SOAL UTS PPSB KLS MPI B 2014 UIN PALEMBANG


Petunjuk Soal:
1.Tulislah Nama, NIM, Program Studi, Mata Kuliah pada lembar jawaban Anda (kolom Komentar).
2.Kerjakanlah semua soal di bawah ini. Anda diperbolehkan membaca buku atau catatan kuliah, tetapi tidak diperbolehkan bekerja sama.
3.Waktu mengerjakan pukul 17:00 – 08:00 Wib

Soal:
1. Jelaskan mengapa dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) itu penting dalam Pengembangan PSB!?
2. Jelaskan mengapa Anda sebagai mahasisa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) perlu mempelajari Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB)!?

53 thoughts on “SOAL UTS PPSB KLS MPI B 2014 UIN PALEMBANG

  1. NIDA ALVITA 14290079
    1. Karena dasar dari pusat sumber belajar adalah sekolah dimana di dalam lingkungan sekolah terdapat banyak sumber-sumber belajar seperti perpustakaan, orang (guru),dan internet. Sehingga para siswa di sekolah dapat pengetahuan pembelajaran terutama guru yang mengajarkan secara langsung ilmu-ilmu yang sudah diketahuinya, internet dan perpustakaan adalah sarana pembantu siswa dalam belajar seperti dalam mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru.
    2. Karena mahasiswa jurusan manajemen pendidikan islam akan terjun langsung ke perpustakaan, perpustakaan adalah salah satu pusat sumber bellajar . dan harus mengenal seluk beluk yang namanya perpustakaan yang mana disitulah pusat sumber belajar yang ada di sekolah, perpustakaan adalah pusat sumber belajar yang paling mudah di jumpai oleh siswa sehingga para siswa mendapatkan sumber pembelajaran yang mudah dengan adanya buku-buku di perpustakan

  2. Lisa Fattileni (14290058). MPI.B. Mata kuliah: pengembangan pusat sumber belajar (PPSB) 1. Karena dasar penggunaan sumber belajar itu dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar mengajar serta membantu mengembangkan standar penggunaan sumber-sumber belajar dan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. 2.mahasiswa manajemen pendidikan Islam tentu perlu mempelajari mata kuliah pusat pengembangan belajar (psb) karena saya sendiri sebagai mahasiswa manajemen pendidikan Islam wajib menguasai sistem belajar dan mengajar yang sesuai dengan prosedur kurikulum pendidikan di Indonesia dan hal itu dapat saya pelajari di mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar ini.

  3. Nama:Mayrani Fajri wati
    Nim:14290065
    Mata Kuliah:PPSB
    Manajemen pendidikan islam
    jawaban:

    1.karena,pusat sumber belajar merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan yang rumit dan lengkap,yang di rancang dan diatur secara khusus dengan tujuan menyimpan,merawat,mengembangankan dan memanfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuk baik secara individual maupun kelompok,pusat sumber belajar adalah suatu system yang terdiri dari sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dengan sengaja dan dibuat agar memungkinkan peserta didik belajar secara individual.dan juga sumber belajar adalah suatu komponen sistem intruksional baik secara khusus sifatnya dapat di pakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran.

    2.karena,mata kuliah psb sangat penting ,meliputi lingkungan,sekolah,dan masyarakat dari situlah kita bisa tahu bagaimana cara mempelajari manajemen yang baik,dan kita bisa beradaptasi dengan masyarakat setempat dengan mudah.

  4. NAMA: INDAH LESTARI
    NIM :14290049
    PROGRAM STUDI: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.
    MATA KULIAH: PPSB.

    JAWAB:
    1. Saya sebagai mahasiswa manajemen pendidikan islam perlu mempelajari pusat sumber belajar karena pusat sumber belajar itu memiliki Beragamnya jenis sumber belajar, menuntut adanya pengelolaan dan pengorganisasian terhadap sumber belajar tersebut, sedangkan manajemen pendidikan islam itu jurusan yang mempelajari cara pengelolahah dan pengorganisasian jadi sangat berpengaruh contoh yang di pelajari manajemen pendidikan islam dalam pengorganisasian dan pengolahan adalah dapat di lihat seperti mempelajari manajemen perkantoran jadi menurut saya sangat penting dan berhubungan. Dan juga (PSB) itu sumber belajar yang mudah untuk diakses dan juga dimanfaatkan oleh pihak yang berkepentingan. Maka dari itu psb sangat penting di mpi karena mudah di akses dan di manfaat kan sumber belajarnya dan pusat sumber belajarnya contoh dapat di manfaatkan sumber belajarnya internet, buku, dll.
    Pusat sumber belajarnya adalah perpustakaan laboratorium dll.
    Oleh karena itu dibentuklah Pusat Sumber Belajar. Timbulnya pusat sumber belajar dimungkinkan pula oleh pertumbuhan berikutnya yang berupa pengakuan akan semakin dibutuhkannya pelayanan dan kegiatan belajar non-tradisional yang membutuhkan ruangan belajar tertentu sesuai dengan kebutuhan, misalnya belajar mandiri dengan modul, simulasi dan permainan, dan sebagainya. Maka dengan demikian pusat sumber belajar ini berhubungan dengan jurusan manajemen pendidikan islam dan sangat penting dan juga berhubungan dengan manajemen pendidikan islam menurut saya.

    2. Dasar penggunaan pusat sumber belajar (PSB) itu penting dalam pengembangan (PSB) karena sumber belajar itu dapat berfungsi sebagai berikut :
    1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
    a. Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
    b. Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
    2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
    a. Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
    b. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
    3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
    a. Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
    b. Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
    4. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
    a. Meningkatkan kemampuan sumber belajar.
    b. Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
    5. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
    a. Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit.
    b. Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
    Dengan demikian dasar penggunaan itu penting dalam pengembangan karena akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam belajar yang positif dan berpengaruh dalam dunia pembelajaran.
    Karena Pengembangan PSB merupakan bagian dari system penyelenggaran pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Adapun indicator yang di jadkan acuan dalam pengembangan PSB pada setiap satuan pendidikan adalah mengacu pada lima fungsi yang mengacu pada satuan PSB. Dalam setiap fungsi mempunyai subfungsi yang menggambarkan rentang tugas dan tanggung jawab yang harus di laksanakan, yaitu:
    a. Fungsi Pengembangan System Instruksional
    b. Fungsi pelayanan media
    c. Fungsi produksi
    d. Fungsi administrasi
    e. Fungsi pelatihan.

  5. Nama: Marlina Puspita Nugra
    Nim : 14290064
    Prodi : Manajemen Pendidikan islam
    Mata Kuliah : Pengembangan pusat sumber belajar

    JAWABAN:
    1. karena, dalam mengembangkan suatu sistem pusat sumber belajar itu harus memiliki dasar utama untuk mengembangkan suatu pusat sumber belajar agar dapat memberikan kemudahan bagi para pendidik maupun peserta didik dalam memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. Dasar pusat sumber belajar itu merupakan sarana dan prasarana dalam mengelola dan mengembangkan sumber belajar guna tercapainya proses pembelajaran yang baik dan tersusun dengan rapi.
    2. karena, dalam manajemen pendidikan islam kami diajarkan bagaimana cara mengatur sistem pendidikan yang ada di lembaga pendidikan. jadi, dalam upaya pengembagan pusat sumber belajar yang efektif dan efisien, kami diajarkan sejak dini tentang bagaimana proses pengembangan psb tersebut lewat mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar. Didalam pusat sumber belajar kita diajarkan cara-cara dalam mengembangkan setiap sistem pendidikan yang baru dan menyesuaikan dengan keadaan globalisasi yang ada pada saat ini. agar pusat sumber belajar itu berguna bagi pendidik maupun peserta didik dalam mengatur dan memecahkan setiap masalah yang mungkin timbul di era pendidikan yang akan datang. intinya mahasiswa manajemen pendidikan islam itu sangat penting mempelajari matakuliah pengembangan pusat sumber belajar. karena lulusan manajemen akan terjun langsung dalam proses pengaturan PSB yang baik

  6. Nama:lidya caroline
    Nim: 14290057
    Prodi: Manajemen pendidikan islam
    Mata Kuliah: Pengembangan pusat sumber belajar
    Jawaban:
    1. Karena pusat sumber belajar (psb) sangat berpengaruh/ penting dalam berjalannya pengembangan pusat sumber belajar bila tidak adanya pusat sumber belajar pengembangan pusat sumber tidak akan berjalan tapi bila berjalan tidak akan berjalan dengan efektif. karena pusat sumber belajar itu merupakan sarana atau pasilitas dari berjalannya pengembangan pusat sumber belajar. maka dari itu pusat sumber belajar sangat penting di dalam pengembangan pusat sumber belajar.
    2. Karena, dalam manajemen pendidikan islam sangat membutuhkan pengembangan pusat sumber belajar agar mahasiswa manajemen pendidikan islam bisa tahu dan mengerti pusat sumber belajar itu apa, dan fungsi pusat sumber itu sendiri apa. sehingga dalam mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar bisa di kaitkan/dihubungkan dengan program studi manajemen itu sendiri. Di dalam manajemen pendidikan islam nanti mahasiswanya akan berlatih atau terjun langsung dalam pusat sumber belajar itu sendiri yaitu adalah perpustakaan.

    • Nama :Nadya Wulandari
      NIM :14290076
      Mata Kuliah:PPSB
      Manajemen Pendidikan Islam

      Soal:
      1. Jelaskan mengapa dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) itu penting dalam Pengembangan PSB!?

      Jawab:

      Karena pusat sumber belajar adalah segala sesuatu dan dengan mana seorang mempelajari sesuatu dalam pembelajaran. Dalam proses belajar komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang dimanfaatkan maupun direncanakan. Pusat sumber belajar meliputi perpustakaan, guru, buku, dan lain sebagainya. Belajar dapat menilai keefektifan penggunaan sumber belajar sebagai bagian dari bahan pembelajarannya.

      Soal:
      2. Jelaskan mengapa Anda sebagai mahasisa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) perlu mempelajari Mata Kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB)!?

      Jawab:

      Karena sebagian besar mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam perlu dilakukan pembelajaran langsung dengan penelitian terjun langsung kelapangan. Mungkin sebagian mahasiswa menjadi seorang guru, maka dari itu guru harus meliputi usaha penempatan alam sekitar sebagai sumber belajar. Dalam pemanfaatan guru mempunyai tanggung jawab membantu peserta didik belajar agar lebih mudah, lebih lancar dan lebih terarah. Oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan khusus yang berhubungan dengn pusat sumber belajar.

  7. Nama : iis fazlika Nim. : 14290046. Kelas. : MPI B Mata kulia ; pengembangan pusat sumber belajar. Jawab : 1. Karena pusat sumber belajar dapat di manfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran . Serta, memberikan kemudahan Kepada peserta didik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. 2. Menurut saya mata kulia ini perlu di pelajari karena dapat memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar . Dan juga memberikan pelayanan dalam perencanaan , produksi , operasional dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran

  8. Nama : Miftakhur Roifah
    Nim : 14290069
    program study : Manajemen Pendidikan islam
    mata kuliah : PPSB
    jawaban:
    1. karena hakikat dari PSB itu sendiri terpusat pada peserta didik. dalam rangka mengembangkan kepribadiannya dan untuk tujuan-tujuan pembelajaran tertertu diperlukan lingkungan belajar tertentu, misalnya interaksi belajar dalam kelompok kecil, belajar mandiri, belajar bebas dll. untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, dan bahan tertentu yang kiranya sangat relevan, maka secara mutlak diperlukan adanya pengembangan sistem instruksional yang dilaksanakan dengan baik bila ada perpustakaan bahan-bahan pembelajaran dan pelayanan peralatan yang relevan yang tersedia di dalam PSB.
    dan pengembangan PSB merupakan bagian dari sistem penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan. yang mana indikator yang dijadikan acuhan dalam pengembangan PSB terdapat pada setiap satuan pendidikan itu sendri yang terdiri dari lima subfungsi yang menggambarkan rentang tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan, yaitu:
    1. fungsi pengembangan sistem instruktional
    yang mana fungsi ini bertugas menolong dinas atau bagian staf tenaga pendidikan secara individual dalam membuat rancangan (design) dan pemilihan options yang akan meningkatkan efektivitas dan efesien proses pembelajaran.
    2. fungsi pelayanan media
    yang mana fungsi ini berhubungan dgn pelaksanaan memprogram media dan pelayanan dukungan yang dibutuhkan oleh staf pendidik dan peserta didik.
    3. fungsi produksi
    fungsi ini berhub dgn penyediaan materi atau bahan-bahan instruksional yang tidak dapat diperoleh melalui sumber-sumber yang diperdagangkan.
    4. fungsi administrasi
    fungsi inu berhubungan dgn cara-cara atasvmana tujuan dan prioritas program dapat tercapai.
    5. fungsi pelatihan
    fungsi ini berhub dgn upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia baik untuk pengelolahanPSB maupun masyarakat pengguna.
    dan langh-langkah dlm pengembangan PSB itu menurut mayer berdasarkan pada enpat hal yaitu
    1. berorientasi kepada peserta didik yang belajar atau berfungsi untuk memberikan pelayanan kpd peserta didik.
    2. desentralisasi berarti penempatan bahan-bahan yang berbentuk media perangkat lunak dan kertas tsb di mana saja sepanjang proses belajar dpt dilayani, seperti pusat-pusat belajar, didalm kls, atau dipergunakan secara perorangan dirumah.
    3. bahan-bahan belajar diproduksi dan dipelihara secara lokal dan
    4. program media dikembangkan sesara terintegrasi dlm proses instruksional.
    pengembangan PSB yang efektif dan efisien diperlukan sebuah perencanan yang matang dan mendukung sumber daya yang memadai. dalam mendisein dan mengembangkan suatu PSB tentu diperlukan suatu proses yang sistematis dan sistemis artinya berurutan dan teratur.

  9. Nama : Nadya Wulandari
    Nim :14290076
    Prodi : MPI B
    Mata kuliah: pengembangan pusat suber belajar

    1. Karena pusat sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar . sumber belajar adalah segala sesuatu dan dengan mana seseorang mempelajari sesuatu. Dari sekian banyaknya sumber belajar hanya buku teks yang banyak dimanfaatkan. Hal senada juga diperkuat oleh suatu hasil penelitian mengenai kebutuhan informasi, yang menyatakan bahwa banyak sumber belajar diperpustakaan yang belum dikenal dan belum diketahui penggunaannya. Keadaan ini diperparah pemanfaatan buku sebagai sumber belajar juga masih bergantung pada kehadiran guru, kalau guru tidak hadir maka sumber belajar lain termasuk bukupun tidak dapat dimanfaatkan oleh peserta didik. Pusat sumber belajar sangat penting dalam pengembangan belajar selain untuk mencari ilmu dan dapat mempermudah peserta didik dalam belajar mengajar.

    2. karena mahasiswa manajemen pendidikan islam akan melakukan suatu penelitian langsung dilapangan maka dari itu perlu mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar.mungkin ada sebagian mahasiswa manajemen menjadi seorang guru maka dari itu ada kaitannya dengan pusat sumberbelajar yaitu seorang guru. Dalam pemanfaatan sumber belajar, guru mempunyai tanggung jawab membantu peserta didik belajar agar belajar lebih mudah, lebih lancar, lebih terarah. Oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan khusus yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar. seorang guru harus mampu: Menggunakan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, Mengenalkan dan menyajikan sumber belajar, Menerangkan peranan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran, Menyusun tugas-tugas penggunaan sumber belajar dalam bentuk tingkah laku, Mencari sendiri bahan dari berbagai sumber, Memilih bahan sesuai dengan prinsip dan teori belajar,Menilai keefektifan penggunaan sumber belajar sebagai bagian dari bahan pembelajarannya dan Merencanakan kegiatan penggunaan sumber belajar secara efektif. dengan adanya guru mahasiswa ataupun siswa dapat mudah memproleh suatu ilmu ataupun informasi tentang pendidikan.

  10. NAMA: MARDHATILLAH USBAH
    NIM : 14290063
    PRODI: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATA KULIAH : PPSB

    1. karena pusat sumber belajar adalah tempat bagi sumber belajar agar sumber belajar lebih mudah diakses dan mudah dimanfaatkan. dan pusat sumber belajar sangat penting bagi sebuah lingkungan dalam mendukung proses belajar siswa. karena tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktor pendukung siswa dalam belajar adalah kondisi lingkungan yang nyaman. Dengan adanya Pusat sumber belajar, siswa bisa diorientasikan untuk melakukan proses belajar di tempat tersebut. Dengan demikian, pusat sumber belajar yang sudah diatur sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan pada penggunanya, dapat membantu siswa dalam proses belajar. Pengembangan pusat sumber belajar menuntut peningkatan efektifitas kegiatan belajar mengajar dengan memberikan penekanan pada aktivitas siswa dimana kegiatan belajar di kelas dan pusat sumber belajar merupakan suatu rangkaian kegiatan yang terpadu.

    2. sebagai mahasisiwi MPI mempelajari PPSB itu sangat penting, dikarenakan nantinya saya akan bekerja dan terjun ke dunia pendidikan dan sekolah. oleh karena itu, mempelajari PPSB sangat dibutuhkan agar kita dapat mengetahui dan lebih memahami apa saja prosedur dan sarana prasarana yang ada dalam sekolah dan masyarakat.

  11. Nama: Heri antoni
    Nim: 14290043
    Program studi: MPI B
    Mata kuliah: pengembangan pusat sumber belajar
    jawaban:

    1. karena dasar penggunaan pusat sumber belajar itu adalah tempat dimana pusat sumber belajar itu dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektifitas dan efisien dalam kegiatan pembelajaran, atau dasar penggunaan pusat sumber belajar itu adalah lembaga yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan berbagai media pembelajaran. sedangkan pusat sumber belajar itu ialah tempat dimana masih digunakan, contohnya seperti perpustakaan, dimana perpustakaan itu memiliki macam macam sebuah buku, perpustakaan itu bahkan memiliki fungsinya salah satunya yaitu bisa untuk memotivasikan ssiswa atau maha siswa dalam belajar,. jadi dasar penggunaan pusat sumber belajar itu dan pusat sumber belajar sangat berkaitan.

    2. karena pusat sumber belajar itu sngan penting untuk kita pelajari, bahwa sumber belajar itu sarana untuk mengelola dan mengembangkan sumber belajar. bahkan sumberbelajar itu berfungsi sebagai pengadaan, pengembangan, produksi, pelatihan dan pelayanan, dalam pemanfaatan sumber belajar (terutama bahan dan alat) untuk kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

  12. Nama: Ira wulandari
    Nim: 14290051
    mata kuliah: 14290051
    manajemen pendidikan islam

    jawab:
    1. karena suatu proses yang sistematis dan terus menerus, yang akan membantu pengajaran dalam mengembangkan pengalaman-pengalaman belajar yang memungkinkan partisipasi aktif siswa di dalam proses belajar-mengajar dan Di sinilah letak hubungan yang penting antara pusat sumber belajar dengan pengembangan sistem pembejaran.
    2. karena mahasiswa manajemen pendidikan Islam perlu mempelajari mata kuliah pusat pengembangan belajar (psb) meliputi kegiatan belajar mengajar dengan menekankan kepada aktivitas mahasiswa dimana kegiatan belajar dikelas dan Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran
    Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar

  13. NAMA : NINDI WILDATI HANIFA
    NIM : 14290081
    PRODI : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATA KULIAH: PPSB
    1) Karena dasar merupakan pondasi dalam melakukan suatu tindakan untuk mencapai hasil yang baik. Dengan menggunakan dasar penggunaan PSB tentu dalam pengembangan PSB dapat mencapai hasil yang efisien, dibutuhkan pula PSB yang mendukung atau memberikan konstribusi positif dalam pengembangan PSB itu sendiri.
    2) Karena dengan mempelajari PSB kita dapat mengetahui bagaimana cara mengembangkan PSB yang sesuai bagi peserta didik untuk menunjang proses belajar agar dapat mencapai sebuah hasil belajar yang efektif dan efisien.

  14. Nama: Heri Antoni
    Nim: 14290043
    Program studi: Manajemen pendidikan islam
    Matakuliah: Pengembangan Pusat Sumber Belajar
    jawab:

    1. menurut saya, karna dasar penggunaan pusat sumber belajar itu memiliki jenis sumber belajar yang menuntut adanya adanya pengelolaan dan pengorganisasian terhadap sumber belajar tersebut. Hal ini bertujuan agar sumber belajar mudah untuk diakses dan juga dimanfaatkan oleh pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu dibentuklah Pusat Sumber Belajar (PSB). Alasan timbulnya PSB adalah adanya pengembangan sistem instruksional yaitu suatu proses yang sistematis dan terus menerus yang akan membantu peserta didik mengembangkan pengalaman-pengalaman belajar yang efektif dan efisien. dan sedangkan pusat sumber belajar itu adalah merupakan tempat di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran. Pusat sumber belajar sering disebut juga sebagai media center, yang diartikan sebagai lembaga yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan berbagai media pembelajaran. Pusat sumber belajar dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. Dengan demikian, pusat sumber belajar merupakan sarana untuk mengelola dan mengembangkan sumber belajar.

    2. karena pusat sumber belajar itu sangat ber kaitan dengan manajemen pendidikan islam sehingga kita akan menempuh sebuah pendidikan yang layak, adanya pusat sumber belajar maka kita sangat cukup mampu untuk meningkat kan atau memahami dalam sebuh beljar,. contohnya sebagai perfustakan, dimana perpustakaan itu sebagai PSB memiliki peran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Salah satu fungsi perpustakaan ialah bertujuan untuk memotivasi siswa atau mahasiwa supaya lebih giat membaca. Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan, memelihara koleksi bahan perpustakaan yang dikelola dan diatur secara sistematis digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai sumber informasi. perkembangan perpustakan pun bukan hanya tempat untuk menyimpan atau mengoleksi buku sebagai benda mati. Buku memang dapat dikaitkan dengan bahan utama perpustakaan, namun perpustakaan masa kini tidak sekedar pengelolaan buku saja, tapi masih pula mengelola bahan pustaka selain buku, seperti video, mikrofilm, slide, kaset, barang cetak lainnya dan audio visual. perpustakaan itu memiliki Peranan perpustakaan selaku mata rantai kunci dalam proses belajar mengajar menjadikan salah satu bagian amat penting dari sekolah atau kampus. Perpustakaan yang baik mampu menyediakan sumber-sumber belajar yang terpusat. seperti: Buku-buku dan lain sebagainya.

  15. nama: nasihun amin, nim: 14290077, program studi: manajemen pendidikan islam, mata kuliah: pengembangan pusat sumber belajar, jawb,1. mengapa dasar penggunaan psb itu penting dalam pengembangan psb? (1). dasar filosofis ini sangat penting dalam pengembangan psb karena filosofis dapat mempelajari penelitian-penelitian jd pengembangan penelitian ini sangat penting bagi siswa, (2). dasar psikologis ini sangat penting dalam pengembangan psb karna psikologis ini dapat merubah tingkah laku dalam lingkungan, (3). dasar sosiologis ini sangat penting dalam psb karena dapat mempengaruhi siswa dalam berinteraksi 2. mengapa mahasiswa mpi perlu mempelajari mata kuliah ppsb? karna dengan mempelajari mata kuliah ppsb ini mahasiswa mpi dapat menganalisis, mengelolah, dan dapat melaporkan hasil belajar yang baik, dan juga dapat mengembangkan kepribadian mahasiswa karna untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

  16. NAMA : M.Adamsyah
    NIM : 14290060
    MATA KULIAH : PPSB
    PROGRAM STUDI : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

    1. Dasar penggunaan pusat sumber belejar itu sangat penting dalam pengembangan belajar karena sumber belajar itu dapat berfungsi mempercepat laju proses pembelajaran dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara baik, dan juga dapat mengurangi beban guru untuk menyajikan informasi,sehingga dapat membina dan mengembangkannya. PSB juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya. Dengan demikian dasar penggunaan itu penting dalam pengembangan karena PSB akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam belajar.

    2. Karena mata kuliah PPSB dapat bermanfaat untuk memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar, PSB juga dapat meningkatkan efektifitas proses pembelajaran,baik secara individu maupun kelompok. Karena mata kuliah PPSB ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan dalam proses pembelajaran dan pengembangan, PPSB ini merupakan bagian dari sistem penyelenggara pendidikan pada setiap satuan pendidikan.

  17. NAMA : JIMMI SAPUTRA
    NIM :14290053
    PRODI : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATA KULIAH : PENGEMBANGAN PUSATSUMBER BELAJAR
    JAWABAN :
    1. Karena Pusat sumber belajar mempunyai suatu keterikatan yg tdk bisa di pisahkan dengan Pengembangan pusat sumber belajar. Segala Sumber,Bahan, dan Proses pembelajaran ada di dalam Pusat sumber belajar, yang bertujuan untuk membantu efektifitas dan efisiensi interaksi pelajar dgn guru dlm proses pembelajaran.
    2. Kerena Mahasiswa/i Mpi di harapkan untuk dpt menganalisis serta mengelola berbagai konsep dan prinsip mengenai proses perkembangan pembelajaran oleh mahasiswa/i lulusan prodi Mpi sbg manajer pendidikan yang juga di proyeksikan untuk menjadi Kepala sekolah

  18. Nama: Luthfi Dzyahul Fikri
    NIM: 14290059
    Program Studi: Manajemen Pendidikan Islam
    Mata Kuliah: Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    1. karena Dasar Penggunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) itu penting dan sangat berpengaruh untuk Pengembangan PSB, dasar adalah awal untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pusat sumber belajar, di mana melalui dasar itulah berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran.

    2. karena dalam Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB) kami diajarkan banyaknya perubahan dan perkembangan yang ada dalam pendidikan. sedangkan dalam manajemen pendidikan kami diajarkan untuk mengatur dan mengelola baik itu pusat sumber belajar ataupun sumber belajar. sehingga pentingnya mahasiswa manajemen pendidikan islam mempelajari pengembangan pusat sumber belajar karena peran PSB yang berpengaruh dalam membantu untuk mengelola, mengatur dan mengembangkan sistem dan struktur pendidikan yang semakin hari semakin berkembang.
    jadi manajemen pendidikan islam itu, mengembangkan sumber belajar, baik itu sarana maupun prasarana agar tercapainya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

  19. nama : imro atus sholehah
    nim : 14290048
    mk : pengembangan pusat sumber belajar
    prodi: manajemen pendidikan islam

    jawaban ”
    1. karena PSB akan bermanfaat dalam pengembangan PSB adapun manfaat terbut yaitu :a) memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar b) melayani kebutuhan pengembangan informasi bagi masyarakat c) mengembangkan kreativitas dan produktivitas tenaga pendidik dan kependidikan, d) meningkatkan keefektivitasan dan efesien proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok.
    2. karena mata kuliyah PPSB ini memiliki rangsangan atau informasi oleh seorang maha siswa, karena gerakan pertumbuhan PSB secara historis merupakan suatu kemajuan yang bersifat gradual tetapi direncanakan dari bentuk yang pertama maka dari itu PPSB ini sangat diperlukan untuk jurusan manajemen pendidikan islam, karena MPI ini membutuhkan sebuah plaining, disitulah dibutuhkan PPSB dalam manajemen dan MPI itu terjun langsung keperpustakaan, perpustakaan merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran dan perpustakaan juga dinamakan pusat sumber belajar

  20. Nama: Jepri Kardo
    Nim : 14290052
    Prodi :Manajemen pendidikan islam
    Mata kuliah: Pengembangan pusat sumber belajar
    Jawaban :
    1. karena,ketika pusat sumber belajar itu digunakan secara efektif dan efisien maka pusat sumber belajar tersebut akan berkembang dan memberikan manfaat yang besar. Seperti memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menggunakan pusat sumber belajar dalam proses pembelajaran.
    2,Karena ,dengan mempelajari pusat sumber belajar kita dapat mengetahui apa itu pusat sumber belajar dan kita juga dapat membedakannya. Setelah itu pada saat praktek dilapangan nanti. Misalnya disuatu sekolah yang kurang berkembang kita bisa ikut mengembangkan pusat sumber belajar tersebut dengan ilmu yang kita dapatkan

    1,

  21. Nama; nasihun amin
    nim; 14290077
    jurusan; mpi
    mk; pengembangan pusat belajar
    jawab
    1. Yg pertama dasar filosofis yaitu sangat penting dlm pengembangan psb karena filosofis ini dpt mempelajari penelitian-penelitian jd penelitian in sangat pnting bgi siswa
    yang kedua dasar psikologis yaitu sangat penting dlm pengembangan psb karena dapat mengubah tingkah laku dalm lingkungan.
    Yg ktiga dasar sosiologis yaitu sangat penting dlm pengembangan psb karena dapt mmpengaruhi siswa dalam berinteraksi sesamanya.

    2. Karena dengan mempelajari mata kuliah ppsb ini mahasiswa mpi dpt bljr menganalisis,merencanakan, mengelolh dan dpt melaporkan hasil yg baik dan juga dpt mengembangkan kepribadian mahasiswa karna untk mencapai tujuan pembelajarn tertentu. Serta dpt memiliki kemampuan untk mempergunakn sumber sumber bljr.

  22. Nama: Leni Sartika
    Nim : 14290055
    prodi : manajemen pendidikan islam
    Mata kuliah: pengembangan pusat sumber belajar
    Jawaban:
    1. karena dalam dasar penggunaan pusat sumber belajar sangat menunjang dalam proses pengembangan pusat sumber belajar
    a) dasar filosofis, dimana dalam pengertian filosofis yaitu memberikan pemahaman agar mengupas secara mendalam sampai ke akar-akarnya. Dengan dasar filosofis ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam bahwa manusia itu dilahirkan dengan karakteristik yang berbeda sebagaimana berbedanya sidik jari yang dimiliki manusia. Maka dari itu pembelajaran harus diberikan dengan cara yang berbeda pula. Oleh karena itu, harus ada upaya untuk melayani kebutuhan belajar yang berbeda itu. Diharapkan pusat sumber belajar dapat memberikan pelayanan terbaika melaui pemilihan media pembelajaran yang tepat.
    b) dasar psikologis, psikologi merupakan disiplin akademik dan diterapkan dalam studi tentang pikiran,otak dan prilaku manusia. Dasar psikologis memastikan bahwa manusia memiliki kecenderungan yang beragam, maka dari itu dengan adanya pusat sumber belajar,kita bisa melakukan pelayanan yang berbeda terhadap kecenderungan psikologis peserta didik yang berbeda. PSB dirancang untuk memberi motivasi kepada peserta didik untuk berinteraksi dengan sumber belajar lebih baik dan pada gilirannya akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
    c) dasar sosiologis, merupakan dasar yang berdasarkan keadaan masyarakat. Dimana masyarakat merupakan kumpulan orang yang hidup dan berinteraksi dengan lingkungan. Dasar sosiologis memberi pemahaman bahwa dalam pusat sumber belajar kita harus mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sekitar untuk memudahkan dalam pengembangan pusat sumber belajar.
    Maka dari itu dengan kita memperhatikan ketiga dasar penggunaan pusat sumber belajar tersebut dapat mempermudah dalam pengembangan pusat sumber belajar.
    2. Karena dengan mahasiswa manajemen pendidikan islam mempelajari pengembangan pusat sumber belajar, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara yang baik dalam pengembangan pusat sumber belajar. Sehingga pada saat terjun pada dunia kerja mahasiswa mudah dalam mengembangkan pusat sumber belajar. Karena pada dasarnya mahasiswa manajemen pendidikan islam akan masuk terjun pada lembaga pendidikan dan lembaga pendidikan tersebut merupakan pusat sumber belajar. Dimana orang yang terdapat didalam lembaga pendidikan itu dituntut untuk dapat mengkoordinasikan,mengarahkan, dan mengatur pusat sumber belajar dengan baik dan dapat mengembangkan pusat sumber belajar.

  23. Nama:Jepri kardo
    Nim:14290052
    Prodi:Manajemen pendidikan islam
    Mata kuliah: Pengembangan pusat sumber belajar
    Jawaban :
    1.Karena,ketika pusat sumber belajar itu digunakan secara efektif dan efisien maka pusat sumber belajar tersebut akan berkembang dan memberikan manfaat yang besar.Seperti memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menggunakan pusat sumber belajar dalam proses pembelajaran.
    2. Karena, dengan mempelajari pusat sumber belajar kita dapat mengetahui apa itu pusat sumber belajar dan kita juga dapat membedakannya.Setela itu pada saat praktek di lapangan nanti.Misalnya disuatu sekolah yang kurang berkembang kita bisa ikut mengembangkan pusat sumber belajar tersebut dengan ilmu yang kita dapatkan.

  24. NAMA: MUSTIKA RIA
    NIM: 14290075
    PRODI: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATA KULIAH: PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR
    JAWABAN:
    1. karena, dasar utama dari PSB ialah meningkatkan kualitas dan keefektifan proses belajar mengajar dan mempermudah prose belajar. jadi jika tidak ada sistem pengembangan yang baik psb, maka pengembangan pusat sumber belajar pun tidak akan bisa berjalan dengan baik. dikarenakan PSB merupakan wadah bagi para pelajar dalam mendapatkan informasi tentang suatu pelajaran/materi sehingga bisa mendukung jalannya proses belajar yang baik serta bisa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
    2. menurut saya mahasiswa MPI perlu mempelajari PPSB karena, di dalam PPSB terdapat mata kuliah Mpi tentang manajemen perpustakaan yang berkaitan dengan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. selain itu dalam mata kuliah ppsb mahasiswa mpi bisa menganalisa bagaimana proses pengembangan pusat sumber belajar, sehingga sebagai mahasiswa mpi bisa belajar bagaiman mengatur sistem pengembangan pusat sumber belajar agar dapat berjalan dengan efektif. sehingga tercipta lah sistem pembelajaran yang baik.

  25. Nama: Melati
    Nim : 14290066
    Program Studii : Manajemen Pendidikan islam
    Mata Kuliah : Pengembangan pusat sumber belajar (PPSB)
    Jawaban:
    1.Karena,Pusat Sumber Belajar (PSB) adalah tempat atau lembaga dimana berbagai sumber belajar diorganisasikan ke dalam sistem pembelajaran guna memenuhi kebutuhan belajar siswa dan kebutuhan mengajar guru.Dengan demikian Pusat Sumber Belajar akan menjadi sistem pendukung dalam pencapaian tujuan atau kompetensi pembelajaran agar bisa tercapai suatu pembelajaran dengan baik.
    2.Karena,sebagai mahasiswa manajemen pendidikan islam kita harus menguasai sistem pembelajaran itu sendiri secara baik dan benar,sesuai dengan kurikulum pembelajaran sehingga nantinya kita sebagai mahasiswa manajemen pendidikan islam bisa dengan mudah terjun dan berlatih langsung untuk turun ke masyarakat dalam mengajarkan mata kuliah Pengembangan Pusat Sumber Belajar ini.

  26. NAMA : IIN INDRI PERMASIH
    NIM : 14290045

    JAWABAN.
    1. karena pusat sumber belajar itu mencakup semua aspek baik itu dasar penggunaan pusat sumber belajar itu snggat penting karena dengan itu guru dapat dengan mudah dan mempercepat laju belajar secara efisien dan tidak memakan waktu yang lama dan mempermudah belajar mengajar, dan guru bisa langsung mengontrol murit-muritnya dan siswa dapat mengembangkan pusat sumber belajar. didalam pusat sumber belajar siswa dapat tau cara-cara dalam mengembangkan setiap sistem yang baru dan menyesuaikan dengan kemajuan zaman yang ada saat ini. agar siswa tidak bosan dan berguna dan tidak ketinggalan zaman.
    2. karena menejemen pendidikan islam adalah jurusan yang mendalai tentang mengembangkan pusat sumber belajar yang intinya bagaimana cara agar pusat sumber belajar itu nyaman untuk digunakan dan tidak ketinggalan zaman. dan anak menejemen pendidikan islam pun harus bisa menangani dan tau apa kekurangan dari pusat sumber belajar pada pusat sumber belajar yang ada disekitarnnya, dan anak menejemen pun akan terjun langsung kelapangan untuk proses pengembangan pusat sumber belajar yang baik dan tidak kletinggalan zaman tentunnya

  27. Nama :Hendri Arpani
    Nim:14290042
    Prodi : manajemen pendidikan islam
    Mata kuliah : PPSB

    1.jadi penting nya dasar penggunaan pusat sumber belajar ada 2 yaitu secara umum dan khusus
    -penting nya dasar penggunaan pusat sumber belajar secara UMUM yaitu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem
    instruksional. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai
    macam pilihan untuk menunjang kegiatan kelas tradisional dan untuk
    mendorong penggunaan cara-cara yang baru (nontradisional), yang
    paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-
    kewajiban instutisional yang direncanakan lainnya.

    Pentingya penggunaa sumber belajar secara KHUSUS
    a) Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk menunjang
    kegiatan kelas tradisional.
    b) Mendorong penggunaan cara-cara belajar baru yang paling cocok
    untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban
    institusional lainnya.
    c)Memberikan pelayanan dalam perencnaan, produksi, operasional dan
    tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem instruksional.
    d) Melaksanakan latihan untuk para tenaga pengajar mengenai
    pegembangan sistem instruksional dan intregasi teknologi dlam
    proses belajar mengajar.
    e)Memajukan usaha penelitian yang perlu mengenai edia pendidikan.
    f)Menyebarkan informasi yang akan membantu memajukan
    penggunaan berbagai macam sumber belajar dengan lebih efektif
    dan efisien.
    g) Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran.
    h) Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber
    belajar.
    i)Membantu mengembangkan standard penggunaan sumber belajar.
    j) Menyediakan pelayanan pememliharaan atas berbagai macam
    peralatan.
    k) Membantu dalam pemilihan dan pengadaan bahan-bahan media dan
    peralatannya.
    l) Dan Menyediakan pelayan evaluasi untuk membantu menentukan
    efektivitas berbagai macam pengajaran

    2 ) mempelajari pusat sumber belajar sangat berguna di jurusan manajemen pendidikan isalam, karena pusat sumber belajar itu memiliki Beragamnya jenis sumber belajar,di jurusan mpi kami di ajarkan bagaimana merancang sebuah perencanaan, Perencaanaan merupakan langkah awal dalam melaksanaan sesuatu.
    Termasuk juga dalam ragka pembentukan pusat sumber belajar. Tanpa
    perencanaan yang matang, mustahil tujuan yang diinginkan tercapai.
    Dalam rangka perencanaan tersebut,
    Dan belajar bagaimana merancang peroganisasian,Sebagai sebuah unit keras PSB di jurusam mpi perlu
    dilakukan pengorganisasian secara jelas. Pemilihan pola
    pengorganisasian PSB
    Dan juga PSB juga sangat berperan penting di jurusan mpi karna penggunaannpusat sumber belajar dapat di rasakan contoh nya internet,perpustaakaan,

  28. NAMA : IIN INDRI PERMASIH
    NIM : 14290045

    JAWABAN.
    1. karena pusat sumber belajar itu mencakup semua aspek baik itu dasar penggunaan pusat sumber belajar itu snggat penting karena dengan itu guru dapat dengan mudah dan mempercepat laju belajar secara efisien dan tidak memakan waktu yang lama dan mempermudah belajar mengajar, dan guru bisa langsung mengontrol murit-muritnya dan siswa dapat mengembangkan pusat sumber belajar. didalam pusat sumber belajar siswa dapat tau cara-cara dalam mengembangkan setiap sistem yang baru dan menyesuaikan dengan kemajuan zaman yang ada saat ini. agar siswa tidak bosan dan berguna dan tidak ketinggalan zaman.
    2. karena menejemen pendidikan islam adalah jurusan yang mendalai tentang mengembangkan pusat sumber belajar yang intinya bagaimana cara agar pusat sumber belajar itu nyaman untuk digunakan dan tidak ketinggalan zaman. dan anak menejemen pendidikan islam pun harus bisa menangani dan tau apa kekurangan dari pusat sumber belajar pada pusat sumber belajar yang ada disekitarnnya, dan anak menejemen pun akan terjun langsung kelapangan untuk proses pengembangan pusat sumber belajar yang baik dan tidak kletinggalan zaman tentunnya

  29. Nama : Muhammad Rizki Romadhon
    NIM : 14290061
    Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
    Mata kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    Jawban
    soal 1 :
    karena dasar/ landasan merupakan suatu acuan pokok dalam melakukan suatu hal atau kegiatan jadi jika ingin mengembangkan pusat sumber belajar berarti kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yg menjadi dasar dalam PSB. Dalam PSB ada 3 dasar atau landasan.
    1. landasan filosofis
    landasan filosofis ini berguna untuk memberikan pemahaman kepada kita bahwa manusia itu mempunyai karakteristik yang berbeda. jadi cara pembelajaran yang diberikan harus dengan cara yang berbeda pula.
    2. landasan psikologis
    para siswa pasti memiliki perbedaan baik dalam minat, motivasi maupun kepribadiannya. karena memiliki banyak perbedaan inilah maka ketepatan pemilihan media akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa serta pemakaian media dalam pendidikan sangat berkaitan dengan perkembangan psikologi belajar peserta didik. dengan adanya PSB, maka kita bisa melakukan pelayanan yang berbeda terhadap kecenderungan psikologi peserta didik yang berbeda. landasan psikologis memastikan bahwa manusia memiliki kecenderungan psikologis yang sangat beragam, maka pembelajaran tidak akan efektif jika pembelajaran diberikan dengan cara yang seragam.
    3. landasan sosiologis
    landasan sosiologis ini berdasarkan keadaan masyarakat, perkembangan dan perubahannya, kebudayaan manusia, hasil kerja manusia berupa pengetahuan. landasan sosiologis merupakan referensi dasar pendidikan yang bersumber dari norma yang dianut dalam kehidupan masyarakat suatu bangsa.

    jadi dapat saya disimpulkan dasar penggunaan PSB itu sangat penting karena dengan mengetahui dasar-dasar penggunaan PSB kita dapat menggunakan cara atau sikap kita dalam menghadapi peserta didik dalam PPSB serta bagaimana cara yang paling baik dalam mengembangkan PSB tersebut

    soal 2 :
    karena dalam mata kuliah PPSB kita bisa mengetahui dan belajar bagaimana cara mengorganisir suatu lembaga terutama lembaga pendidikan. dalam PPSB ada beberapa fungsi diantaranya :
    1. Fungsi pengembangan sistem intruksional yaitu membantu jurusan atau departemen dan staf, lembaga pengajar secara individual didalam membuat rancangan (disain) dan pemilihan (options) untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
    dalam fungsi ini kita bisa melihat bagaimana didalam PPSB kita belajar bagaimana menjadi seorang manajer dengan membuat rancangan demi melancarkan suatu kegiatan belajar mengajar.
    2. Fungsi administrasi, fungsi ini berhubungan dengan bagaimana tujuan dan prioritas program dapat tercapai dan berhubungan dengan semua segi program yang dilaksanakan dan akan melibatkan semua staf dan pemakai dengan cara-cara yang sesuai. disini dapat kita lihat bagaimana fungsi ini sesuai dengan jurusan kita yaitu majemen yang kelak akan mejadi seorang menejer dalam dunia pendidikan (kepala sekolah), disinilah peran seorang kepala sekolah bagaimana tujuan dari sekolah nya tersebut dapat tercapai dan sesuai dengan rencana.

    jadi dapat saya simpulkan bahwa sebagai mahasiswa MPI kita perlu mempelajari mata kuliah PPSB, karena kita sebagai calon manajer dalam dunia pendidikan setidaknya dapat mengetahui cara untuk mengembangkan suatu PSB yang ada disekolah.

  30. nama : imam santoso
    nim : 14290047
    prodi : Mpi 2014
    jawaban
    1.karena Dasar penggunaan sumber belajar itu cara kita memakai ,menjaga,menyampaikan,mengelola sarana psb dengan baik bila penggunaan sarana psb sesuai prosedur maka pengembangan psb akan berjalan dgn lancar,efektif.siswa akan nyaman dan guru pun menyampaikan materi dengan baik,serta sarana peningkatan kualitas psb yang menyenangkan menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpatisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

    2. ppsb mengajarkan kita bagaimana penerapan pusat sumber belajar dalam dunia pendidikan dan cara pengembangannya dalam dunia pendidikan tersebut . misalnya fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan. sehingga pusat sumber belajar merupakan suatu institusi unit kerja yang menyimpan koleksi bahan pustaka secara sistematis dan mengelolanya dengan cara khusus sebagai sumber informasi dan dapat digunakan oleh pemakainya.
    karena juga lulusan prodi mpi itu akan berada di dalam struktur pengelolan tata usaha sekolah,ppsb juga mengajarkan kita dalam proses pengolahan data,informasi, memeriksa,menambahakan bahan perlengkapan psb didalam sekolah misal: ruang laboratorium,perpustakan, ruang komputer/internet, ruang akademik center.jadi sangat penting sekali bagi prodi mpi mempelajari ppsb di semester 3 ini, kita sudah tau apa-apa saja yang di butuh kan psb di sekolah dengan perkembangan zaman yang semakin modern,dalam proses mengelola,menjaga psb dgn baik dengan menempatkan pegawai supaya tidak terbengkalai dengan memberikan perlengkapan /fasilitas yang memadai,guru yang profesional dalam bidangnya guna siswa mencapai belajar yang efektif,tenang dan nyaman.

  31. Nama : Leo Agusman
    NIM : 14290056
    Prodi: Manajemen pendidikan islam
    MK: Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    1. Karena pusat sumber belajar merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas, lingkungan, tujuan, dan proses. Umum nya pusat sumber belajar berisi komponen seperti perpustakaan, pelayanan audiovisual, peralatan, produksi dan tempat pengembangan belajar lainnya. Dengan segala sumber dan bahan pembelajaran, segala macam audiovisual, segala macam tipe personel yang ada didalam pusat sumber belajar, dimaksudkan untuk membantu mewujudkan pengembangan pusat sumber belajar, seperti membantu efektifitas dan efesiensi interaksi siswa dan pengajar dalam proses pembelajaran.
    2. Sebgai mahasiswa manajemen pendidikan islam yang mempunyai basis ke pendidikan dan belajar bagaimana cara mengatur pendidikan agar pendidikan berjalan dengan baik, dan manajemen pendidikan islam juga tidak terlepas dari pusat sumber belajar yang ada di dunia pekerjaan nanti nya, pengembangan pusat sumber belajar menjadi sangat penting karena dengan pengembangan pusat sumber belajar mahasiswa mampu mendayagunakan sumber-sumber belajar yang di rancang dan mampu mengembangkan pusat sumber belajar yang ada nanti nya.

  32. Nama : muhammad rendy dwi cahya
    Nim : 14290073

    Jawaban
    1. Karena ada tiga dasar yang sangat penting di pahami dalam psb.
    1). Landasan filosofis, landasan ini sangat penting untuk pemahaman belajar peserta didik sesuai karakternya karena di dalam psb banyak sumber” belajar dan tidak semua peserta didik dapat memahami dengan cara yang sama. ada yang biasa paham ketika di jelaskan, ada yang paham ketika membaca buku dulu.
    2). Landasan psikologi, landasan ini sangat penting untuk peserta didik dapat memahami pembelajaran sesusuai kecendrungan psikologi peserta didik masing-masing dengan cara-cara yang beragam agar dapat belajar secara efektif.
    3). Landasan sosiolgi, landasan ini sangat penting untuk meningkatkan peserta didik dalam berinteraksi dengan sesama peserta didik, pendidik dan masyarakat.

    2. Karena jurusan mpi ini belajar menjadi seorang leader yang akan mengatur dan mengola.
    Dan tentunya di dalam pusat sumber belajar ada tiga hal yang harus di perhatikan dalam pengolahan PSB yaitu:
    1). Manajemen
    2). Desentralisasi
    3). Kontrol dan standart
    Dari ketiga hal tersebut dapat kita lihat bahwa manajemen termasuk penting dalam psb.
    Dimana manajemen ini ada 3 aspek yang paling menentukan yaitu:
    a. Layanan(service) merupakan kegiatan atau serangkaian kegiatan yang berlangsung dalam interaksi. Pelayanan yang baik sangat menunjang juga kenyamanan bagi peserta didik.
    b. Pemimpin (leadersip) merupakan pemegang kekuasaan dalam struktur organisasi. Dari pelayanan di atas akan sia-sia bila tidak di tangani oleh manajemen yang baik.
    c. Struktur administrasi . di perlukan juga tenaga administrasi yang memberikan cara-cara untuk mencapai tujuan dan memprioritaskan progam psb dapat tercapai dengan baik.
    Jadi jurusan MPI dalam pembelajaran PPSB agar dapat memberikan leader” yang baik dalam mengelola PSB.

  33. Nama : imro atus sholehah
    Nim : 14290048
    Kelas : MPI B
    Mk : pengembangan pusat sumber belajar
    Jawaban
    1. Karena pengembangan PSB pada pendidikan,
    maka PSB bermanfaat antara a) memperluas
    dan meningkatkan kesempatan belajar b)
    melayani kebutuhan pengembangan informasi
    bagi masyarakat c). Mengembangkan kreativitas
    dan produktivitas tenaga pendidik dan
    kependidikan d). Meningkatkan keefektivitasan
    dan efesien proses pembelajaran, baik secara
    individu maupun kelompok
    2. Karena mata kuliyah PPSB ini mempunyai
    rangsangan atau informasi oleh seorang maha
    siswa, karena juga gerakan pertumbuhan P
    SB secara historis merupakan suatu kemajuan yang
    bersifat gradual tetapi direncanakan dari
    bentuk yang pertama. Maka dari itu PPSB ini
    sangat diperlukan untuk jurusan manajemen
    pendidikan islam, karena MPI ini membutuhkan
    sebuah plaining disitulah dibutuhkan PPSB
    dalam manajemen dan MPI itu terjun langsung
    ke perpustakaan, perpustakaan merupakan
    wahana memberikan fasilitas atau kemudahan
    pada proses pembelajaran dan perpus juga
    dinamakan pusat sumber belajar

  34. Nama : imro atus sholehah
    Nim : 14290048
    Kelas : MPI B
    Mk : pengembangan pusat sumber belajar
    Jawaban
    1. Karena pengembangan PSB pada pendidikan,
    maka PSB bermanfaat antara a) memperluas
    dan meningkatkan kesempatan belajar b)
    melayani kebutuhan pengembangan informasi
    bagi masyarakat c). Mengembangkan kreativitas
    dan produktivitas tenaga pendidik dan
    kependidikan d). Meningkatkan keefektivitasan
    dan efesien proses pembelajaran, baik secara
    individu maupun kelompok
    2. Karena mata kuliyah PPSB ini mempunyai
    rangsangan atau informasi oleh seorang maha
    siswa, karena juga gerakan pertumbuhan PSB
    secara historis merupakan suatu kemajuan yang
    bersifat gradual tetapi direncanakan dari
    bentuk yang pertama. Maka dari itu PPSB ini
    sangat diperlukan untuk jurusan manajemen
    pendidikan islam, karena MPI ini membutuhkan
    sebuah plaining disitulah dibutuhkan PPSB
    dalam manajemen dan MPI itu terjun langsung
    ke perpustakaan, perpustakaan merupakan
    wahana memberikan fasilitas atau kemudahan
    pada proses pembelajaran dan perpus juga
    dinamakan pusat sumber belajar

  35. Nama : muhammad rendy dwi cahya
    Nim : 14290073

    Jawaban
    1. Karena ada tiga dasar yang sangat penting di pahami dalam psb.
    1). Landasan filosofis, landasan ini sangat penting untuk pemahaman belajar peserta didik sesuai karakternya karena di dalam psb banyak sumber” belajar dan tidak semua peserta didik dapat memahami dengan cara yang sama. ada yang biasa paham ketika di jelaskan, ada yang paham ketika membaca buku dulu.
    2). Landasan psikologi, landasan ini sangat penting untuk peserta didik dapat memahami pembelajaran sesusuai kecendrungan psikologi peserta didik masing-masing dengan cara-cara yang beragam agar dapat belajar secara efektif.
    3). Landasan sosiolgi, landasan ini sangat penting untuk meningkatkan peserta didik dalam berinteraksi dengan sesama peserta didik, pendidik dan masyarakat.

    2. Karena jurusan mpi ini belajar menjadi seorang leader yang akan mengatur dan mengola.
    Dan tentunya di dalam pusat sumber belajar ada tiga hal yang harus di perhatikan dalam pengolahan PSB yaitu:
    1). Manajemen
    2). Desentralisasi
    3). Kontrol dan standart
    Dari ketiga hal tersebut dapat di lihat bahwa manajemen termasuk penting dalam psb.
    Dimana manajemen ini ada 3 aspek yang paling menentukan yaitu:
    a. Layanan(service) merupakan kegiatan atau serangkaian kegiatan yang berlangsung dalam interaksi. Pelayanan yang baik sangat menunjang juga kenyamanan bagi peserta didik.
    b. Pemimpin (leadersip) merupakan pemegang kekuasaan dalam struktur organisasi. Dari pelayanan di atas akan sia-sia bila tidak di tangani oleh manajemen yang baik.
    c. Struktur administrasi . di perlukan juga tenaga administrasi yang memberikan cara-cara untuk mencapai tujuan dan memprioritaskan progam psb dapat tercapai dengan baik.
    Jadi jurusan MPI dalam pembelajaran PPSB agar dapat memberikan leader” yang baik dalam mengelola PPSB.

  36. Nama : imro atus sholehah
    Nim : 14290048
    Kelas : MPI B Mk :

    pengembangan pusat sumber belajar Jawaban 1. Karena pengembangan PSB pada pendidikan, maka PSB bermanfaat antara a) memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar b) melayani kebutuhan pengembangan informasi bagi masyarakat c). Mengembangkan kreativitas dan produktivitas tenaga pendidik dan kependidikan d). Meningkatkan keefektivitasan dan efesien proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok 2. Karena mata kuliyah PPSB ini mempunyai rangsangan atau informasi oleh seorang maha siswa, karena juga gerakan pertumbuhan PSB secara historis merupakan suatu kemajuan yang bersifat gradual tetapi direncanakan dari bentuk yang pertama. Maka dari itu PPSB ini sangat diperlukan untuk jurusan manajemen pendidikan islam, karena MPI ini membutuhkan sebuah plaining disitulah dibutuhkan PPSB dalam manajemen dan MPI itu terjun langsung ke perpustakaan, perpustakaan merupakan wahana memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran dan perpus juga dinamakan pusat sumber belajar

  37. Nama : imro atus sholehah Nim : 14290048 Kelas : MPI B Mk : pengembangan pusat sumber belajar Jawaban 1. Karena pengembangan PSB pada pendidikan, maka PSB bermanfaat antara a) memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar b) melayani kebutuhan pengembangan informasi bagi masyarakat c). Mengembangkan kreativitas dan produktivitas tenaga pendidik dan kependidikan d). Meningkatkan keefektivitasan dan efesien proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok 2. Karena mata kuliyah PPSB ini mempunyai rangsangan atau informasi oleh seorang maha siswa, karena juga gerakan pertumbuhan PSB secara historis merupakan suatu kemajuan yang bersifat gradual tetapi direncanakan dari bentuk yang pertama. Maka dari itu PPSB ini sangat diperlukan untuk jurusan manajemen pendidikan islam, karena MPI ini membutuhkan sebuah plaining disitulah dibutuhkan PPSB dalam manajemen dan MPI itu terjun langsung ke perpustakaan, perpustakaan merupakan wahana memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran dan perpus juga dinamakan pusat sumber belajar

  38. Nama : M.Irfan Pramudya
    Nim : 14290072
    Mata Kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar
    Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
    Jawaban :
    1.Karena Pusat Sumber Belajar (PSB) adalah unit khusus yang didirikan untuk memberikan layanan fasilitas belajar dan pembelajaran bagi seluruh warga sekolah, baik guru, siswa, maupun tenaga kependidikan lainnya Lembaga pendidikan yang memiliki PSB dan mengelolanya dengan benar akan melahirkan manfaat yang lebih dalam proses belajar pembelajaran salah satunya adalah peningkatan produktivitas pendidikan. Dengan memiliki PSB yang baik maka warga sekolah dapat terus belajar melalui pengetahuan yang terus berkembang. Dan juga dengan adanya PSB dapat mempermudah siswa untuk menjalankan kewajibannya sebagai siswa serta menambah wawasan pengetahuannya.
    2. karena bagi seorang mehasiswa Manajemen Pendidikan itu mereka kedepannya akan menjadi pengurus atau pengatur dalam proses pendidikan yang akan menentukan jalannya sebuah pendidikan. jadi dengan adanya PSB maka seorang mahasiswa tersebut dapat mengetahui apa saja yang dapat membantu agar proses belajar itu dapat belajar dengan baik serta mereka juga dapat mengetahui fasilitas apa yang dapat mendukung untuk belajar siswa agar produktivitas pengetahuan siswa itu dapat bertambah luas sehingga apa yang diharapkan oleh guru dan siswa itu tercapai dengan hasil nilai yang memuaskan.

  39. Nama : Hundori
    Nim : 14290044
    Prodi :Manajemen Pendidikan Islam
    Mata kuliah : Pusat Pengembangan Sumber Belajar
    1. karena PSB merupakan tempat berbagai sumber belajar yang diterapkan dan dikembangkan, dikelola dan digunakan untuk membantu meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar yang melibatkan baik peserta didik maupun pendidik.
    2. karena,dalam manajemen penddidikan islam kami sebagai mahasiswa mpi sangat membutuhkan pelajaran perkembangan pusat sumber belajar untuk mengetahui apa saja perkembangan-perkembangan sumber belajar yang ada di indonesia ini dengan mengetahui fungsi dan tujuan perkembangan pusat sumber belajar secara jelas.

  40. NAMA : KGS AHMAD JUNAIDI
    NIM : 14290054
    PRODI: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATAKULIAH : PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR

    . JAWAB

    1 ) Pada dasarnya pendidikan di indonesia memiliki perkembangan dalam sistem dan proses belajar yang telah berkembang pesat sesuai dengan kemajuan eraglobalisasi. Guru memiliki peranan penting dalam penggunaan dan mengarahkan siswa menggunakan pusat-pusat sumber belajar sesuai dengan kebutuhan ilmu pada mereka. Jadi pusat sember berlajar memiliki peranan penting dalam memfasilitasi dalam proses pembelajaran agar terbentuk ny proses belajar yang baik dalam Pusat sumber belajar yang ada di dalam Lembaga-Lembaga pendidikan.

    2 ) mahasiswa Manajemen pendidikan islam sangat penting mempelajari bagaimana pengembangan dan penggunaan Pusat sumber belajar karna pada dasarnya mahasiswa manajemen pendidikan islam akan terjun langsung dalam mengatur perkembangan pusat sumber belajar sesuai dengan kurikulum pendidikan yang ada di indonesia, bagi saya sangat penting mempelajari Pusat sumber Belajar untuk membantu perkembangan pendidikan yang ada pada saat ini bahkan perkembangan untuk masa yang akan datang sesuai dengan kemajuan teknologi.

    • Nama : M. Wahyu Santoso
      Nim : 14290074
      Prodi : MPI
      MK : PPSB

      1.Karena , dasar penggunaan psb berfungsi untuk Memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar, Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat belajar, baik secara individu maupun kelompok, Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran, Mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran,Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pembelajaran, Melaksanakan latihan bagi para tenaga mengenai pengembangan sistem pembelajaran dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran, Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar, Menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan. Bertjuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar .mengajar melalui
      pengembangan sistem pembelajaran.

      2.mahasiwa manajemen pendidikan islam sangat perlu untuk mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar, karena didalam pusat sumber belajar kita diajarkan tentang mengembangkan sumber belajar yang efektif. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.

      NB : maaf ya buk kalo telat , soal nya wahyu gak online lagi , trus temen-temen gak ada yang ngasih tau

    • NAMA : M. WAHYU SANTOSO
      NIM : 14290074
      PRODI: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
      MATAKULIAH : PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR

      1.Karena , dasar penggunaan psb berfungsi untuk Memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar, Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat belajar, baik secara individu maupun kelompok, Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran, Mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran,Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pembelajaran, Melaksanakan latihan bagi para tenaga mengenai pengembangan sistem pembelajaran dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran, Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar, Menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan. Bertjuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar .mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran.

      2.mahasiwa manajemen pendidikan islam sangat perlu untuk mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar, karena didalam pusat sumber belajar kita diajarkan tentang mengembangkan sumber belajar yang efektif. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.

  41. Nama : M. Wahyu Santoso
    Nim : 14290074
    Prodi : MPI
    MK : Pengembangan Pusat Sumber Belajar

    1.Karena , dasar penggunaan psb berfungsi untuk Memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar, Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat belajar, baik secara individu maupun kelompok, Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran, Mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran,Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pembelajaran, Melaksanakan latihan bagi para tenaga mengenai pengembangan sistem pembelajaran dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran, Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar, Menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan. Bertjuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar .mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran.

    2.mahasiwa manajemen pendidikan islam sangat perlu untuk mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar, karena didalam pusat sumber belajar kita diajarkan tentang mengembangkan sumber belajar yang efektif. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.

    NB : Maaf ya Buk kalo telat , soal nya Wahyu gak tau kalo jawaba wahyu belum masuk .

  42. NAMA : M. WAHYU SANTOSO
    NIM : 14290074
    PRODI: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
    MATAKULIAH : PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR

    1.Karena , dasar penggunaan psb berfungsi untuk Memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar, Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat belajar, baik secara individu maupun kelompok, Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran, Mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran,Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pembelajaran, Melaksanakan latihan bagi para tenaga mengenai pengembangan sistem pembelajaran dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran, Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar, Menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan. Bertjuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar .mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran.

    2.mahasiwa manajemen pendidikan islam sangat perlu untuk mempelajari mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar, karena didalam pusat sumber belajar kita diajarkan tentang mengembangkan sumber belajar yang efektif. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.

  43. Nama : nur hasani
    Nim : 14290082
    Program studi : manajemen pendidikan islam
    mata kuliah pengembangan pusat sumber belajar
    1. karena dalam pusat sumber belajar terdapat komponen yang berfungsi untuk memberikan kemudahan peserta didik dalam belajar dan pengembangan penggunaan pusat sumber belajar akan optimal apabila dasar-dasar pendaygunaan dalam pusat sumber belajar berjalan dengan baik.

    2.Dalam manajemen pendidikan islam kami diharapkan dapat mengatur suatu lembaga yang menjadi pusat sumber belajar. Dengan mempelajari PPSB kami dapat mengarahkan dan mengkoordinir suatu lembaga agar menjadi efektif dan efesien. sehingga pada saat kami terjun di lembaga tersebut, kami sudah dapat mengembangkan PSB menjadi lembaga yang dapat mengatur dan memecahkan masalah yang ada dalam sistem pendidkan.

  44. NAMA: M.ROSADI(14290062) KELAS: MPI B JAWABAN : 1. Karena Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan dan proses. Secara umum PSB berisi komponen-komponen perpustakaan, pelayanan audio-visual, peralatan dan produksi, tempat berlatih mengembangkan kegiatan program instruksional dan tempat mengembangkan alat-alat bantu dalam pengembangan sistem instruksional. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.
    Kegiatan pembelajaran di rancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses menta dan fisik melui interaksi antara peserta didik, pesrta didik dengan guru lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka kopetensi dasar.
    Menurut pasal 19, peraturan pemerintahan no. 19 tahun 2005 tentang standart nasional pendidikan, prose pembelajaran pada satuan pendidikan di selenggrakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang dan memotivasi pesrta didik untuk berpatisipasi aktif, seta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk mewujudkan strategi pembelajaran tersebut perlu dukungan sumber belajar fasilitas pemmbelajaran yang memadai, jadi penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan PSB.
    2. Karena PSB Sebagai Sitem Penunjang Dalam Pencapaian Tujuan/ kompetensi dan peningkatan kualitas pembelajaranTipe PSB yang akan di kembangkan di stuan pendidkan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pada masing-masing. Apabila satuan pendidikan secara sengaja akan membangun mengembangkan dalam bentuk model terpusat (sentralistik) dengan kelengkapan ruangan,SDM, program dan peralatan penunjangnya. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran melalui Pemanfaatan berbagai sumber belajar secara maksimal dan melembaga.
    adapun pun tujuan umumnya untuk meningkatkan efektifitas dan efisien kegiatan dalam proses belajar kemudian tujuan khususnya untuk mendorong penggunaan cara – cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan.

  45. NAMA:M.ROSADI NIM :(14290062) JAWABAN .1. Karena Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan dan proses. Secara umum PSB berisi komponen-komponen perpustakaan, pelayanan audio-visual, peralatan dan produksi, tempat berlatih mengembangkan kegiatan program instruksional dan tempat mengembangkan alat-alat bantu dalam pengembangan sistem instruksional. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.
    Kegiatan pembelajaran di rancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses menta dan fisik melui interaksi antara peserta didik, pesrta didik dengan guru lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka kopetensi dasar.
    Menurut pasal 19, peraturan pemerintahan no. 19 tahun 2005 tentang standart nasional pendidikan, prose pembelajaran pada satuan pendidikan di selenggrakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang dan memotivasi pesrta didik untuk berpatisipasi aktif, seta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk mewujudkan strategi pembelajaran tersebut perlu dukungan sumber belajar fasilitas pemmbelajaran yang memadai, jadi penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan PSB.
    2. Karena PSB Sebagai Sitem Penunjang Dalam Pencapaian Tujuan/ kompetensi dan peningkatan kualitas pembelajaranTipe PSB yang akan di kembangkan di stuan pendidkan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pada masing-masing. Apabila satuan pendidikan secara sengaja akan membangun mengembangkan dalam bentuk model terpusat (sentralistik) dengan kelengkapan ruangan,SDM, program dan peralatan penunjangnya. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran melalui Pemanfaatan berbagai sumber belajar secara maksimal dan melembaga.
    adapun pun tujuan umumnya untuk meningkatkan efektifitas dan efisien kegiatan dalam proses belajar kemudian tujuan khususnya untuk mendorong penggunaan cara – cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan.

  46. Nama : M rosadi
    NIM : 14290062
    MK : PPSB
    Jurusan : MPI B
    1. Karena Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan dan proses. Secara umum PSB berisi komponen-komponen perpustakaan, pelayanan audio-visual, peralatan dan produksi, tempat berlatih mengembangkan kegiatan program instruksional dan tempat mengembangkan alat-alat bantu dalam pengembangan sistem instruksional. PSB juga merupakan tempat bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia pendidikan terpadu yang terdiri atas unsur-unsur perpustakaan, workshop, audio-visual dan laboratorium.
    Kegiatan pembelajaran di rancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses menta dan fisik melui interaksi antara peserta didik, pesrta didik dengan guru lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka kopetensi dasar.
    Menurut pasal 19, peraturan pemerintahan no. 19 tahun 2005 tentang standart nasional pendidikan, prose pembelajaran pada satuan pendidikan di selenggrakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang dan memotivasi pesrta didik untuk berpatisipasi aktif, seta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk mewujudkan strategi pembelajaran tersebut perlu dukungan sumber belajar fasilitas pemmbelajaran yang memadai, jadi penggunaan pusat sumber belajar itu penting dalam pengembangan PSB.
    2. Karena PSB Sebagai Sitem Penunjang Dalam Pencapaian Tujuan/ kompetensi dan peningkatan kualitas pembelajaranTipe PSB yang akan di kembangkan di stuan pendidkan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pada masing-masing. Apabila satuan pendidikan secara sengaja akan membangun mengembangkan dalam bentuk model terpusat (sentralistik) dengan kelengkapan ruangan,SDM, program dan peralatan penunjangnya. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran melalui Pemanfaatan berbagai sumber belajar secara maksimal dan melembaga.
    adapun pun tujuan umumnya untuk meningkatkan efektifitas dan efisien kegiatan dalam proses belajar kemudian tujuan khususnya untuk mendorong penggunaan cara – cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan.

  47. nama : melisa destiane putri
    kelas : mpi b
    nim : 14290067
    mk : ppsb

    1. karena dasar-dasar psb mempunyai nhubungan dengan ppsb . sebelumnya pengembangan itu kan artimnya cara yang dilakukan agar pusat sumber belajar itu lebih baik , maju dan berkembang. dengan adanya dasar-dasar psb dalam ppsb , diharapkasn pengembangan pusat sumber belajar itu dapat berjalan dengan lebih baik lagi . seperti dasar filospfis dasar ini membahas tentang berpikir seseorang secara rasional ,m setiap pemikiran orang kan berbeda-beda dengan adanya dasar filosofis dalam ppsb individu dapat mengembangkan lebih baik lagi pemikirannya secar rasional, kemudian dasar psikologis dasar ini membahas prilaku seseorang , disekolah misalnya terdapat banyak iondividu dengan prilaku yang berbeda-beda dengan adanya dasar psikologis disekolah kita dapat memahami dan belajar dari prilaku yang berbeda tersebut. dan lebih mengembangkan prilaku yang lebih baik lagi. selanjutny dasar sosiologis , sosiologis itu ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan dalam pusat sumber belajar itu kan terdaopat cakuopan yang sangat besar dan kita tidak mungking hidup sendiri-sendiri tentunya kita butuh orang lain kita juga harus bermasyarakat atau bersosialisasi dan berintraksi dengan orang lain. dan juga psb seperti sekolah itu kan dibangun berdampingan dengan pemukiman masyarakat diharapkan antara masyarakt dalam lingkungan sekolah dan masyarakat luar sekolah dapat saling bersosialisasi juga saling toleransi dan menghrgai . dan dalam ppsb ketiga dasar tersebut penting tentunya kAREna didlam pemikiraan individu memiliki cara berpikir yang berbeda, prilaku yang berbeda, dan kehidupan sosila berbeda dengan adanya ketiga dasar ini dalam ppsb diharapkan dapat berjalan atau berkembang lebih baik.

    2. karena kami sebagai mahasiswa mpi nantinya akan berda langsung kedalm lingkungan pusat sumber belajar yaitu sekolah. dengan adanya mk ppsb kami belajar bagaiman nantinya mempelajari dan mengelola pusat sumber yang ada itu agar menjadi lebih baik lagi. dan kami sebagi mahasiswa mpi tidak hanya belajar manajemen saja tetapi kami juga hareus bisa menguasai ilmu-ilmu yang lainnya , salah satunya mata kuliah pusat sumber belajar dimna kami harus mengelola sekolah nantinya, harus tahu sistem instruksional sekolah, mmepelajari prilaku, dan lingkungan yang ada disekoalh. jadi mk ppsb ini sangat membantu sekali.

  48. Nama : Meri Gamal Sap
    Nim. : 14290068
    Kelas. : MPI B
    Mk. : PPSB

    Jawaban:

    1. Karena untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar dan membantu pengajaran dalam mengembagkan pengalam-pengalaman belajar yang meningkatkan partisifasi aktif siswa didalam proses belajar mengajar.

    2. Karena dalam manajemen pendidikan islam mencakup proses kependidikan sehingga diperlukan untuk mempelajari PPSB,karena PPSB sendiri mempunyai peranan yang penting untuk perencanaan proses belajar mengajar, pelatihan tenaga kerja, perencanaan program, pilihan program pembelajaran sehingga dapat membantu dalam manajemen pendidikan islam.

  49. nama : meri gamal sap
    nim : 14290068
    kelas : MPI B
    MK : PPSB

    JAWABAN:

    1. Karenauntuk meningkatkan efektifitas dan efisinsi proses belajar mengajar dan membantu pengajara dalam mengembangkan pengalaman- pengalaman belajar yang meningkatkan partisipasi aktif siswa didalam proses belajar mengajar.

    2. karena manajemen pndidikan islam banyak mencakup proses kependidikan sehinga siperluka utuk mempelajari PPSB,Karena PPSB itu sndiri mempunyai peranan yang penting untuk perencanaan proses belajar mengajar,pelatiha tenaga kerja, perencanaan program, pilihan program pembelajaran sehingga dapat membantu dalam manajemen pendidikan islam.

  50. nama: Nicolas Rama Dona Al barokah
    nim: 14290078
    program studi: manajemen pendidikan islam
    mata kuliah: pengembangan pusat sumber belajar,
    jawab
    1. mengapa dasar penggunaan psb itu penting dalam pengembangan psb? (1). dasar filosofis ini sangat penting dalam pengembangan psb karena filosofis dapat mempelajari penelitian-penelitian jd pengembangan penelitian ini sangat penting bagi siswa, (2). dasar psikologis ini sangat penting dalam pengembangan psb karna psikologis ini dapat merubah tingkah laku dalam lingkungan, (3). dasar sosiologis ini sangat penting dalam psb karena dapat mempengaruhi siswa dalam berinteraksi
    2. mengapa mahasiswa mpi perlu mempelajari mata kuliah ppsb? jelas karna mahasiswa mpi adalah calon manajer atu pengelola dengan mempelajari mata kuliah ppsb ini mahasiswa mpi dapat menganalisis, mengelolah, dan dapat melaporkan hasil belajar yang baik, dan juga dapat mengembangkan kepribadian mahasiswa karna untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

What do you think a bout

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s