akan di tempatkan di pusat sumber belajaranya seperti perpustakan tata usaha nah hal yang demikian itu perlu penguasaan pembelajarn pusat sumber belajar sehinga nanti kita tidak buta dalam mengelolah pekerjaan tersebut .dan dapat digunakan sebagai acuan kita ,yang di persiapkan sebagai tenaga kependidikan yang secara terkombinasi dan terkordinasi degan baik untuk menyampaikan segala hal kita ketahui .

  33. Nama : Dian Putri Lestari
    NIM : 14290026
    Program Study : MPI/A
    Mata Kuliah : PPSB

    1. Dasar perencanaan pusat sumber belajar (PSB) itu penting dalam Pengembangan PSB . karena, dalam mengembangkan sesuatu tentu memerlukan dasar perencanaannya . yang mana dalam PSB ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi yang ada disekolah ataupun sumber belajar lainnya. Oleh karena itu, keberadaan Pusat Sumber Belajar (PSB) di setiap sekolah menjadi suatu keharusan atau bagian integral dalam sistem pencapaian kompetensi belajar. Jadi mau atau tidak, setiap sekolah harus mulai memikirkannya dan berupaya mengembangkannya disekolah masing-masing. yang mana dalam mengembangkan PSB sangat dibutuhkan dasar perencanaannya yaitu mempersiapkan strategi dalam pembelajaran yang berupaya mengaitkan setiap materi yang dipelajari siswa di sekolah dengan kehidupan sehari-hari atau bidang-bidang pekerjaan tertentu dan membuat perencanaan dalam penyediaan sarana belajar serta sumber-sumber belajar yang dibutuhkan demi untuk mendukung pecapaian kompetensi setiap siswa agar dapat merasakan manfaat PSB dalam setiap pembelajaran yang diterimanya, agar dapat dimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, dalam perencanaan pengembangan khususnya mereka yang terlibat dalam pengembangan sistem instruksional (guru, dosen, fasilitator, dan pengelola pembelajaran) diperlukan juga peningkatan kualitas pengajaran seperti pelatihan dan membuat rancangan pembelajaran agar lebih efektif dalam proses belajar mengajar.

    2. sebagai mahasiswi manajemen pendidikan islam sangat penting dalam mempelajari PSB . karena, mahasiswi menajemen pendidikan nantinya akan mengembangkan dan mengatur suatu lembaga pendidikan formal yaitu sekolah . yang nantinya dalam mengatur dan mengembangkan suatu sekolah itu diperlukan pengetahuan tentang pusat sumber belajar ataupun sumber belajar agar dapat terwujud dengan lebih sistematis dan efisien. misalnya dalam menyusun dan mengembangkan program suatu sekolah memerlukan pengetahuan tentang fungsi-fungsi PSB seperti: fungsi pelayanan media pembelajaran, fungsi produksi, fungsi pelatihan, dan fungsi administrasi.

  34. Nama: gusti
    Nim: 14290040
    Jurusan: mpi A
    Uts psb

    1. Karena untuk mengatasi kekurangan dan keterbatasan persediaan media yang ada. Di samping itu, media yang dikembangkan sendiri oleh guru/pendidik dapat menghindari ketidak tepatan karena di rancang sesuai kebutuhan,potensi sumber daya dan kondisi lingkungan masing”. Lebih dari itu juga dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan inovasi para pendidik.

    2. Perlu bagi saya mempelajari psb Karena sebagai mahasiswa mpi yang akan terjun ke dunia pendidikan sebagai pengelola pendidikan diharapkan dapat lebih maksimal dan memberikan inovasi,kontribusi dalam mengelola dan mengembangan berbagai sumber belajar, agar sumber belajar yang ada berdayaguna jika sudah di kelola dan di fungsikan secara maksimal dan terorganisasi dalam bentuk Pusat Sumber Belajar (PSB) di setiap sekolah, di perguruan tinggi, maupun di lembaga pendidikan lainnya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.

  35. Nama : AZHAR HIDAYAT
    NIM : 14290018
    Program Studi : MPI/2014
    Mata Kuliah : Pusat Sumber Belajar

    1. Didalam menjalankan suatu hal dalam sebuah pelaksanaan, sangat diperlukan sebuah patokan, acuan atau dasar sebagai panduan dan prinsip agar apa yang sedang dilaksanakan dapat berjalan sesuai yang diharapkan dan sesuai dengan dasar-dasar yang telah ditetapkan. Begitu juga halnya dengan pengrkembangan pusat sumber belajar, dalam mengembangakan pusat sumber belajar haruslah berpacuan atau berdasarkan kepada dasar-dasar penggunaan psb yang telah ada agar dalam perkembangannya tidak terdapat kerancuan dan kekeliruan yang dapat menyebabkan tidak berjalannya fungsi dan manfaat psb.
    Jadi dasar penggunaan psb adalah sangat penting karena pengadaan dan perkembangan psb tidak akan berjalan dengan optimal jika tidak ada dasar penggunaan psb, dan perkembangan psb sangat bergantung kepada dasar penggunaan psb.

    2. Pada hakikatnya mahasiswa jurusan Mpi hanya berfokus pada bidang administrasi pendidikan disekolah atau sering disebut TU, tetapi bukan berarti mahasiswa jurusan Mpi buta terhadap apa-apa yang ada disekolah terutama hal-hal yang bersangkutan terhadap sumber belajar dan pusat sumber belajar, untuk itu agar mahasiswa Mpi tidak buta terhadap sumber-sumber belajar dan pusat sumber belajar, mahasiswa Mpi disuguhkan MK PSB agar nantinya dapat menjadi bekal ketika terjun ke dunia kerja. dan karena itu mahasiswa jurusan Mpi dituntut mampu memantau, mengawasi, serta mengatasi kekurangan dan keterbatasan persediaan sumber-sumber belajar maupun media yang ada di sekolah tersebut.

  36. NAMA : Absori
    NIM : 14290002
    JURUSAN : MPI A

    1.Jelaskan mengapa dasar pengunaan pusat sumber belajar (PSB) itu penting dalam pengembangan PSB!?
    JAWAB : jelas penting karena pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan ,di dalam semua sarana pemgajaran yang menyajikan secara edukatif baik visual maupun audiovisual misalnya buku buku dan bahan cetak baik berupa data orang dan wujud tertentu yang di gunakan oleh siswa dalam belajar baik secara berpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar ,karena itu dasar pengembangan pusat sumber belajar itu penting sekali dalam proses pembelajaran .

    2. jelaskan mengapa anda sebagai maha siswa MPI perlu mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar ( PSB)
    JAWAB : Karena maha siswa manajemen pendidikan islam itu terlibat di pendidikan maka maha siswa manajemen pendidikan islam sangat penting mempelajar pengembangan pusat sumber belajar,sebab di dalam pengembangan pusat sumber belajar PSB,seorang yang berperansebagai pengelolah di dunia pendidikan itu sangat lah penting untuk mempelajari pengembangan pusat sumber belajar,dan digunakan sebagai acuan kita yang di persiapkan sebagai bantuan di pendidikan yang secara terkombinasi dan terkordinasi dengan baik untuk menyampaikan pegajaran atau materi yang di ajarkan contohnya : mengantikan guru yang tidak biasa hadir karena sakit ,jd kita sebagai tenaga pendidik dapat mengantikan sementara guru tersebut belum biasa hadir dll.

  37. NAMA : ABSORI
    NIM :14290002
    Program Studi : manajemen pendidikan islam
    Mata Kuluah:Pengembangan pusat sumber belajar

    JAWABAN:
    1.jelas penting karena di dalam pembelajaran itu harus ada dasar pengunaan pusat sumber belajar terlebih dahulu sehinga kita bisa lebih mudah dalam meningkatkan kualitas dalam pembelajaran baik secara berpisa maupun terkombinasisehingga mempermuda siswa dalam mencapai tujuan belajar karena itu dasar pengembangan pusat sumber belajar itu penting sekali dalam proses pembelajaran dan akan menghasilkan dampak positifp sebagai berikut
    1.mempermudah pembelajaran
    2.memberikan pembelajaran semakin berkembang ddan moderen
    3.bisa belajar sendiri tanpa bantuan orang lain (melalui buku)
    4. agar sistem pembelajaranya lebih di siplin
    5`lebih mudah paham
    5. peyajian sarana prasarana secara lbih teratur dan evektif.

    2.sebagai tenaga pendidik kita wajib tau bahwa pusat sumber belajar sagat lah penting bagi seorang manajemen pendidikan islam , karena di dlam dunia pendidikan ap lg kita walaupun tdk menjadi guru kita hrus bisa menguasai mata kuliah pusat sumber belajar karena kita nati setelah lulus mukin akan di tempatkan di pusat sumber belajaranya seperti perpustakan tata usaha nah hal yang demikian itu perlu penguasaan pembelajarn pusat sumber belajar sehinga nanti kita tidak buta dalam mengelolah pekerjaan tersebut .dan dapat digunakan sebagai acuan kita ,yang di persiapkan sebagai tenaga kependidikan yang secara terkombinasi dan terkordinasi degan baik untuk menyampaikan segala hal kita ketahui .

  38. NAMA : ELPIRA MARSELIS
    NIM : 14290033
    KELAS : 14-MPI- A
    JURUSAN : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MK : PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)

    UJIAN TENGAH SEMESTER
    1. Jelaskan mengapa dasar pengunaan pusat sumber belajar (PSB) itu penting dalam pengembangan PSB ?…
    Jawab :
    Pusat sumber belajar adalah bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan, merawat, dan mengembangkan memanfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya baik secara individual maupun kelompok.
    Dasar pendayagunaan pusat sumber belajar terbagi menjadi tiga antara lain:
    a. Dasar filosofis.
    Filsafat berasal dari kata “fhilo” yang artinya cinta dan “shopos” artinya ilmu. Filsat menjadi induk segala ilmu pengetahuan yang berkembang sejak zaman yunani kuno sampai zaman modern sekarang. Filsafat hidup dalam hubungannya dengan sistem pendidikan bagiamana pun mempunyai jalinan hubungan timbal-balik, filsafat hidup yang diyakini sebagai suatu yang dianggap benar. Pada tahap awal pada dasarnya merupakan konsep pemikiran yang menjadi dasar dan tujuan.

    b. Dasar psikologi
    Merupakan ilmu jiwa yang diyakini dapat mempelajari tentang manusia. Aspek psikologi dalam proses pendidikan mempelajari situasi pendidikan interaksi pendidikan terjadi dengan tiga lingkungan pendidikan. Keluarga sebagai wadah utama dalam peserta didik melakukan suatu interaksi antara yang satu dengan yang lain sehingga perkembangan dapat langsung berkembang keperserta didik.
    Sekolah terlibat langsung dalam interaksi sosial agar peserta didik dapat mampu mendayagunakan kreasi dan inovasinya dalam interaksi sosial baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Masyarakat mempunyai peranan penting dan besar dalam mempengaruhi perkembangan peserta didik.
    c. Dasar sosiologi
    Dasar sosiologi adalah ilmu yang mempejari hubungan antara manusia dan kelompok-kelompok dalam struktur sosialnya. Sosiologi memegang peranan penting dalam pendidikan, salah satunya bagian yang dapat dipandang sebagai sosiologi khusus adalah sosiologi pendidikan

    2. Jelaskan mengapa anda sebagai mahasiswa menejemen pendidikan islam (MPI) perlu mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar (PSB)?…
    Jawab:
    Pengembangan pusat sumber belajar merupakan apek yang penting dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan yang formal maupun Non-formal. Pengembangan pusat sumber belajar mampu membentuk karakter seseorang baik itu sifat, prilaku, maupun interaksi sesama individu dengan mengunakan dasar filosofis, psikologis, dan sosiologi.
    Perlunya mempelajari pengembangan pusat sumber belajar, mampu membentuk karakteristik jiwa sehingga dalam memanajemen proses belajar-mengajar sehingga dapat tercipta generasi yang berprestasi. Tujuan mempelajari pengembangan pusat sumber belajar mampu mengetahui sejauh mana proses pendidikan yang terdapat pada suatu negara.

  39. NAMA :ADE RESKI PRATAMA
    NIM :14290003
    PROGRAM STUDI :MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATA KULIA :PPSB

    JAWABAN:

    1. Karena dasar pusat sumber belajar adalah dasar utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam mengembangkan PSB, adapun dasar-dasar pusat sumber belajar ada 3, yaitu:
    a. dasar filosofis
    b.dasar psikologis
    c.dasar sosiologis
    Dengan memahami ketiga dasar diatas maka akan mempermudah pendidik untuk mengembangkan PSB. Dalam mengembangkan PSB tidak bisa langsung dikembangkan melainkan melalui tahapan-tahapan tertentu, yaitu:
    a.Pemanfaatan dan pengembangan sumber belajar tidak dikelola dan diorganisasi secara formal oleh suatu lembaga tetapi secara perorangan.
    b. Dimulai dengan istilah perpustakaan yang mengoleksi sumber belajar berupa bahan cetak.
    c. Sesuai perkembangan peranan media audiovisual dalam bidang pendidikan.
    d. Perpustakaan kemudian dilengkai dengan ruang belajar tradisional, dan pelayan audiovisual
    e. Pengembangan sistem pembelajaran.

    2.Karena seorang mahasiswa manajemen adalah pengelola , disinilah fungsi mahasiswa manajemen untuk mengelola suatu lembaga pendidikan yang efektif dan efisien dalam mengembangkan pusat sumber belajar didalam lembaga tersebut.

What do you think a bout

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s