Soal UTS Kelas 3A Universitas PGRI Palembang


SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

 MATA KULIAH PROFESI DAN ETIKA KEGURUAN

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PRODI PG-PAUD PALEMBANG

 

Program Studi : Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan
SKS : 2 SKS
Semester : 1 (Gazal)
Dosen Pengampu : Fitwi Luthfiyah, S.Pd.I., M.Pd.

 

Ketentuan mengerjakan soal:

  1. Tulislah Nama, NIM, Program studi, Mata Kuliah pada lembar jawaban Anda!
  2. Tidak diperkenankan kerjasama. Jika terbukti maka nilai akan dibagi.
  3. Waktu mengerjakan pukul 12:00 – 23:59 wib

Soal:

Menurut konsep BNSP ada 4 (empat) standar kompetensi pendidik PAUD, yaitu: (1) Kompetensi pedagogik, (2). Kompetensi kepribadian, (3). Kompetensi sosial, dan (4). Kompetensi profesional.

  1. Jelaskan mengapa Anda sebagai calon pendidik AUD harus memiliki keempat standar kompetensi tersebut?!
  2. Jelaskan permasahalan apa yang akan terjadi jika Anda tidak memiliki 4 (empat) kompetensi tersebut?!

 

 

“Selamat Mengerjakan”

40 thoughts on “Soal UTS Kelas 3A Universitas PGRI Palembang

  1. Nama : TRI INDRIANI
    NIM : 2014.142.012
    Program Studi : PG- PAUD
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan

    Jawaban :
    1.Sebagai calon pendidik anak usia dini harus memiliki standar kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional karena :
    a.Sebagai pendidik anak usia dini harus memiliki kompetensi pedagogik untuk memahami perkembangan peserta didik dalam pelaksaan proses pembelajaran serta mengevaluasi hasil belajar anak.
    b.Sebagai pendidik anak usia dini harus memiliki kompetensi kepribadian untuk menjadi teladan yang baik bagi anak dalam bersikap, bertindak dan mengambil keputusan yang sesuai dengan norma dan tuntutan masyarakat.
    c.Sebagai pendidik anak usia dini harus memiliki kompetensi sosial untuk berkomunikasi dan bergaul dengan pendidik, sesama pendidik, masyarakat sekitar dan orangtua/ wali dari pendidik.
    d.Sebagai pendidik anak usia dini harus memiliki kompetensi professional untuk menguasai bidang keilmuan yang digelutinya dan memahami materi ajar yang akan disampaikan kepada anak agar dapat membimbing anak untuk mengembangakan seluruh potensi yang ada di dalam diri anak.

    2.Permasalah yang akan terjadi jika seorang pendidik tidak mengusai empat kompetensi tersebut adalah:
    a.Pendidik tersebut tidak dapat memaksimalakan proses pembelajaran sehingga anak tidak mendapatkan rangsangan pendidikan yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.
    b.Pendidik tidak dapat menjadi teladan yang baik bagi anak sehingga anak/ peserta didik akan memiliki prilaku yang tidak sesuai dengan norma dan tuntutan masyarakat.
    c.Pendidik akan sulit untuk berkomunikasi dan bergaul dengan anak/ peserta didik, tenaga pendidik lain, masyarakat sekitar dan orangtua/ wali dari peserta didik sehingga sosilisasi dan komunikasi tidak akan terjalin dengan baik.
    d.Pendidik tidak dapat memberikan materi pembelajaran yang baik dan berkualitas kepada anak/ peserta didik sehingga didik tidak dapat disebut sebagai pendidik yang professional.

  2. Alia Sakinah / 2014 142 028 / PG-PAUD / Profesi Dan Etika Keguruan
    1. Sebagai calon pendidik AUD harus memiliki keempat standar kompetensi karena agar saat menjadi pendidik nanti dapat menjalankan kewajiban dan tanggung jawab secara baik dengan mengacu pada keempat kompetensi tersebut, agar dapat menjadi seorang pendidik yang profesional dan displin, dan kita sebagai pendidik dapat menciptakan peserta didik yang berkualitas.
    2. Jika tidak memiliki keempat kompetensi tersebut maka permasalahan yang akan didapatkan adalah sebagai pendidik akan kesulitan dalam melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya karena tidak memiliki acuan yang benar sebagai pendidik, dan pendidik tersebut tidak akan displin dan akan mendapatkan sanksi.

  3. NAMA : CHENDITYA
    NIM : 2014.142.027
    PRODI: PG-PAUD
    MATA KULIAH : PROFESI DAN ETIKA KEGURUAN

    JAWABAN :
    1. Karena sebagai guru atau calon pendidik merupakan sebuah perangkat,pengetahuan,keterampilan,dan perilaku yang harus dimiliki,dihayati,dikuasai,dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Dan ke empat kompetensi tersebut,kompetensi kepribadian,pedagogik,profesional,sosial harus dikuasai oleh guru atau calon pendidik karena ke empat kompetensi ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini untuk kedepan nya agar membentuk anak yang mencerminkan keperibadian yang mulia,berkualitas, perpengetahuan yang luas, dan yang berkarakter baik untuk dirinya sendiri dan bangsa, dengan adanya kompetensi ini maka kita sebagai calon pendidik harus mampu meningkatkan seluru aspek di dalamnya.kompetensi tersebut tidak bisa dipisahkan agar mencapai pencapaian pengajaran yang oktimal bagi pendidik untuk AUD. ke empat Kompetensi tersebut telah tercantum dalam UU Guru dan Dosen no 14 Tahun 2015 dan peraturan pemerintahan no 14 Tahun 2015.

    2. jika kompetensi pedagogik,keperibadian,propesional,sosial tidak terpenuhi secara menyeluruh maka permaslahan yang akan muncul adalah perkembangan dan pertumbuhan Aud tidak oktimal,dan bisa saja perkembangan ke empat aspek tersebut akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan anak jika salah satu tidak terpenuhi. Dan kita sebagai calon pendidik jika tidak bisa memberikan ke empat aspek tersebut maka bisa dikatakan pendidik tidak profesional dalam tanggungjawab ny untuk memberikan stimulasi dalam empat aspek tersebut, dan jika ke empat aspek ini tidak terpenuhi maka bisa dikatakan pendidik gagal dalam pengajaran dan tugasnya. Dan ini dapat membentuk atau menciptakan generasi yg kurang berkualitas di masa depan.

  4. Nama : patimah
    NIM : 2014.142.002
    Program studi : PG PAUD / 3A
    Mata Kuliah : PROFESI DAN ETIKA KEGURUAN
    Menurut konsep BNSP ada 4 (empat) standar kompetensi pendidik PAUD, yaitu: (1) Kompetensi pedagogik, (2). Kompetensi kepribadian, (3). Kompetensi sosial, dan (4). Kompetensi profesional.
    1. Jelaskan mengapa Anda sebagai calon pendidik AUD harus memiliki keempat standar kompetensi tersebut?!
    2. Jelaskan permasahalan apa yang akan terjadi jika Anda tidak memiliki 4 (empat) kompetensi tersebut?!
    JAWAB
    1. Dengan steandar komptensi tersebut maka pendidik dapat melaksanakan kewajibanya selaku pedidik. Kewajian pendidik yang tertuang dalam UU No.20 tahun 2003 pasal 40 ayat 2 yaitu:
    a. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis
    b. Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan
    c. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.
    2.permasalahan yang akan terjadi jika tidak kita selaku pendidik memiliki 4 kompetensi yaitu:
    a. tidak dapat menguasain keadaan kelas
    b. materi yang disampaikan tidak akan sampai kepada peserta didik.
    c. proses belajar mengajar akan menjadi membosankan
    d. tidak tercapainya pengembangan aspek2 perkembangan pada anak
    e. menurunya mutu pendidikan yang dihasilkan
    f. hilangnya wibawa seorang pendidik, karena peserta tidak akan mendengarkan atau mengikuti perintah dari pendidik.

  5. Nama: Tri andayani
    Nim: 2014 142 008
    Prodi : pg paud
    M.K: profesi dan etika keguruan

    1. Agar kita sebagai calon guru bisa dikatakan guru yang profesional dan agar kita sebagai calon guru bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Seorang guru yang sudah mendapatkan sertifikasi ini artinya mereka sudah lulus sebagai seorang guru yang profesional, tentunya dari keempat standar kompetensi guru tersebut harus selalu dilaksanakan didalam keseharian dalam melaksanakan tugas nya.

    2.Setiap guru harus memiliki standar kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya. Apabila guru tidak memiliki standar kompetensi otomatis dalam pelaksanaan tugasnya guru tersebut tidak berprofesional. Dan guru tersebut kurang dalam hal pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai dan prilaku yang harus dimiliki dihayati dan dikuasai oleh guru dalam tugas keprofesionalnya. Kompetensi yang dimiliki guru akan menujukan kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru.

  6. Nama : Meta Sari Diana
    NIM : 2014.142.022
    Prodi/ Kelas : PG-PAUD /3.A

    1. Karena, empat kompetensi tersebut adalah sebuah tolak ukur agar menjadi seorang tenaga pendidik yang baik. Sebagai tenaga pendidik khususnya tenaga pendidik pada AUD empat kompetensi tersebut akan berpengaruh pada kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya dalam mendidik dan mengajar anak. Baik itu cara kerja/penguasaan materi saat mengajar, kepribadian yang baik, dapat bersosialisasi dengan ruang lingkup sekolah baik itu sesama rekan kerja maupun dengan peserta didik, dan keprofesionalannya mengemban tugasnya sebagai seorang guru. Semuanya harus dimiliki dan jika ada salah satu yang tidak terpenuhi maka guru tersebut belum dapat dikatakan guru yang baik.
    2. Masalah yang akan dihadapi guru akan di cap sebagai guru yang gagal mengemban tugas, kita akan kesulitan melaksanakan tugas jika tidak memiliki kompetensi tersebut karena kompetensi-kompetensi tersebut sangat berpengaruh pada kinerja seorang guru.

  7. Nama: tri andayani
    Nim: 2014 142 008
    Prodi: pg paud
    M.k: profesi dan etika keguruan

    1.Agar kita sebagai calon guru bisa dikatakan guru yang berprofesional dan agar kita bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Seorang guru yang sudah mendapat sertifikasi ini artinya mereka sudah lulus sebagai seorang guru yang berprofesional yang tentunya keempat kompetensi guru tersebut harus selalu dilaksanakan didalam keseharian dalam melaksanakan tugasnya.

    2.Setiap guru harus memiliki standar kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya. Apabila guru tidak memiliki standar kompetensi otomatis dalam pelaksanaan tugasnya guru tersebut tidak berprofesional. Dan guru tersebut kurang dalam hal pengetahuan,ketrampilan, sikap,nilai dan prilaku yang harus dimiliki dihayati dan dikuasai oleh guru dalam tugas keprofesionalnya. Guru yang memiliki kompetensi menujukan kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru.

  8. Nama : oktariyana
    Nim : 2014142009
    Program studi : pg paud
    Mk : profesi dan etika keguruan

    1. Seorang pendidik aud harus memilki 4 standar kopetensi tersebut karena seorang pendidik adalah contoh bagi peserta didiknya. Kopentensi tersebut ialah:
    1. Kompetensi pedagogik , seorang pendidik harus merancang,memahami, menyusun,menerapkan untuk proses kepentingan proses belajar
    2. Kopetensi kepribadian, seorang pendidik harus mencerminkan kepribadian yang baik, arif, wibawa agar menjadi teladan yang baik untuk peserta didiknya
    3. Kopetensi sosial, yaitu seorang pendidk harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik, wali,rekan,dan masyarakat disekitarnya
    4. Kopetensi profesional, seorang guru harus mampu menguasai materi yang akan diberikan pada siswa dan dapat menguasai suasana kelas dengan baik. Agar proses pembelajaran dapat belajar dengan baik.

    2. Seorang pendidik harus memiliki 4 standar kopetensi tersebut, sebab 4 standar tersebut sudah menjadi syarat kopetensi peserta didik . jika seorang pedidik tidak menguasai kopetensi pedagogik, bagaimana cara mereka menyusun proses pembelajaran, sedangkan mereka tidak mamahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran. Tidak menguasai kopetensi kpribadian, seorang guru adalah tauladan bagi siswanya, jika seorang guru tidak memberikan tauladan yang baik kepada siswanya? Siswa akan meniru
    Guru tudak menguasai kopentensi sosial, jika guru tidak dapat menjalin komunikasai yang baik dengan siswa,wali, rekan, dan masyarakat, proses pembellajaran tidak akan optimal.
    Guru tidak menguasai kopetensi profesioanal, pembelajaran tidaka akan lancar jika seorang guru tidak mampu menguasai dan menyampaikan materi kepada siswa dengan baik,

  9. NAMA :DINE OVIANI Z
    NIM :2014 142 007
    PRODI :PG PAUD
    MATA KULIAH:Profesi dan Etika Keguruan

    1. Sebagai calon pendidik anak usia dini, harus memiliki empat standar kompetensi. Karena keempat standar kompetensi guru tersebut memiliki peranan yang penting dalam melaksanakan proses pendidikan di sekolah. Dan standar kompetensi guru tersebut juga mempunyai jangkauan yang lebih luas lagi, yaitu sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Dengan memiliki ke empat standar kompetensi tersebut, tujuan pendidikan dapat tercapai, dapat juga di jadikan acuan/ pedoman guru dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan optimal. Dan kita dapat di katakan pendidik yang profesional ketika kita memiliki empat standar kompetensi tersebut sehingga dapat membentuk peserta didik yang berkualitas.

    2.Permasalahan yang akan terjadi jika kita tidak memiliki empat standar kompetensi tersebut.
    a. Tujuan pendidikan yang di cita-cita kan tidak akan tercapai.
    b. Kinerja guru tidak akan optimal sebab tidak memilik empat standar kompetensi tersebut yang dapat di gunakan sebagai acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran
    c. Guru tersebut tidak dapat di katakan sebagai pendidik yang profesional

  10. Nama : Devit Endriani
    Nim : 2014 142 016
    kelas : 3A
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan
    Dosen Penampung : Fitwi Luthfiyah, S.Pd.i., M.Pd.

    Jawab

    1. Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
    Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
    Kompetensi Profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
    Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ke empat Standar kopetensi harus dimiliki oleh guru karena, yang di harapkan dari pendidikan TK dan RA adalah tercapainya tugas-tugas perkembangan secara optimal sesuai dengan standar yang telah di rumuskan. Aspek-aspek perkembangan yang di harapkan dicapai meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, dan kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik atau motorik, dan seni. Melalui pemberian rangsangan, stimulus dan bimbingan, diharapakan akan meningkatkan perkembangan prilaku dan sikap melalui pembiasaan yang baik, sehingga akan menjadi dasar utama dalam pembentukan pribadi anak sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat. kompetensi yang mencakup dalam ruang lingkup suatu pedoman pembelajaran atau disebut juga dengan kurikulum. Kurikulum juga merupakan dasar utama dalam membentuk nilai-nilai dan kepribadian anak. Dimana yang tercantum dalam suatu kurikulum adalah bagaimana kecakapan hidup, pengalaman belajar dan proses pembelajaran yang diperlukan untuk mencapai seluruh aspek dan kompetensi serta potensi yang telah disesuaikan oleh karakteristik Pendidikan Anak usia Dini. Standar kompetensi dalam pendidikan AUD dapat meliputi : hak dan tanggung jawab, penggunaan bahasa yang lebih sederhana dan mudah difahami anak dalam berinteraksi, memahami, memilih, memadukan, serta, mampu menerapkan dunia fisik, makhluk hidup, pengetahuan dan tehnologi yang sesuai dengan AUD. Kesemua proses tersebut akan tercapai dalam sebuah standar kompetensi dengan melalui cara pemberian rangsangan (stimulasi) dan bimbingan. Dengan adanya standar kompetensi ini diharapkan anak usia dini dapat berfikir secara logis, dan kritis serta AUD dapat berinteraksi dengan lingkungannya, dan menunjukkan motivasinya dalam pembelajaran
    2. Permasalahan yang tejadi jika tidak ada ke empat kopetensi dasar tersebut adalah Permasalahan yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang. Dalam dunia pendidikan , keberadaan perandan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikasi. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun non formal. Oleh sebap itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat di lepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri.

  11. Nama : Nia Lapenia
    Kelas : 3A
    NIM : 2014.142.040
    Program studi : PG-PAUD
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan

    UTS

    Jawaban :
    1. Karena sebagai calon pendidik anak usia dini harus menciptakan peserta didik yang berkualitas dengan kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh murid dengan mengelola pembelajaran peserta didik dan bisa menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam dan guru bisa bekerja sama antara peserta didik dan sesame tenaga pendidik.
    2. Jika guru tidak memiliki empat kopetensi tersebut maka muridyang didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik karena guru adalah salah satu tumpuan bagi Negara dalam hal pendidikan maka dari itu guru dikatakan gagal dalam hal mendidik peserta didiknya.

  12. NAMA : DWI INDAH LESTARI
    NIM : 2014 142 001
    PRODI : PG- PAUD 3.A
    MATA KULIAH : PROFESI DAN ETIKA KEGURUAN
    ass buk, ini jawaban UTS
    1. Kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, Keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati,dan diwujudkan oleh guru. kita sebagai calon pendidik harus wajib memiliki empet standar kompetensi guru, kalau kita sebagai calon pendidik tidak memiliki empet standar kompetensi tersebut maka kita tidak disebut sebagai guru yang profesional, guru yang cerdas, dan guru yang tidak bertanggung jawab dalam meleksanakan tugasnyadengan baik, maka dari itu kita sebagai calon guru yang berprofesional hrus wajib memiliki empat standar kompetensi tersebut, dengan adanya empat kompetensi tersebut guru mempunyai komitmen secara profesional unruk meningkatkan mutu pendidikan, dan dengan guru memiliki empet standar kompetensi guru dapat melaksanakn kewajiban dengan baik sebagai agen pembelajaran.
    2. permasalahan yang yang terjadi saat tidak memiliki santadr kompetensi
    A. dengan guru tidak profesional dalam meleksanakan tugasnya, karena apabila guru tidak memiliki satu saja santadr kompetensi maka guru otu disebut sebagai guru yang tidak profesional
    B. apabila guru tidak memiliki kompetensi kepribadian guru tersebut dinyatakan memiliki keperibadian yang jelek maka dari itu guru harus wajib memiliki kompetensi kepribadian
    C. guru juga haru memiliki kompetensi pedagogik, apabila guru tidak memiliki kompetensi pedagogik maka guru kurang memehami terhadap peserta didik dan guru juga kurang dalam meleksanakan proses pembelajaran maka dari itu guru wajib memiliki kompetensi pedagogik
    D. dan guru juga harus memiliki kompetensi sosial apabila guru tidak memiliki kompetensi sosialmaka guru dikatakan kurangnya berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan peserta didik , tenaga pendidik, dan sesama pendidik.

  13. Assalamualaikum Wr.Wb
    Ibu ini hasil uts saya,

    Nama : Khoiriyatun Nisak
    Nim : 2014.142.037
    Kelas : 3A
    Prodi : PG-PAUD
    Mata kuliah : Profesi dan Etika Keguruan

    Jawaban
    1. Kita sebagai pendidik haruslah penting untuk memiliki keempat standar kompetensi karena kompetensi merupakan kemampuan, keahian, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki serta dikuasai oleh pendidik dalam melaksanakan tugasnya. Tanpa kompetensi pendidik tidak dapat mngembangkan dan mengarahkan peserta didik kejenjang pendidikan yang lebih baik. Kompetensi yang harus dimilki pendidik PAUD yaitu terdiri dari: pertama, kompetensi pedagogik yaitu cara kita mendidik anak dan memahami tentang karakteristik peserta didik, perkembangan anak, proses pembelajaran dan tentang pengembangan kurikulum PAUD. Tanpa kompetensi ini maka kita tidak bisa menciptakan suatu program pembelajaran yang kondusif serta yang sesuai dengan perkembangan anak karena kita tidak memiliki kemampuan dalam memahami keseluruhan pendidikan AUD. Kemudian yang kedua, kompetensi kepribadian dimana pendidik memiliki kemampuan yang menampilkan pribadi yang jujur, berwibawa, dewasa, memiliki sifat komitmen terhadap profesi dan dalam kompetensi ini pendidik menjadi teladan bagi peserta didik yang berakhlak mulia. Selanjutnya yang ketiga, kompetensi sosial yaitu pendidik memiliki sikap terbuka, berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat disekitar, berkomunikasi secara aktif dan efektif kepada peserta didik. Dengan memiliki kompetensi ini maka akan meningkatkan sikap kita dalam bersosialisasi antar masyarakat dan dengan peserta didik tidak adanya perbedaan atau diskriminasi. Keempat, kompetensi profesional yang berarti bahwa pendidik harus menguasai materi dan pembelajaran secara luas serta menguasai seluruh bidang perkembangan anak. Jika pendidik tidak professional dalam menjalankan tugasnya maka dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita sebagai calon pendidik memiliki dan menguasai seluruh kompetensi diatas agar dalam pendidikan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan keprofesionalan dalam mengajar.
    2. Permasalahan yang akan terjadi jika kita tidak memiliki 4 kompetensi tersebut adalah dalam proses pembelajaran maka pembelajaran akan menjadi berantakan, kacau balau dan tidak terarahkan. Kemudian kita sebagai pendidik kurangnya kepedulian terhadap diri sendiri dan peserta didik, dalam menjalankan tugasnya juga tidak professional, menjalankan tugas semaunya sendiri serta tidak bertanggung jawab dalam hal mendidik, membimbing dan mengajar.

  14. nama : Dwi Astuti
    nim : 2014 142 030
    prodi : PG PAUD/3.A
    mata kuliah : Profesi dan Etika Keguruan
    assalamualaikum buk, ini jawaban UTS
    1. kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. jadi, sebagai soerang pendidik harus memiliki keempat kompetensi karena dari setiap kompetensi adalah dasar untuk menjadi guru yang profesional.
    2. Jika kita tidak memiliki keempat kompetensi tersebut maka pendidik/guru akan menjadi orang yang tidak bertanggung jawab dalam mengajar, tidak prosesional dalam mengajar misalnya mendidik/guru lagi ada masalah pribadi jika pendidik tersebut memiliki kekempat kompetensi tersebut maka pendidik/guru akan tetap mengajar seperti biasa dan fokus dalam mengajar. Tapi jika pendidik tidak memiliki keempat kompetensi tersebut pendidik/guru akan lebih terpancing emosi dan mudah marah dalam mengajar itu yang membuat guru tidak fokus dalam mengajar dan itu yang disebut tidak profesional. Karena guru/pendidik yang profesional akan selalu bisa mengatasi setiap masalah yang dihadapinya.

  15. 1.karen denga memiliki potensi tersebut dapat menciptakan guru Paud yang proporsional serta berkarakter. Kuat dan cerdas dan kematian. Kompetensi tersebut.akan mencakup.sekian banyak tugas guru Paud dan dengen kompetensi tersebut dapat mengevaluasi. Pengetahuan dan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang. Pendidik Paud.

    2.jika. Seorang. guru paud tidak memiliki 4 kompetensi. tersebut yang akan terjadi adalah. murid yang di didik akan sulit. Tumbuh dan berkembang. dengan .

  16. 1.karena dengan 4 koperasi tersebut dapat menciptakan guru. Yang profesional.. dan dengan 4 koperasi tersebut dapat membantu guru paud dalam menyelesaikan tugasnya,serta dapat mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan. Yang dimiliki oleh.guru,

    2.jika seorang guru tidak memiliki 4 kopetensi. Yang akan terjadi adalah guru tidak akan memiliki sikap profesional. mereka. murid yang akan di didik. akan sulit untuk tumbuh.dan berkembang. dengan baik.

  17. Nama : Putri Nabila
    Nim : 2014.142.032
    kelas : 3A
    Program Study :PG-PAUD
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika keguruan

    jawaban
    1). pengertian dari komptensi sendiri adalah hasil dari penggabungan dari kemampuan-kemampuan yang banyak jenisnya, dapat berupa :
    a. pengetahuan,
    b. keterampilan, dan
    c. perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam menjalankan tugas keprofesionalannya.
    sebab itulah kenapa kita sebagai calon guru harus memiliki keempat kompetensi tersebut karena kita sebagai teladan,panutan, bagi murid. dan guru yang memiliki kompetensi akan menjalankan tugasnya secara profesional. 1. kompetensi pedagogik (guru harus memahami peserta didik,merancang pembelajaran,menciptakan pembelajaran yang kondusif,mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik). 2.kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. 3. Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. 4. Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam . keempat tersebut harus kita miliki karena kita bisa mengenal peserta didik lebih dekat,menguasai study displin ilmu,bisa mengevaluasi proses dan hasil belajar, serta dapt mengembangkan kepribadian secara profesional.

    2). Jelas akan kacau. karena Bekal awal yang harus dimiliki seorang guru adalah keempat kompetensi. keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang guru sangat mempengaruhi proses belajar didalam kelas,kompetensi guru juga akan menentukan mutu lulusan suatu pendidikan,karena peserta didik belajar langsung dari para guru. bila seorang guru kompetensinya rendah proses pembelajaran akan tidak efektif dan menyenangkan. dampaknya guru tidak bisa menyampaikan materi dengan baik dan peserta didik akan sulit menerima materi pembelajaran, guru tidak akan kreatif peserta didik pun menjadi pasif di dalam kelas. yang jelas tidak akan menjadi guru profesional tanpa kita mengaplikasikan keempat komptensi tersebut karena saling berkaitan satu sama lain. dan seorang guru itu sepesial tapi lebih baik lagi sepesial bagi semua siswanya. guru kumpulan orang-orang pintar dibidangnya masing-masing dan juga dewasa dalam bersikap. tetapi yang paling penting bagaimana kita sebagai calon guru harus menularkan kepintaran dan kedewasaan tersebut kepada peserta didik tanpa membebani mereka.

  18. NAMA : MAREZA PUTRI PURNAMA
    NIM : 2014142031
    KELAS/SMESTER : 3A/TIGA
    PRODI ; PG-PAUD
    MATA KULIAH : PROFESI KEGURUAN

    1. Perlu karna itu adalah pedoman kita sebagai guru untuk mengajar seperti kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik, kompetensi profesional adalah kemamapuan guru untuk mengikuti perkembangan ilmu selalau dinamis, kompetensi sosial adalah kempetensi untuk guru apakah guru bisa bermasyarakat dan bekerja sama dengan peserta didik serta guru-guru lainnya sedangkan kompetensi kepribadian adalah guru sebagai teladan, beberapa aspek kompetensi ini misalnya:
    Dewasa
    Stabil
    Arif dan bijaksana
    Berwibawa
    Mantap
    Berakhlak mulia
    Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
    Mengevaluasi kinerja sendiri
    Mengembangkan diri secara berkelanjutan

    2. 4 kompetensi tersebut sangat saling berkaitan apabila guru tidak memililki salah satu dari kompetensi tersebut maka guru tidak bisa dikatakan profesiona l apalagi kita guru anak usia dini seperti kita tidak memililki kompetensi sosial gimana kita sebagai guru bisa membuat anak merasa nyaman dengan kita dan bagai mana aanak mau bersosial sedangkan guru nya saja tidak memberikan contoh yang baik karna anaka usia dini itu anak yang suka meniru apa yang dia lihat.

  19. Nama:Sarmini
    Nim :2014-142-081
    Kl. : 3A
    Prodi : PG PAUD
    Mata Kuliah:Profesi dan Etika Keguruan
    Jawab
    1. Seorang calon guru atau calon tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan,sebab guru merupakan unsur terpenting dalam menunjang perkembangan murid.Kunci yang harus di miliki oleh seorang pengajar adalah kompetensi.Kompetensi yaitu seperangkat pengetahuan atau ilmu dan keterampilan mendidik atau mengajar di dalam menjalankan tugas profesionalnya sehingga tujuan pendidikan bisa di capai dengan baik.Guru adalah salah satu pusat terpenting dalam dunia pendidikan.Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas maka akan mampu melahirkan anak bangsa yang berkualitas,cerdas,berkepribadian baik,berjiwa sosial dan berkreatifitas tinggi.Dalam meningkatkan mutu pendidikan,guru sebagai fasilitator di tuntut untuk mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan keadaan dan waktu sebaik-baik nya.Dalam peningkatan mutu pendidikan,sangat bergantung pada komponen didalam sistem pendidikan,komponen tersebut adalah guru,karena itu guru harus memiliki kompetensi yang utuh,dimana guru harus mampu memadukan antara satu kompetensi dan kompetensi yang lainya.Agar proses pendidikan berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang memuaskan
    2.Komponen terpenting dalam dunia pendidikan adalah guru,guru yang profesional harus memiliki kompetensi dasar pendidikan,jika dalam dunia pendidikan seorang guru tidak memiliki kompetensi dasar maka dunia pendidikan tidak akan berkembang,meskipun berkembang tetapi itu tidak akan berkembang dengan baik dan sistem pendidikanpun tidak akan tertata dengan baik pula,selain itu dengan tidak adanya ke empat kompetensi dasar tersebut tidak akan melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan berjiwa sosial serta berkepribadian baik.

  20. nama: ana arina
    NIM: 2014.142.004
    Prodi: PG-PAUD
    jawaban
    1. di dalam kompetensi pedagogik terdapat kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan karakterstik siswa, kompetensi kepribadian yaitu kemampuan pribadi guru yang mantap, stabil, dewasa, arif dan wibawa. kompetensi sosial kemampuan mengajak anak maupun merespon teman-temannya dengan positif, atau kemampuan dalam bergaul.kompetensi profesional yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi secara luas dan mendalam. guru harus menguasai keempat kompetensi tersebut agar dapat menciptakan peserta didik yang berkualitas.
    2. jika tidak memiliki atau menguasai keempat kompetensi itu, maka kitas tidak akan bisa menjadi guru yang baik, dan kita tidak akan bisa menciptakan atau mengel;uarkan peserta didik yang berkualitas, karena kualitas peserta didik berasal dari guru yang berkualitas juga, jika guru tidak berkualitas maka peserta didik juga akan sama seperti guru atau pengajarnya. guru adalah panutan bagi peserta didik. jika kita ingin menciptakan peserta didik yang berkualitas maka kita jugta harus meningkatkan kualitas diri kita dengan memahami keempat kompetensi tersebut.

  21. nama : fitri lestari
    nim : 2014142006
    program studi pendidikan anak usia dini

    jawaban
    1. karen di nyatakan pada pasal 28 ayat 3 perpu no 19 tahun 2005 tentang standar nasional secara tegas dinyatakan bahwa ada empat kompetensi yang harus di miliki oleh guru sebagai tenaga pembelajaran,karena keempat kompetensi itu dapat dijadikan penentuan, keterampilan dan sikap seorang guru seabagi tenaga pendidik,keempat kompetensi itu dapat dapat mencerminkan kualitas guru dalam menjalankan tugasnya.
    2. permasalahnnya
    guru akan tidak dapat bertyanggung jawab dalam menyelesaikan tugas nya
    guru tidak akan berhasil dalam mewujudkan anak yang cerdas
    akan adanya sikap tidak adil yg dimilki guru
    gur akan mengajar secara monoton tidak ada variasi yang menarik

  22. 1. Untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas, guru harus menguasai empat kompetensi tersebut, karena dalam proses belajar mengajar guru menempati posisi penting dan penentu berhasil tidaknya pencapaian tujuan suatu proses pembelajaran. Keempat kompetensi diatas bersifat holistik dan integratif dalam kinerja guru. Oleh karena itu secara utuh sosok kompetensi guru harus mampu:
    a. Pengenalan peserta didik secara mendalam
    b. Penguasaan bidang studi baik disiplin ilmu maupun bahan ajar dalam kurikulum sekolah
    c. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar serta tindak lanjut untuk perbaikan dan pengayaan
    d. Pengembangan kepribadian dan profesionalitas secara berkelanjutan.
    Guru yang memiliki kompetensi akan dapat melaksanakan tugasnya secara profesional
    Guru harus sungguh-sungguh dan baik dalam menguasai empat kompetensi tersebut agar tujuan pendidikan bisa tercapai.

    2. Jika kita tidak memilki keempat kompetensi tersebut maka murid yang didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Dan guru kesulitan dalam proses pembelajaran dan guru tidak dapat melaksanakan tugasnya secara profesional.

    2.

  23. Nama : ameroh
    Nim : 2014 142 020
    Program studi : PG PAUD
    Mata kuliyah : profesi dan keguruan
    Dosen penampung : Fitwi Luthfiyah, S.Pd.i.,M.Pd
    1. Karena sebagai seorang pendidik, secara utuh guru harus mengenal murid secara mendalam. Dan juga harus mencerminkan kepribadian yang baik, disiplin, arif, dewasa untuk menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.
    Guru juga harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan dengan masyrakat sekitar.
    Dan guru juga harus menguasai materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam, yang mencangkup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah serta penguasaan terhadap standar dan metodologi keilmuan.
    2. Guru tidak bisa megajar dengan baik jika guru tidak bisa mengenal muridnya.
    Guru tidak bisa menyampaikan materi dengan baik jika guru itu sendiri belom memahami apa materi yang akan di sampaikan.
    Guru juga sebagai teladan untuk peserta didik, jika guru berperilaku yg tidak tercermin maka peserta didik pun akan mengikutinya.
    Karena sebagai seorang guru yang profesional. GUru harus memiliki keempat standar kompetensi tersebut karena itu sudah menjadi peraturan dari pemerintah untuk kompetensi seorang guru yang profesional.

  24. Nama : Rizana Kurnia Putri
    Nim : 2014142038
    Kelas : 3A
    Prodi : PG-PAUD
    Mata Kuliah: Profesi dan Etika keguruan

    1. Kompetensi guru mencerminkan tugas dan kewajiban guru yang harus dilakukan sehubungan dengan arti jabatan guru yang menuntut suatu kompetensi tertentu. Bahwa untuk mencapai taraf kompetensi seorang guru memerlukan waktu lama dan biaya mahal.
    Kompetensi guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan pendidikan disekolah, namun kompetensi guru tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan lamanya mengajar. Kompetensi guru dapat dinilai penting sebagai alat seleksi dalam penerimaan calon guru, juga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam rangka pembinaan dan pengembangan tenaga guru.Sealain itu, penting dalam hubungannya kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar siswa.
    Untuk seorang guru perlu mengetahui dan dapat menerapkan beberapa prinsip mengajar agar ia dapat menerapkan beberapa prinsip mengajar agar ia dapat melaksanakan tugasnya secara professional.

    2. . Kebiasaan Mengajar
    • Ada beberapa bentuk kebiasaan belajar yang sering dijumpai :
    a) Mengajar tidak teratur
    Sejumlah buku terkadang ada uraian tertentu yang tidak dijelaskan secara mendalam, gurulah yang menjembatani hal-hal yang belum dijelaskan di dalam buku tersebut. Penjelasan guru tesebut haruslah dicatat dan catatan tersebut haruslah teratur dan rapi.

    b) daya tahan rendah
    Hasil yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam jangka waktu … rendah bersifat merugikan dalam hal suasana hati, daya tahan fisik.

    c) guru sering datang terlambat, dan lain-lain
    Guru pun memiliki tanggung jawab untuk menjadi contoh bagi muridnya. Jadi, tata tertib hanya menjadi aturan tertulis dan aturan tidak tertulis terwujud melalui keteladanan sang guru.

    d) tanggung jawab dan tugas guru menjadi terbengkalai
    terlalu menganggap enteng sehhingga melalaikan tugas pokok dan tanggungjawab mereka sebagai guru. Akibatnya mata pelajaran siswa di sekolah terbengkalai.

  25. 1. Kompetensi guru mencerminkan tugas dan kewajiban guru yang harus dilakukan sehubungan dengan arti jabatan guru yang menuntut suatu kompetensi tertentu. Bahwa untuk mencapai taraf kompetensi seorang guru memerlukan waktu lama dan biaya mahal.
    Kompetensi guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan pendidikan disekolah, namun kompetensi guru tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan lamanya mengajar. Kompetensi guru dapat dinilai penting sebagai alat seleksi dalam penerimaan calon guru, juga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam rangka pembinaan dan pengembangan tenaga guru.Sealain itu, penting dalam hubungannya kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar siswa.
    Untuk seorang guru perlu mengetahui dan dapat menerapkan beberapa prinsip mengajar agar ia dapat menerapkan beberapa prinsip mengajar agar ia dapat melaksanakan tugasnya secara professional,

    2. a) tanggung jawab dan tugas guru menjadi terbengkalai
    Tugas pokok seorang guru sejatinya adalah mendidik para siswa agar kelak … siswa yang menjadi objek kerja seorang guru seolah-olah terbengkalai.
    b) sifat neatif guru
    Naluri mengajar sudah dimiliki oleh semua orang. Namun tidak semua orang memiliki naluri mendidik. Mendidik berkaitan dengan norma
    c) Mudah kecewa dan marah.
    Sikap mudah marah dan kecewa terhadap siswa dan orang-orang disekitarnya merupakan indikasi ketidakikhlasan dalam melaksanakan tugasnya. Tidak mencintai tugas maupun anak didiknya. Lupa kalau yang dihadapi adalah siswa yang sedang berkembang secara jasmani maupun rohani.
    d) Rendah diri.
    Rendah diri dalam hal ini merasa kemampuannya rendah dalam melaksanakan tugas keguruannya. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru merasa kurang percaya diri akan penampilannya. Merasa tidak dihargai oleh siswa. Dalam kehidupan sosial, guru merasa terpukul jiwanya karena memiliki kekurangan secara materi.
    e) Gila hormat.
    Guru yang “gila hormat” sangat mudah merasa tersinggung oleh perlakuan siswanya maupun rekan sejawatnya. Ia sering merasa kecewa lantaran tidak dihormati oleh siswa. Bahkan merasa lebih unggul dari yang lainnya. Jika ada rekan guru yang lebih muda, energik, dan kreatif, ia sering merasa tidak dihormati karena telah puluhan tahun mengajar.
    f) Egois.
    Egois termasuk sifat negatif yang perlu dihindari. Guru yang memiliki sifat “keakuan” yang tinggi pasti tidak disenangi oleh siswa maupun rekan sejawat.

  26. Nama : Fitri wahyuni
    Nim : 2014-142-083
    Program stadi : PG.PAUD
    Matakuliah : Profesi dan Etika Keguruan
    JAWABAN
    1. Karena kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. dalam diri pendidik harus mempunyai 4 kompetensi yaitu
    – Kompetensi Kepribadian yang mencerminkan kepribadian yang mantap, tabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia,
    – Kompetensi Pendagogik meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
    – Kompetensi Profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan subtansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
    – Kompetensi Sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
    Dengan adanya empat kompetensi ini proses pembelajaran menjadi sistemtis, guru menjadi teladan, membangkitkan motif belajar anak serta mendorong dan memberikan motivasi dari belakang, dan contoh teladan bahi anak didiknya, dan dapat bergaul, berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik.
    2. Jika tidak ada kompetesi tersebut maka pembelajran akan terganggu dan tidak sistematis, dan guru pun menjadi tidak profesional, karna kompetensi tersebut merupakan acuan atau aturan yang harus dimiliki setiap pengejar.

  27. nama : windy feronica
    kelas : 3a
    nim : 2014.142.034
    program studi pendidikan guru paud

    jawab :

    1. karena seorang calon pendidik, harus memperhatikan dan memahami prilaku peserta didiknya dan menjadi teladan bagi anak didik, mencerminkan kepribadian yang baik dan berahlak mulia.
    menjadikan seorang guru menjadi mudah bergaul, bersosialisasi dengan baik, dengan peserta didik maupun sesama pendidik. dan menjadikan seorang guru yang menguasai materi-materi pembelajaran, bicara luas, mendalami kurikulum, metode-metode keilmuan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam mendidik,
    kompetensi guru berkaitan dengan kewenangan melaksanakan tugas nya, menggabungkan dari kemampuan-kemampuan yang banyak jenis nya, seperti pengetahuan , keterampilan, dan prilaku yang harus dimiliki dan kuasai oleh guru dalam menjelaskan kompetensi nya.

    2. guru bagian penting dalam proses belajar dan mengajar, oleh sebab itu dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri.
    jika seorang guru tidak memiliki 4 kompetensi tersebut maka akan mempunyai dampak patal terhadap seorang guru itu dan peserta didik nya, karna guru tidak memahami peserta didik,tidak memberikan kepribadian yang baik, tidak bersosialisasi pada anak didik nya dan tidak menguasai materi yang akan diberi, oleh sebab itu akan berdampak besar kepada pendidik nya yang hanya menerima materi dan meniru perilaku guru nya, sangat tidak baik bagi perkembangan belajar anak tersebut.

  28. nama : fereli praceliya
    nim : 2014.142.011
    prodi : PG PAUD

    JAWABAN
    1. karena seorang guru mampu mengelola pembelajaran peserta didik mengenal karakteristik anak didik, komunikasi dengan peserta didik seorang guru harus menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam, konsep, struktur metode, dan materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah. seorang guru juga harus bisa bermasyarakat dan bekerja sama dengan peserta didik serta guru-guru lainnya, berkomunikasi lisan dan tulisan bergaul secara efektif dengan peserta didik. seorang guru sebagai teladan dewasa,stabil, berwibawa, mantap, dan berkhlak mulia .
    2. seorang guru tidak dapat mengelola pembelajaran mengenai karakteristik anak tidak bisa menguasai materi secara mendalam tidak bermasyarakat berkomunikasi dengan peserta didik tidak mantap tidak ada pendirian untuk menjadi seorang guru.

  29. Nama : sri octarina
    nim : 2014.142 033
    kelas : 3 A

    jawaban
    1 . : kerna dengan ada nya 4 kompetensi sanagat memudah kan ataumemahami pembelajaran atau mengembangkan kemampuan ilmu , menambahkan wawasan untuk menciftakan perserta didik yang berkualiatas degan menguasai kompetensi tersebut dan sebagai calon pendidik kita bisa menujukkan pribadi yang dewasa dan teladan terhadap setiap tangung jawab dan mengajarkan anak untuk bertidak , prilaku yang baik ,sopan dan menjadikan kan anak lebih kareatif, dan bisa membentuk kerakter pribadi anak .dan mampu menjadi teladan bagi perserta didik dan masayarakat.

    2 . jika tidak ada 4 kompetensi tersebut .dalam memahami pembelajran .
    akan menyulitkan guru dalam mengajarkan , dan tidak bisa membentuk kerakter pribadi anak dan sebagai pendidik kita perlu memahami meteri atau bahan ajaran atau tidak bisa mngembangkan kemampuan atau kecerdasan (kognitif) nya dan tidak bisa meningkatkan sosialisasi ny tidak bisa membentuk karakter pribadi yang lebih baik .

  30. Nama :NADILA APRIL LIANA
    Nim :2014 142 087
    Program studi :PG-PAUD
    Mata kuliah :PROFESI DAN ETIKA KEGURUAN

    1. Mengapa sebagai calon pendidik harus AUD harus memiliki keempat standar kompetensi tersebut?
    Jawab: karena dari keempat kompetensi tersebut berkaitan dan tidak bisa dipisahkan dimana guru harus Mantap, Stabil, Dewasa,Arif dan bijaksana, berwibawa, berakhlak mulia, menjadi teladan bagi pesereta didik dan masyarakat, mengevaluasi kinerja sendiri, dan mengembangkan dirisecara berkelanjutan, pemahaman terhadap peserta didik,perancangan, dan pelaksanaan, pembelajaran evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan sebagai potensi yang dimilikinya. Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap pesrta didik, pengembangan kurikulum perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis evaluasi hasil belajar, pengembangan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Konsep struktur, dan metode keilmuan/teknologi/senio yang menaungi/koheren dengan materi ajar. Materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, hubungan konsep antar mata pembelajaran terkait, penerapan konsep-konsep keilmuan dalam konteks global dengan tetap melestariakan nilai dan budaya nasional. Berkomunikasi lisan dan tulisan, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fgungsional, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama tenaga kependidikan orang tua/wali peserta didik, bergaul secara santun dengan masyarakat sosial.
    Jadi, semua kompetensi diatas berkaitan untuk mengoptimalkan pembelajaran yang ada agar peserta didik tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahapanya. Dan juga sudah diatur oleh UU RI NoMOR 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
    2. Jika tidak memiliki keempat kompetensi tersebut maka guru tidak ada acuan untuk merancang menyampaikan sebuah pembelajaran kepada peserta didik dan guru tersebut tidak akan professional dengan profesinya sebagai Guru. Dampaknya pendidikan anak yang diajar tidak berjalan dengan lancar dan tidak optimal. Dimana anak tidak mendapatkan rangsangan pembelajaran yang optimal sebagai persiapan untuk melanjutkan pendidikan yang lanjut. Dan anak tidak berkarakter dengan baik, anak tidak tumbuh dan kembang secara optimal dan tidak berkualitas.

  31. nama:yuni anggraini
    nim:2014142086
    program studi pendidikan anak usia dini

    jawaban:
    1.karena,agar guru tersebut dikatakan guru yang profesional dan agar kita sebagai guru dapat menciptakan peserta didik yang kreatif,dan empat kompetensi tersebut merupakan keterampilan seorang guru.

    2.permasalahan
    guru tidak bisa menjadi teladan bagi peserta didik dan guru tidak bisa mempunyai wibawa yang baik,guru tidak bisa mamou mempelajari penguasaan materi secara luas dan mendalam dan tidak bisa membimbing peserta didik sesuai yg di harapkan nya, guru tidak bisa berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik dan tenaga kependidikan mauoun wali peserta didik dalam masyarakat disekitar dan guru tidak mampu membuat pemahaman terhadap peserta didik dan perancang pelaksana dalam pengelolaan pembelajaran.

  32. Nama : novi mardianingsih
    Nim : 2014 142 018
    Mata kuliah: profisi dan etika keguruan
    Progam studi: pg paud
    Kelas: 3A

    Uts
    Jawaban:
    1. Karena dalam kompetensi guru juga harus mencakup 4 kompetensi, dan guru di sekolah memiliki peran ganda, yaitu guru seorang manager yang akan mengolah proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai ke evaluasi itu sendiri. Dan 4 kompetensi ini sangat penting jika salah satu tidak di terapkan maka kompetensi itu tidak prfesional. Ada 4 kompetensi yang harus di miliki olah seorang guru: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,kompetensi sosial, kompetensi profesional.

    2. Permsalahan yang akan di hadapin oleh guru adalah guru kan sebaga pendidik perserta didik nya, kalau guru tidak memiliki 4 kompetensi maka guru akan sulit untuk mengajar atau memberi pendidikan ke pada perserta nya, karena guru itu tidak memegang 4 kompetensi itu sendiri. Maka dari itu guru harus memahami kompetensi satu persatu. kalau guru tidak mengetahui nya maka guru gagal untuk menciptakan anak didik nya yang cerdas.

  33. nama: ayu sakinah
    NIM: 2014 142 014
    p.studi/smt: pg paud/3a
    1). kompetensi itu sangat penting bagi para pendidik karena merupakan pondasi awal dalam memulai pembelajaran pada anak didik, guru merupakan teladann bagi anak didik, guru harus menguasai materi yang harus diajarkan , guru juga harus mengetahui karakteristik pada anak didiknya
    2). masalah yang terjadi guru dianggap tidak profesional karena akan seenak nya sendiri dalam memberi pelajaran, dalam proses belajar mengajar tanpa ada pedoman

  34. Nama : Laras Rudatiningsih
    NIM : 2014-142-090
    Prodi : PGPAUD
    Mata Kuliah : Etika dan Profesi Keguruan
    Jawaban UTS :
    1. Dalam menciptakan peserta didik yang berkualitas, kita sebagai calon pendidik memang harus menguasai kompetensi dasar tersebut, agar guru dapat mengenali karakteristik peserta didik, guru dapat menguasai teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga guru dapat mengembangkan kurikulum dan terciptalah suatu proses pembelajaran yang dapat menggambarkan bahwa guru tersebut memiliki kepribadian yang baik, sosial yang tinggi, daya pikir yang luas, dan memiliki profesionalitas yang tinggi.
    2. Permasalahan yang terjadi yaitu guru akan kurang menguasai karakteristik anak, kurang menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, dan juga peserta didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, guru juga tidak akan disebut sebagai guru yang profesional apabila tidak memiliki kompetensi dasar tersebut. Dan akibatnya, pendidikan tidak akan berkembang secara maksimal sebab keempat kompetensi dasar tersebut merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru.

  35. Nama : Nela Julianti
    Nim : 2014 142 035
    Prodi : PG-PAUD
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan
    1. Kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Ditampilkan melalui unjuk kerja. Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladang bagi peserta didik dan serta berakhlak mulia. Fungsi kompetensi guru memberikan bimbingan dan teladan secara bersama-sama mengembangkan kreatifitas dan mengembangkan motivasi belajar serta dorongan untuk memajukan anak didik, terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Guru juga harus menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan materi kurikulum matapelajaran disekolah dan subtansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur keilmuannya dan untuk berkomunikasi, bergaul secara efektif dengan peserta didik.
    2. Jika tidak ada 4 kompetensi tersebut maka guru tersebut tidak memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, tidak memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik dan guru tidak menjadi teladan anak. Guru tidak ada acuan untuk merancang dan menyampaikan sebuah pembelajaran kepada peserta didik dan guru tersebut tidak professional dengan profesinya sebagai guru. Dampaknya pendidikan anak yang diajar dalam pembelajaran tidak akan optimal.

  36. Nama : Rini Fitriani
    NIM : 2014 142 017
    Program Studi : PG PAUD
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan

    1. Jelaskan mengapa Anda sebagai calon pendidik AUD harus memiliki keempat standar kompetensi tersebut?
    Karena kempat kompetensi tersebut adalah kompetensi pokok yang harus dimiliki oleh calon pendidik. Adapun kompetensi tersebut adalah sebagai berikut :
    1. Kompetensi profesional
    Kompentesi adalah kemampuan melaksanakan sesuatu yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Professional adalah sesorang yang mamapu menjalankan profesinya dengan baik, melalaui ketahlian yang dimiliki. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kopetensi professional adalah suatu kemampuan yang diperoleh dari pendidikan tertentu untuk membentuk keahlian perofesinya sehingga dapat menjalakn tugas dan kewajiaban sesuai dengan profesinya.
    2. Kompetensi Kepribadian
    Kompetensi kepribadian adalah mencakup kepribadian yang utuh, berbudi luhur, jujur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain; kemampuan mengembangkan profesi seperti berpikir kreatif, kritis, reflektif, mau belajar sepanjang hayat, dapat ambil keputusan. Hal ini dikarenakan guru haarus menjadi suritauladan atau menjadi contoh dalam kehidupan baik dalam keliarga maupun lingkungan masyarakat. Kepribadian mencakup semua unsur baik fisik maupun pisikis. Sehingga dapat diketahiu bahwa setiap tindakan sesorang merupakan cerminan dari kepribadaian orang tersebut. Jadi kompetensi kepribadaian adalah suatu kemampuan mengmbangakan profesi melalaui kepribadaian yang dimiliki.
    3. Kompetensi sosial
    Kompetensi sosial adalah suatu kemampuan meliputi penyesuaina diri terhadap lingkungan serta kemampuan untuk bersosialisasi baik dalam kerja sama dan interaksi. Kemampuan sosial sangat berpengaruh bagi pendidik, karena kompetensi sisoal dapat mencakup interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan interaktif. Kemampuan social tidak hanya diterapkan dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Misalnya adanya interaksi antar pendidik dan orang tua serta pendidik dengan lingkungan masyarakat.
    4. Kompetensi Pedagogik
    Pedagogik adalah seni dalam mengajar. Sedangkan kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam mengelola peserta didik meliputi pemahaman wawasan guru, pemahaman potensi dan keberagaman peserta didik, sehingga dapat menciptakan strategi pembelajaran sesuai dengan keunikan peserta didik, dan kemampuan mengembangkan bakat serta minat peserta didik memalui kegiatan-kehiatan di sekolah.
    Karena keempat kompetensi itu adalah kompetensi dasar bagi guru untuk menunjang dalam mencapai keprofesionalnya, atau dapat dikatakan untuk menjadi guru yang profesional Guru profesional bukan hanya untuk satu kompetensi saja yaitu kompetensi profesional tetapi guru profesional seharusnya meliputi semua kompetensi. Sedangkan anak usia dini adalah masa emas, dimana stimulus-stimulasi harus diberikan secara optimal. Sehingga dapat menjadi dasar yang baik bagi perkembangan anak selanjutnya.
    2. Jelaskan permasahalan apa yang akan terjadi jika Anda tidak memiliki 4 (empat) kompetensi tersebut?
    Permasahalan apa yang akan terjadi jika Anda tidak memiliki 4 (empat) kompetensi dasar adalah :
    a. Dari segi keprofesionalan, permasalahan yang terjadi adalah dapat merugikan peserta didik, karena kurangnya kemampuan pendidik dalam menjalankan kewajibannya sebagai pendidik
    b. Dari segi kepribadian, permasalahan yang terjadi adalah dapat mengurangiu kewibaan seorang guru sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.
    c. Dari segi kompetensi social, permasalahan yang terjadi tentunya berhubungan dengan interaksi yang terjadi baik dalam pembelajaran maupun diluar pembaelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif dan cenderung pasif.
    d. Masalah yang timbul dari segi pedagogic ialah kurangnya minat belajar bagi peserta didik. Karena kompetensi pedagogic merupakan seni dalam mendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.
    Apabila pendidik tidak memiliki 4 kompetensi dasar tersebut, maka guru tersebut dapat dikatakan tidak professional. Sehingga dapat mennghambat dalam tercapainya tujuan pendidikan. Selain itu, apabila pendidik tidak memiliki salah satu dari kompetensi dasar yang ada, berarti sama saja tidak dikatakan professional. Hal ini dikarenakan keempat kompetensi tersebut merupakan kompetensi pokok yang harus dimiliki dan kompetennsi tersebut saling berhubungan dan saling memepengaruhi.

  37. Nama: putri budi noviyanti
    Nim :2014.142.013
    Program study pendidikan anak usia dini
    1. Guru harus memiliki 4 kompetensi dasar dikarenakan ke empat kompetensi dasar ithu bersifat holistik dan integratif dalam kinerja guru. Jika guru memiliki 4 kompetensi dasar maka guru akan mengenali peserta didik secara mendalam, penguasaan bidang study baik disiplin ilmu maupun bahan ajar dalam kurikulum sekolah, guru dapat menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,evaluasi proses dan hasil belajar,serta tindak lanjut untuk perbaikan dan pengayaan, mengembangkan kepribadian dan propesionalitas secara berkelanjutan.jika guru memiliki 4 kompetensi dasar ini maka dapat menjadi guru yang profesional.
    2. Jika guru tidak memiliki 4 kompetensi dasar maka dikatakan guru yang tidak profesional dan tidak memenuhi syarat sebagai guru/pendidik.dalam mengajarnya tidak sesuai dengan kurikulum yg berlaku ,guru tidak memahami dinamika proses pembelajaran dengan baik,guru juga tidak dapat menunjukan kemampuan sikap dan pribadi yang dapat ditiru muridnya,dan tidak dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik.

  38. Nama : Fitri Yulia Santi
    NIM : 2014.142.019
    Prodi / Kelas : PG-PAUD / 3.A
    MK : Profesi dan etika keguruan

    1. Standar kompetensi pendidikan anak usia dini memang sangat diperlukan karena kompetensi ini telah menjadi acuan bagi seorang guru untuk menjadi pendidik yyang baik dan profesional. Kewajiban seorang gurudalam mendidik khususnya pendidik anak usia dini haruslah memiliki keempat kompetensi tersebut karenajika seorang pendidik belum memiliki keempat kompetensi tersebut maka guru belum dikatakan sebagai pendidik yang baik dan profesinal.
    2. Guru yang tidak memiliki keempat kompetensi tersebut akan susah dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik, guru tersebut juga dapat dikatakan belum memenuhi syarat. Karena sebagai seorang pendidik haruslah memiliki pedoman atau panduan agar dalam proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang di harapkan.

  39. Nama : Mutiyah Ajeng Tri Mulia
    Nim : 2014 142 082
    Prodi : PG-PAUD
    Mata Kuliah : Profesi dan Etika Keguruan
    Ass, buk ini jawaban UTS
    1. Jelaskan mengapa Anda sebagai calon pendidik AUD harus memiliki ke empat standar kompetensi tersebut ?
    2. Jelaskan permasalahan apa yang akan terjadi jika Anda tidak memiliki ke empat kompetensi tersebut ?
    Jawaban :
    1. Kompetensi guru adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus di miliki, di hayati, dikuasai, dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Jadi, kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.
    2. Yaitu kompetensi tiap guru harus memadai 4 kompetensi tersebut, kalau tidak maka guru tidak profesional.
    Kalau tidak memiliki kemampuan pedagogik maka guru tidak memahami terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanakan guru wajib memiliki kompetensi . Guru harus menjadi contoh dan teladan membangkitkan motivasi belajar siswa serta mendorong/ tidak memberikan motivasi dari belakang. Kemampuan guru tidak untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik. Kemampuan profesional, guru tidak penguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah.

  40. nama : Hidah wahyuni
    Nim 2014-142-015
    Program studi : pg -paud
    Mata kuliah profesi dan etika guru

    Jawaban :
    Jawaban no 1) yaitu karena k
    ompetensi guru itu sangat penting karena sebagai acuan bagi tercapainya salah satu tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan guru dimasa yg akan datang dan kompetensi wajib dimiliki oleh pendidik.,dan guru wajib memilliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional. Dan menjadikan guru yg berkwalitas. 2) yaitu : jika ke4 kompetensi tidak di miliki oleh seorang guru dan tidak mempunyai sikap propesional maka permasalahanya, ; murid yang dididik sulit untuk tumbuh dan berkembang dg baik-murid akan sulit untuk mengerti- murid akan bersikap tidak baik- dan murid sulit sekali untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara baik, jd ke4 konpetensi tersebut sangat penting sebagai acuan kita untuk mengajar dan menjadi guru yg profesional.

What do you think a bout

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s