RSS

Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi Belgia – Indonesia

28 Jun

A. Pendahuluan

Pendidikan Nasional Indonesia di abad ke-21 menghadapi tantangan yang berat, yaitu tantangan globalisasi, otonomi daerah, dan desentralisasi pendidikan untuk mengembangkan pendidikan yang relevan dengan lingkungan kehidupan warga belajar serta didukung oleh masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM atau HDI dan daya saing bangsa, jelas peranan pembangunan pendidikan amat penting. Dalam hal ini, Indonesia dapat belajar dari pembangunan pendidikan yang dilakukan oleh-negara-negara lain.

Membandingkan adalah bagian dari suatu proses pengembangan dan kemajuan, baik di dalam kehidupan individu maupun dalam konteks kehidupan bernegara dan berbangsa, termasuk di dalamnya membandingkan system pendidikan.

Mengetahui system pendidikan di Negara-negara lain jelas akan memperluas cakrawala dan khasanah dan dengan itu kita dapat menarik manfaat dalam membenahi pendidikan kita.

Sebelumnya kita telah membahas perbandingan system pendidikan di Negara-negara lain seperti Asia Tenggara, Korea, Jepang China, dan Timur Tengah. Maka dalam Kesempatan ini, akan membahas perbandingan sistem pendidikan Indonesai dengan Negara Belgia, yaitu salah-satu Negara bagian Eropa Barat.

Belgia mempunyai mempunyai sembilan universitas terkemuka. Salah satunya adalah  Vrije Universiteit Brussel (VUB). VUB merupakan universitas di bawah Universiteit Libre Brussel yang dalam bahasa Perancis Université de Bruxelles (ULB), didirikan pada tahun1834. VUB ini dikenal dengan berpikir kritis, pendekatan interdisipliner, dan keterbukaan staf pengajaran.

Universtas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas yang dimiliki Indonesia pada peringkat pertama setelah Universitas Indonesia dalam 5 tahun terakhir. UGM merupakan Universitas dengan Sistem Penjaminan Mutu Terbaik di ASEAN bersama dengan National University of Singapore dan Chulalongkorn University.

Menyimak latar belakang kedua Perguruan di atas, maka dalam pembahasan ini penulis akan mengangkat Perguruan Tinggi VUB untuk Belgia dan Perguruan Tinggi UGM untuk Indonesia sebagai perbanding system pendidikan Perguruan Tinggi di Belgia dan Indonesia. Adapun rumusana masalah pada makalah ini  adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah profil Negara Belgia – Indonesia?
  2. Bagaimanakah Sistem Pendidikan Belgia – Indonesia ?
  3. Bagaimanakah Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi VUB di Belgia – UGM di Indonesia?

Dan tujuan penulisan makalah ini adalah

  1. Untuk mengetahui bagaimanakah profil Negara Belgia dan Indonesia.
  2. Untuk mengetahui bagaimanakah sistem pendidikan di Belgia dan Indonesia.
  3. Untuk mengetahui sistem Pendidikan Perguruan Tinggi VUB di Belgia – UGM di Indonesia

 

  1. B.  Profil Negara Belgia – Indonesia
  2. 1.  Belgia

Belgia (secara resmi disebut Kerajaan Belgia) adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri Uni Eropa dan menjadi ibukota Uni Eropa, serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO. Belgia meliputi wilayah seluas 30.528 Km² dan memiliki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa.

Terletak di antara dua perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin, Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria dan Perancis, yang mana sebagian besarnya adalah Walloon dan sekelompok kecil dari Jerman pelafal.

Dari tinjauan Geografis, dua area terbesar dari Belgia adalah Belanda yang merupakan area dari Flanders yang ada di utara, dengan 59% dari populasi secara keseluruhan, dan Perancis- terletak di bagian selatan dari area Wallonia, dengan populasi sebesar 31% Brussels-Capital Region. Walaupun secara resmi memiliki dua bahasa nasional, namun pada umumnya area yang berbahasa Perancislah yang mendominasi enclave dari keseluruhan wilayahnya sekitar dengan Flemish Region dan berdekatan dengan Walloon Region, dan memiliki populasi sebesar 10% dari populasi keseluruhan. Namun sekelompok kecil penutur Bahasa Jerman juga tinggal di arah timur dari Wallonia. Keaneka ragaman bahasa yang dituturkan di Belgia dan sikap politik serta pertentangan kultural tergambar dalam sejarah politik dan sebuah sistem pemerintahan yang kompleks.

Nama ‘Belgia’ berasal dari Gallia Belgica, sebuah provinsi Roman di area selatan jauh dari Gaul yang didiami oleh Belgae, suatu campuran dari etnik Celtic dan orang-orang Germanic. Dari sejarah, Belgia, Belanda dan Luksemburg dikenal sebagai Negara-Negara bawah, yang dulunya menempati area yang lebih luas dari kelompok negara-negara Benelux saat ini. Sejak dari Abad Pertengahan hingga abad ke-17, area itu sudah menjadi pusat dari perdagangan dan kebudayaan. Sejak dari abad ke-16 hingga revolusi Belgia yang terjadi pada tahun 1830, banyak terjadi perang saudara memperebutkan kekuatan Eropa dan seringnya terjadi di area Belgia, menyebabkannya dijuluki “Lapangan Perang dari Eropa” dan “kokpit dari Eropa” — a reputation strengthened by both World Wars. ketika mendapatkan kemerdekaannya, Belgia berpartisipasi aktif dalam Revolusi Industri, membuatnya kuat dan membutuhkan banyak material; aspek terakhir adalah faktor yang ditimbulkan sejak zaman Kerajaan Belgia Kolonial.

Tabel. 1

Batas Wilayah Belgia

 

Utara

Belanda

Selatan

Perancis

Tabel. 2

Biografi Belgia

 

No

Komponen-Komponen

Keterangan

1

Ibu Kota Brussel

2

Bahasa Belanda, Perancis, Jerman

3

Pemerintahan Federal Parlementer Monarki Konstitusional

4

Perdana Menteri Elio Di Tupo

5

Kemerdekaan Merdeka dari Belanda: 04 Okt 1830Pengakuan: 19 Maret 1838

6

Luas 30,528 Km²

7

Perairan (%) 6,4 %

8

Penduduk 11.007.020 (Perkiraan 2011)

9

Mata Uang Euro

10

Lagu Kebangsaan Brabanconne

11

Motto Eendracht maakt macht (Belanda)L’union fait la force (Perancis)

Eiigkeit macht stark (Jerman)

 

Tabel. 2 di atas menjelaskan batas wilayah Suriname. Wilayah bagian utara berbatasan dengan Negara Belanda. Sebelah Selatan dengan Negara Perancis. Dan pada Tabel. 3 menjelaskan biografi Indonesia mulai dari ibu kota samapai pada lagu kebangsaan.

  1. 2.  Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Dengan populasi sebesar 237.556.363 Jiwa ( sensus 2010), Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. Ibukota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (“pulau luar”, di samping Jawa yang dianggap pusat).  sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa, yang memberikan cuaca tropis. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU – 11°08′LS dan dari 95°’BT – 141°45′BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, dimana setengah populasi Indonesia bermukim. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatera dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km². Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut: 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif: 200 mil laut, searah penjuru mata angin, yaitu (http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia):

 

Tabel. 3

Batas Wilayah Indonesia

 

Utara

Negara Malaysia dengan perbatasan sepanjang 1.782 Km, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan

Selatan

Negara Australia, Timor Leste, dan Samudra Indonesia

Barat

Samudra Indonesia

Timur

Negara Papua Nugini dengan perbatasan sepanjang 820 Km, Timor Leste, dan Samudra

 

 

Tabel. 4

Biografi Indonesia

 

No

Komponen-Komponen

Keterangan

1

Ibu Kota DKI Jakarta

2

Bahasa Indonesia

3

Pemerintahan Republik Presidensial

4

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

5

Kemerdekaan Belanda 17Agustus 1945Diakui sebagai RIS 27 Desember 1949

6

Luas 1,904,569 km

7

Air (%) 4.85%

8

Penduduk 237.556.363 Jiwa ( sensus 2010)

9

Mata Uang Rupiah (Rp)

10

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

11

Motto Bhinneka Tunggal Ika

Tabel. 3 di atas menjelaskan batas wilayah Indonesia. Wilayah bagian utara berbatasan dengan Negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina. Sebelah Selatan berbatasan dengan Negara Australia, Timor Leste, dan Samudra Indonesia. Sebelah barat dengan Indonesia. Sebelah timur, Papua Nugini, Timor Leste, dan Samudera Pasifik.

Tabel. 4 menjelaskan biografi Indonesia mulai dari ibu kota samapai pada lagu kebangsaan.

C. Sistem Pendidikan Belgia – Indonesia

  1. 1.  Sistem Pendidikan Belgia

Pada dasarnya sistem pendidikan di Belgia mirip dengan sistem pendidikan di Eropa dan Amerika. Pendidikan di Belgia wajib bagi  anak yang berumur 6-18 tahun. Selama masa wajib belajar ini (plus masa TK), semua pendidikan gratis. Hanya ada beberapa hal yang harus mengeluarkan biaya seperti baju olah raga serta peralatan penunjang lainnya. Namun demikian, kita pun dapat mengajukan bantuan kepada pemerintah belgia melalui program studietoelagen. Melalui program ini setiap anak diberikan bantuan pendidikan. Pendidikan secara umur terbagi menjadi 3 tahapan:

  1. a.  Pendidikan Dasar (Basisonderwijs)

1)    TK (kleuteronderwijs) untuk anak berumur 2.5-6 tahun. Pendidikan ini tidak wajib, anak boleh masuk sekolah sehari penuh (08.35 -15.25) atau hanya setengah hari. Di masa TK ini pendidikan lebih banyak menekankan kepada permainan, kesenian dll. Belum ada pelajaran membaca atau menulis ataupun matematika.

2)    SD (lager onderwijs). Mulai umur 6 tahun anak-anak sudah diwajibkan untuk masuk SD sehari penuh.  Jika tidak, maka orang tua akan mendapatkan teguran dari pemerintah.  Disini sang anak mulai diajarkan membaca, menulis serta matematika dasar.

 

  1. b.  Pendidikan Menengah (Secundair Onderwijs) (6-18 th):

Di pendidikan menengah, siswa sudah mulai dijuruskan sesuai dengan minat serta kemampuan masing-masing. Terdapat empat jenis pendidikan menengah:

1)    Pendidikan umum, ASO (Algemeen Secundair Onderwijs): Sekolah ini bersifat umum (setara SMU/SMA kalau di Indonesia), materi yang diberikan tidak dijuruskan kepada bidang-bidang tertentu. Lulusan dari sekolah ini diharapkan masuk ke Universitas.

2)    Pendidikan Teknik. TSO (Technisch Secundair Onderwijs): Tipe yang kedua ini lebih menjurus ke bidang Teknik (seperti STM di Indonesia). Siswa diberi teori dan juga aplikasi mengenai teknik.  Lulusannya akan langsung diserap oleh lapangan kerja.

3)    Pendidikan untuk bekerja, BSO (Beroepssecundair Onderwijs): Sekolah yang ketiga ini lebih aplikatif. Siswa langsung diberikan materi yang siap pakai di lapangan kerja. Lulusan BSO tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Mereka langsung bekerja setelah lulus.

4)    Pendidikan Seni, KSO (Kunstsecundair onderwijs): Sekolah ini diperuntukkan bagi siswa yang sangat terarik akan kesenian, mulai dari seni suara, seni peran, seni tari, serta seni rupa. Lulusan sekolah ini dapat melanjukan ke pendidikan tinggi dibidangnya masing-masing (terutama hogeschool).

 

  1. c.  Pendidikan Tinggi (Hoger Onderwijs)

1)    Universitas (universiteit): Universitas lebih menekankan kepada pendidikan untuk penelitian dan pengembangan ilmu (science). Jenjang pendidikannya sama seperti di Indonesia hanya saja lama studinya sedikit berbeda. Program sarjana (Bachelor) ditempuh dalam tiga tahun (sebelumnya malah 2 tahun), Master 1-2 tahun (terdapat master and advance master (master after master)), serta program Doktorat, 4-5 tahun.

2)    Politeknik/sekolah tinggi (hogeschool): Biasanya peminatnya adalah lulusan TSO serta KSO di pendidikan menengah seperti halnya politeknik atau sekolah tinggi di Indonesia. Sekolah ini lebih fokus kepada ilmu terapan dan lulusannya pun disiapkan untuk langsung  bekerja.

  1. 2.  Sistem Pendidikan di Indonesia
    1. Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar merupakan pendidikan 9 tahun yang terdiri atas program pendidikan 6 tahun yang diselenggarakan di SD dan 3 tahun di SMP. Kurikulum pendidikan dasar menerapkan sistem semester yang membagi waktu belajar satu tahun ajaran menjadi dua bagian waktu, yang masing-masing disebut semester gasal dan semester genap. Kurikulum pendidikan dasar disusun untuk mencapai tujuan pendidikan dasar. Kurikulum pendidikan dasar disusun untuk mencapai tujuan pendidikan dasar. Kurikulum pendidikan dasar merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan SMP atau Madrasah Tsanawiyah (MTS).

Padanan dari SD adalah MI, sedangkan SMP adalah MTS. Bedanya, SD dan SMP berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), sedangkan MI dan MTS di bawah Departemen Agama (Depag). Di samping itu, komposisi kurikulum agamanya lebih banyak di MI dan MTS dengan rasio 70% umum:30% agama, sedangkan di SD dan SMP hanya memberikan pelajaran agama dua jam pelajaran dalam satu pekan. Jam belajar di SD lebih panjang dari pada TK. Normalnya siswa masuk kelas pikil 07.00 dan pulang pada pukul 12.00. Meskipun demikian, sebagian SD, terutama yang bernaung di bawah ormas Islam seperti Muhammadiyah dan NU, menambah jam belajarnya, baik untuk kegiatan ekstra kurikuler maupun pelajaran yang menjadi ciri khas ormas Islam tersebut sehingga siswa bisa pulang sekolah pada pukul 13.30. Beberapa SD unggulan kadang kala memperpanjang jam belajarnya hingga sore hari atau biasa dikenal dengan full days school. Di sini siswa masuk mulai pukul 07.00 dan pulang pada pukul 16.00, sementara istirahat, sholat, makan siang dimasukkan dalam program pendidikan oleh lembaga tersebut.

  1. Sekolah Menengah

Sekolah menengah atas (disingkat SMA; bahasa Inggris: Senior High School), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Pada tahun kedua (yakni kelas 11), siswa SMA dapat memilih salah satu dari 3 jurusan yang ada, yaitu Sains, Sosial, dan Bahasa. Pada akhir tahun ketiga (yakni kelas 12), siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan SMA dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja

Pelajar SMA umumnya berusia 16-18 tahun. SMA tidak termasuk program wajib belajar pemerintah – yakni SD (atau sederajat) 6 tahun dan SMP (atau sederajat) 3 tahun.

SMA diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan SMA negeri di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, SMA negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota.

  1. Pendidikan Tinggi

Setelah seorang siswa yang telah menamatkan studi di SMA atau yang setaraf dengannya, apabila ia bermaksud untuk melanjutkan pendidikannya bisa memilih perguruan tinggi manapun yang ada di Indonesia. Berbeda dengan sekolah menengah, perguruan tinggi menerapkan sistem kredit semester (SKS). Di perguruan tinggi, seorang mahasiswa jika dapat menghabiskan jumlah kredit mata kuliah yang ditargetkan dan dapat menempuhnya dalam waktu tertentu sesuai dengan rencana yang diprogramkan, mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan pendidikan tinggi Strata 1 (S 1) dalam waktu 4 tahun. Namun bila tidak sanggup karena banyak mengulang mata kuliah yang rendah nilainya atau karena cuti, waktu yang ditempuh untuk diwisuda sebagai seorang sarjana bisa lebih dari 4 tahun. Kalau ia berhasil wisuda dan berniat melanjutkan studi lanjut, masih ada dua tahap dalam pendidikan tinggi yang dapat ditempuhnya, yaitu jenjang S 2 atau Magister yang normalnya ditempuh selama 2 tahun dan jenjang S 3 atau Doktor yang efektifnya ditempuh selama 2 tahun, sedangkan sisanya untuk penelitian. Apabila seluruh tahap pendidikan tinggi ini ditempuh, diberi gelar Doktor untuk bidang yang dipilihnya. Jenjang ini mengakhiri karier akademik seseorang secara formal.

Seperti halnya di banyak negara lain, di Indonesia juga dikenal adanya perguruan tinggi negeri yang dikelola langsung oleh pemerintah dan perguruan tinggi swasta. Dalam realitasnya, pelajar Indonesia banyak yang mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terlebih dahulu, baru menetapkan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kesan sekolah negeri dan PTN lebih unggul dan absah serta dianggap lebih mudah mendapat kerja masih melekat dan banyak diyakini oleh masyarakat. Padahal, setelah peraturan Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk perguruan tinggi diberlakukan dengan status terakreditasi dan nonterakreditasi, sebenarnya PTN dan PTS diperlakukan sama. Bahkan, bisa jadi PTS mendapat nilai lebih baik daripada PTN. Soal unggul dan jaminan kerja merupakan perkara yang relatif. Perguruan tinggi sekedar menyiapkan pesertanya untuk bermasyarakat, sedang keberhasilan itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Perguruan tinggi diharapkan berfungsi sebagai agent of change bagi pola kehidupan masyarakat modern. Sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian, pendidikan dilangsungkan dalam bentuk perkuliahan di ruang kelas, penelitian atau riset dilakukan terutama oleh mahasiswa semester akhir sebelum diwisuda (berupa penulisan skripsi, tesis, ataupun disertasi), sedangkan pengabdian dilakukan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), atau kalau di universitas keguruan berupa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) (Abd. Rachman Assegaf, 2003: 275-276).

D. Sistem Pendidikan Vrije Universiteit Brussel (VUB) Belgia.

Seperti yang telah tertera dalam rumusan masalah di atas tulisan ini hanya difokuskan membahas mengenai pendidikan Sarjana (S1) dan Pascasarjana. Karena mayoritas pelajar Indonesia yang datang ke Belgia bertujuan untuk belajar pada jenjang ini. Berikut adalah daftar universitas-universitas besar yang ada di Belgia sebagai (http://roilbilad.wordpress.com/2010/12/11/sistem-pendidikan-dan-perkuliahan-di-belgia/ diakses tanggal 27/03/2012, pukul 16:23):

  • Catholic University of Louvain (CUL)
  • Katholieke Universiteit Leuven (KUL)
  • University of Hasselt (UHasselt)
  • Université Libre de Bruxelles (ULB)
  • University of Antwerp (UA)
  • University of Ghent (UGent)
  • University of Liège (ULiege)
  • University of Namur (UNamur)
  • Vrije Universiteit Brussel (VUB)

 

  1. 1.  Profil Vrije Universiteit Brussel 
  1. Top of Form

Top of Form

Vrije Universiteit Brussel (VUB) adalah universitas di bawah Universiteit Libre Brussel yang dalam bahasa Perancis Université de Bruxelles (ULB), didirikan pada tahun1834. VUB ini dikenal dengan berpikir kritis, pendekatan interdisipliner, dan keterbukaan staf pengajaran. VUB ini menawarkan program Bachelor dan Master, serta PhD, dalam berbagai domain, dan terkenal di dunia untuk penelitiannya (http://www.studyinginbrussels.be/diakses tanggal 27/03/2012).

Kampus utama VUB Etterbeek hanya metro sedikit atau halte trem dari pusat kota bersejarah. Kampus ini adalah ruang hijau dan rindang, dan mencerminkan suasana internasional dan keragaman Brussels itu sendiri. Hal ini juga terletak sangat dekat dengan lembaga-lembaga Uni Eropa dan lembaga-lembaga internasional seperti NATO. Di kampus VUB terdapat berbagai macam fasilitas termasuk fasilitas olahraga dan rekreasi yang luas, bank, perpustakaan dan kafetaria.Top of Form

Vrije Universiteit Brussel telah berpartisipasi dalam program Erasmus selama lebih dari 20 tahun dan merupakan pemegang Erasmus University Piagam (EUC).

Saat ini, Vrije Universiteit Brussel memiliki lebih dari 300 perjanjian bilateral Erasmus dengan 293 universitas rekanan di seluruh Eropa yang memungkinkan untuk mobilitas mahasiswa dan staf. Berdasarkan kontrak ini, kami bisa menampung hingga 500 siswa yang masuk dari Sarjana untuk tingkat Doktor. Kontrak juga memungkinkan untuk mobilitas staf hingga 100 dosen tamu per tahun.

Setiap tahun di Vrije Universiteit Brussel menyambut lebih dari 150 siswa yang masuk Erasmus dari seluruh Negara Eropa mulai dari Lithuania untuk TurkeyThe Vrije Universiteit Brussel adalah sebuah universitas Flemish terletak di Brussels, Belgia. Ini memiliki dua kampus disebut sebagai Etterbeek dan Jette.

Nama universitas kadang-kadang disingkat dengan “VUB” atau diterjemahkan ke “Free University of Brussels”. Namun, kebijakan resmi dari universitas untuk tidak menggunakan singkatan atau terjemahan dari namanya, karena kebingungan mungkin dengan universitas lain yang memiliki nama yang diterjemahkan sama: berbahasa Prancis Université Libre de Bruxelles.

Bahkan, Vrije Universiteit Brussel dibentuk dengan memisahkan pada tahun 1970 dari Libre de Bruxelles Université sama, yang didirikan pada tahun 1834 oleh pengacara Flemish-Brussels Pierre-Théodore Verhaegen. Dia ingin mendirikan universitas independen dari negara dan gereja, di mana kebebasan akademik akan menjadi lazim. Hal ini saat ini masih tercermin dalam moto tenebras Scientia vincere universitas, atau kegelapan Penaklukan dengan ilmu pengetahuan, dan di lebih baru slogan Redelijk nya eigenzinnig, atau Cukup berpendirian. Dengan demikian, universitas adalah pluralistik – itu adalah terbuka untuk semua siswa atas dasar kesetaraan tanpa memandang latar belakang ideologi, politik, budaya atau sosial – dan dikelola menggunakan struktur demokrasi, yang berarti bahwa semua anggota – dari siswa untuk fakultas – berpartisipasi dalam pengambilan keputusan proses (http://www.vub.ac.be/ diakses pada tanggal 27/03/2012).

Vrije Universiteit Brussel menawarkan program sarjana dalam bahasa Inggris diajarkan di College Vesalius.

1)  Bisnis Utama

2)  Komunikasi Mayor

3)  Hubungan Internasional Mayor

  1. 2.  Program Pendidikan
    1. Ilmu Pengetahuan Terapan dan Rekayasa: Terapan Ilmu Komputer (120 kredit ECTS)
    2. Ilmu Pengetahuan Terapan dan Rekayasa: Ilmu Komputer (120 kredit ECTS)
  • Teknik Arsitektur (120 kredit ECTS)
  • Biologi (termasuk Ekologi Manusia ICP) (120 kredit ECTS)
  • Rekayasa Biomedis (120 kredit ECTS)
  • Ilmu Biomolekuler (120 kredit ECTS)
  • Bisnis & Teknologi (120 kredit ECTS)
  • Kimia dan Material (120 kredit ECTS)
  • Teknik Sipil (120 kredit ECTS)
  •  Ilmu Komunikasi (60 kredit ECTS)
    • Ilmu Pendidikan (120 kredit ECTS)
    • Elektromekanik Teknik (120 kredit ECTS)
    • Elektronik dan Informasi Technolgy Teknik (120 kredit ECTS)
    • Erasmus Mundus Master of Science dalam Photonics (120 kredit ECTS)
    • Uni Eropa Kebijakan (60 ECTS)
    • Internasional Master Sciene dalam Rekayasa Biomedis (120 kredit ECTS)
    • Geografi (120 kredit ECTS)
    • Manajemen (60 kredit ECTS)
    • Manajemen Sains (120 kredit ECTS)
    • Kelautan dan endapan danau Sains dan Manajemen (120 kredit ECTS)
    • Biologi Molekuler (120 kredit ECTS)
    • Sumberdaya Lahan Fisik (120 kredit ECTS)
    • Photonics Sains dan Teknik (120 kredit ECTS)
    • Studi Perkotaan (4Cities) (120 kredit ECTS)
    • Teknik Sumber Daya Air (120 kredit ECTS)Top .

Untuk belajar di Vrije Universiteit Brussel, diperlukan memiliki bahasa Inggris yang baik (kecuali jika telah dapat berbicara dengan tutur bahasa asli. Oleh karenanya bagi mahasiswa asing perlu melampirkan:

a)   Untuk menunjukkan bahwa Anda telah belajar di Inggris atau;

b)   Untuk menghasilkan sebuah ‘Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) skor lembar dengan hasil minimal 213 (tes komputer = 550 tes kertas)

  1. 3.  Sistem Perkuliahan

Sistem pendidikan tinggi di Belgia dimulai dari tahap Sarjana (Sarjana dari universitas (S1) dan Hogescolen atau politeknik yang setara universitas (mirip program D4 di tanah air), Master, dan program Doktoral. Lulusan program sarjana dari politeknik, selain dapat melanjutkan ke progrm master, juga dapat melanjutkan pendidikan ke program sarjana lanjutan (spesialisasi). Demikian pula untuk lulusan master, selain dapat melanjutkan ke program doktoral, mereka juga dapat melanjutkan ke pendidikan master lanjut/terspesialisasi (di Belanda dikenal dengan program post master; diselenggarakan misalnya di TUDelft, TUE, dll) (http://roilbilad.wordpress.com/2010/12/11/sistem-pendidikan-dan-perkuliahan-di-belgia/ diakses tanggal 27/03/2012, pukul 16:23).

  1. 4.  Bahasa Pengantar

Belgia secara umum terbagi menjadi dua wilayah besar yaitu Flanderen yang menggunakan bahasa Belanda dan Walloni yang berbahasa Perancis. Pendidikan dasar dan diploma/sarjana disampaikan dalam bahasa Belanda atau Perancis tergantung di wilayah mana universitas tersebut berada. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mata kuliah tertentu, tergantung kesepakatan antara dosen dan mahasiswa.

Untuk program-program pascasarjana, bahasa pengantarnya cukup fleksibel. Program internasional menggunakan bahasa Inggris sedangkan program lainnya, jika terdapat mahasiswa asing yang tidak menguasai bahasa lokal, digunakan bahasa Inggris. Untuk program S3, komunikasi sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris. Meskipun demikian, sebagian mahasiswa lokal tetap menggunakan baik bahasa Belanda maupun bahasa Perancis (http://roilbilad.wordpress.com/2010/12/11/sistem-pendidikan-dan-perkuliahan-di-belgia/ diakses tanggal 27/03/2012, pukul 16:23).

 

 

  1. 5.  Persyaratan dan Ujian Masuk

Dalam prasyarat ujian masuk perkuliahan di Belgia, dalam tulisan ini akan dibedakan dalam dua kelompok, yaitu 1) program diploma, sarjana, dan master. 2) program doctoral (S3) (http://roilbilad.wordpress.com/2010/12/11/sistem-pendidikan-dan-perkuliahan-di-belgia/ diakses tanggal 27/03/2012, pukul 16:23).

1)  Program Diploma, Sarjana dan Master

Karena standar jenjang pendidikan yang dianut sama dengan di Indonesia, lulusan SMU dapat melamar ke jenjang diploma ataupun sarjana dan lulusan sarjana dapat melamar ke jenjang pascasarjana. Namun demikian, untuk jurusan tertentu seperti kesehatan, harus melakukan ekuivalensi/penyetaraan terlebih dahulu. Ijazah jurusan-jurusan kesehatan seperti kedokteran umum, keperawatan, kebidanan tidak diakui di Belgia.

Secara lengkap, persyaratan yang diperlukan untuk masuk dapat dilihat melalui website universitas masing-masing atau untuk lebih jelasnya dapat ditanyakan di bagian kantor international universitas masing-masing. Biasanya penentuan penerimaan hanya melalui seleksi administrasi saja tanpa ada wawancara.

Hampir semua jurusan tidak mengadakan ujian saringan masuk, kecuali kedokteran dan kedokteran gigi. Biasanya mahasiswa Indonesia yang akan mengambil kuliah S1 di Belgia menghabiskan tahun pertamanya untuk mengikuti program pendidikan bahasa. Setelah persyaratan bahasa dipenuhi barulah calon mahasiswa tersebut diizinkan untuk mengikuti perkuliahan. Bagi yang mengambil jurusan kedokteran umum dan kedokteran gigi harus melalui ujian tulis terlebih dahulu. Materi ujian biasanya standar, hampir sama dengan tingkat kesulitan ujian saringan masuk nasional di Indonesia, dan hanya berbeda dari segi bahasa yang digunakan.

2)  Program Doktoral (S3)

Untuk program S3, biasanya harus melewati tahap seleksi wawancara, baik secara langsung (diundang ke Belgia) atau secara tidak langsung melalui telepon atau teleconference. Penentuan penerimaan mahasiswa S3 diputuskan melalui rapat komite doktorat. Keputusannya dapat berupa: tidak diterima, diterima langsung sebagai mahasiswa S3, atau harus melalui tahap pre-doktoral. Program doktoral di Belgia umumnya ditempuh selama 4 tahun. Kontrak dari universitas untuk mahasiswa program S3 umumnya 2 x 2 tahun (evaluasi setelah melewati 2 tahun pertama, seperti misalnya di UHasselt) atau evaluasi tiap tahun (misalnya di KULeuven).

Program pre-doktoral merupakan proses seleksi lanjut calon mahasiswa S3. Lama program pre-doktoral ini berkisar antara enam bulan sampai dengan satu tahun, tergantung dari keputusan doctoral comittee fakultas. Beberapa profesor mengharuskan calon mahasiswa pre-doktoral tersebut untuk mengambil beberapa mata kuliah serta harus mengikuti ujian walau ada juga yang tidak mensyaratkan.  Namun, hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa semua mahasiswa pre-doktoral diwajibkan melakukan penelitian. Penelitian ini dapat berupa penelitian sendiri atau penelitian dari profesor tempat kita bekerja. Di akhir program, mahasiswa mempresentasikan hasil penelitiannya dihadapan penguji (sekitar tiga sampai dengan enam orang profesor), pembimbing dan atau para promotornya. Setelah presentasi dan ujian ini, mahasiswa akan segera diberitahu hasil penilaiannya, dan beberapa hari kemudian akan menerima sertifikat program pre-doktoral. Jika mendapatkan grade distinction atau cumlaude maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus dan berhak untuk masuk ke program doktoral. Contoh  info praktis tentang program pre-doktoral ada link berikut (http://issuu.com/miekehafidz/ diakses tanggl 28/03/2011).

 

 

 

  1. F.  Sistem Pendidikan Universitas Gadjah Mada Indonesia

Tahun 2008, UGM berada pada peringkat 360 Dunia (Terbaik di Indonesia), disusul Universitas Indonesia pada posisi kedua dan Institut Teknologi Bandung di posisi ketiga. Pada Tahun 2010, Posisi UGM meningkat menjadi Peringkat 250 Dunia, Peringkat dibuat menurut versi Times Higher Education Supplement World University Rankings. Rangking Webometric Universitas Dunia menempatkan UGM di Rangking 72 di Asia, Posisi UGM merupakan Rangking Pertama di Indonesia secara konsisten dalam 5 tahun berturut-turut : 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2011. Peringkat Dunia UGM tidak hanya unggul pada level Universitas. Pada level Fakultas (atau Kelompok Keilmuan), UGM mendominasi Peringkat Terbaik di Indonesia.

Peringkat 47 Dunia untuk Kategori Ilmu Sosial (Terbaik di Indonesia): meliputi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi. Peringkat 70 Dunia untuk Kategori Ilmu Humaniora (Terbaik di Indonesia) : meliputi Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Filsafat. Peringkat 73 Dunia untuk Kategori Ilmu Hayati dan Biomedis (Terbaik di Indonesia): meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Biologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Pertanian, dan lain-lain.

Universitas Gadjah Mada merupakan Universitas dengan Sistem Penjaminan Mutu Terbaik di ASEAN bersama dengan National University of Singapore dan Chulalongkorn University.

  1. 1.  Profil Universitas Gadjah Mada

 

 

 

 

 

Universitas Gadjah Mada (bahasa Inggris: Gadjah Mada University), disingkat UGM, merupakan universitas negeri tertua di Indonesia, terletak di Yogyakarta. Didirikan pada 19 Desember 1949, Gadjah Mada merupakan universitas pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka.

Nama Gadjah Mada berawal dari dibentuknya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada yang terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Kesusasteraan. Pendirian diumumkan di Gedung KNI Malioboro pada tanggal 3 Maret 1946 oleh Mr. Boediarto, Ir. Marsito, Prof. Dr. Prijono, Mr. Soenario, Dr. Soleiman, Dr. Buntaran dan Dr. Soeharto.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

  1. 2.  Program Pendidikan

Tujuan umum program pendidikan profesional adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu. Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Diploma 1, Program Diiploma III, Program Diploma IV, Program Profesi, dan Program Spesialis I :

a)   Program Diploma I mempunyai beban studi komulatif 40 – 50 sks, dijadikan untuk 2 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 2 – 4 semester. Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik yaitu Program Studi Survei Pengukuran dan Pemetaan.

b)   Program Diploma III mempunyai beban studi komulatif 110 – 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 – 20 semester.

c)   Program Diploma IV mempunyai beban studi komulatif 144 – 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 – 14 semester.

d)   Program Pendidikan Profesi mempunyai beban studi komulatif 20 -40 sks, dijadwalkan untuk 2 – 6 semester setelah Program Sarjana. Program Profesi diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan dan Psikologi.

e)   Program Spesialis I yang mempunyai beban studi 36 – 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah Program Sarjana/ Profesi. Program Spesialis I diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Hukum.

 

  1. 3.  Sistem Perkuliahan

Pelaksanaan pendidikan diawali dengan pendaftaran dan pendaftaran ulang. Pendaftaran atau pendaftaran ulang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa yang baru diterima dan semua mahasiswa Universitas Gadjah Mada, pada awal setiap tahun akademik atau setiap semester.

Setiap mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa UGM, mempunyai hak untuk mengikuti perkuliahan yang diselenggarakan pada semester itu. Mata kuliah yang disediakan meliputi mata kuliah wajib dan pilihan. Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang diwajibkan ditempuh oleh semua mahasiswa pada program studi ini.  Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang sesuai dengan minat. Kegiatan perkuliahan tersebut diselenggarakan untuk memenuhi beban pendidikan yang diwajibkan.

Sistem pendidikan di UGM dilaksanakan dengan menggunakan sistem kredit semester. Dalam sistem kredit, perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan program pendidikan menggunakan satuan kredit sebagai tolok ukur beban studi. Kegiatan pendidikan didasarkan pada tujuan pendidikan maka proses pembelajaran dikembangkan meliputi :

 

  1. Memotivasi dan menanamkan keingintahuan (learning to know).
  2. Memberikan latihan-latihan atau praktikum dan tugas-tugas mandiri (learning to do) untuk mencari cara penyelesaian suatu masalah biologi.
  3. Memberi tugas presentasi suatu topik tertentu (learning to be) untuk memacu mahasiswa agar dapat mengemukakan pendapat dan berargumentasi dengan benar sesuai penalaran biologi secara logika.
  4. Memberi bekal cukup untuk bekerjasama dengan bidang lain yang terkait dan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya atau berkehidupan bersama untuk bekerjasama (learning to live together).
  1. 4.  Bahasa Pengantar

Secara umum setiap Kegiatan Belajar Mengajar, baik  ditingkat Pendidikan Dasar sampai pada jenjang Perguruan Tinggi bahasa pengantar yang diwajibkan adalah bahasa Indonesia. Namun tidak sedikit ditemukan lembaga pendidikan yang menggunakan bahasa lain. Seperti bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Bahasa pengantar di UGM pun demikian. Bahasa pengantar utama adalah bahasa Indonesia. Bahasa Inggris digunakan pada perkuliahan umum. Di kels digunakan jika terdapat mahasiswa asing. Selain itu bahasa pengantar di UGM juga tergantung kesepakatan antar mahasiswa dan dosen, sehingga tidak terjadi misscomunication antar keduanya.

  1. 5.  Persyaratan Masuk

Setiap calon mahasiswa wajib mengikuti Persyaratan – persyaratan sebagai berikut:

1) Syarat Umum PBU

  • Pada tahun ajaran 2011/2012 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/SMK
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

2)  Syarat Khusus PBU

  1. Peserta PBUTM

Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelasnya pada semester lima, atau 75% terbaik pada semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari pejabat terkait.Berasal dari keluarga tidak mampu, didukung dengan data :

  • Fotokopi Kartu Keluarga yang disahkan pejabat desa.
  • Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan (oleh camat bagi non karyawan, oleh Bendahara Gaji Pegawai bagi karyawan institusi).
  1. Peserta PBUPD

Pengusulan calon oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari pejabat terkait. Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.

  1. Peserta PBUB

Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, dan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut memiliki kemampuan menyelesaikan pendidikan. Mempunyai prestasi bidang ipteks sesuai program studi yang dipilih.

  1. Peserta PBUSMAK

Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelasnya pada semester lima, atau 75% terbaik pada semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut akan dapat tekun dan berhasil dalam menyelesaikan pendidikan di Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Kesanggupan Orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.

3)  Syarat Umum Ujian Tulis

Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2010 s.d. 2012

Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Berikut adalah tabel yang menejelaskan registrasi mahasiswa baru dan lama S2 dan S3 Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) T.A 2011/2012. (bisa lihat langsung di http://www.ugm.ac.id )

F. Perbandingan Sistem Pendidikan Tinggi di VUB – UGM

 No

 

Komponen Yang Dibandingkan

 

 

UVB

 

UGM

1

Profil Didirikan Pada Tahun 1834 (di bawah Universiteit Libre Brussel). Memisahkan diri 1970 Didirikan pada 19 Desember 1949

2

Program Pendidikan
  1. Ilmu Pengetahuan Terapan dan Rekayasa: Terapan Ilmu Komputer (120 kredit ECTS)
  2. Ilmu Pengetahuan Terapan dan Rekayasa: Ilmu Komputer (120 kredit ECTS)
  • Teknik Arsitektur (120 kredit ECTS)
  • Biologi (termasuk Ekologi Manusia ICP) (120 kredit ECTS)
  • Rekayasa Biomedis (120 kredit ECTS)
  • Ilmu Biomolekuler (120 kredit ECTS)
  • Bisnis & Teknologi (120 kredit ECTS)
  • Kimia dan Material (120 kredit ECTS)
  • Teknik Sipil (120 kredit ECTS)
  •  Ilmu Komunikasi (60 kredit ECTS)
  • Ilmu Pendidikan (120 kredit ECTS)
  • Elektromekanik Teknik (120 kredit ECTS)
  • Elektronik dan Informasi Technolgy Teknik (120 kredit ECTS)
  • Erasmus Mundus Master of Science dalam Photonics (120 kredit ECTS)
  • Uni Eropa Kebijakan (60 ECTS)
  • Internasional Master Sciene dalam Rekayasa Biomedis (120 kredit ECTS)
  • Geografi (120 kredit ECTS)
  • Manajemen (60 kredit ECTS)
  • Manajemen Sains (120 kredit ECTS)
  • Kelautan dan endapan danau Sains dan Manajemen (120 kredit ECTS)
  • Biologi Molekuler (120 kredit ECTS)
  • Sumberdaya Lahan Fisik (120 kredit ECTS)
  • Photonics Sains dan Teknik (120 kredit ECTS)
  • Studi Perkotaan (4Cities) (120 kredit ECTS)
  • Teknik Sumber Daya Air (120 kredit ECTS)Top .
Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Diploma 1, Program Diiploma III, Program Diploma IV, Program Profesi, dan Program Spesialis I :a)    Program Diploma I mempunyai beban studi komulatif 40 – 50 sks, dijadikan untuk 2 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 2 – 4 semester. Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik yaitu Program Studi Survei Pengukuran dan Pemetaan.

b)    Program Diploma III mempunyai beban studi komulatif 110 – 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 – 20 semester.

c)    Program Diploma IV mempunyai beban studi komulatif 144 – 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 – 14 semester.

d)    Program Pendidikan Profesi mempunyai beban studi komulatif 20 -40 sks, dijadwalkan untuk 2 – 6 semester setelah Program Sarjana. Program Profesi diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan dan Psikologi.

e)    Program Spesialis I yang mempunyai beban studi 36 – 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah Program Sarjana/ Profesi. Program Spesialis I diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Hukum.

3

Sistem Perkuliahan Sistem pendidikan tinggi di Belgia dimulai dari tahap Sarjana (Sarjana dari universitas (S1) dan Hogescolenatau politeknik yang setara universitas (mirip program D4 di tanah air), Master, dan program Doktoral. Lulusan program sarjana dari politeknik, selain dapat melanjutkan ke progrm master, juga dapat melanjutkan pendidikan ke program sarjana lanjutan (spesialisasi). Demikian pula untuk lulusan master, selain dapat melanjutkan ke program doktoral, mereka juga dapat melanjutkan ke pendidikan master lanjut/terspesialisasi (di Belanda dikenal dengan program post master; diselenggarakan misalnya di TUDelft, TUE, dll) Pelaksanaan pendidikan diawali dengan pendaftaran dan pendaftaran ulang. Pendaftaran atau pendaftaran ulang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa yang baru diterima dan semua mahasiswa Universitas Gadjah Mada, pada awal setiap tahun akademik atau setiap semester.

4

Bahasa Pengantar Belanda, Perancis, dan Inggris Indonesia dan Inggris

5

Persyaratan Masuk
  1. Program S1 & S2

Seleksi administrasi dan wawancara.

  1. Program S3

Wawancara dan hasil rapat doktorat

1)  S1: Syarat Umum PBU, Syarat Khusus PBU, dan Syarat Umum Ujian Tulis2)  S2 & S3. Seleksi Administrasi dan wawancara

G. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas tentang sistem pendidikan di Belgia, dapat disimpulkan dalam poin-poin berikut:

  1. 1.  Profil

Belgia (secara resmi disebut Kerajaan Belgia) adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri Uni Eropa dan menjadi ibukota Uni Eropa, serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO. Belgia meliputi wilayah seluas 30.528 Km² dan memiliki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa.

Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Dengan populasi sebesar 237.556.363 Jiwa ( sensus 2010), Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam.

  1. 2.  Sistem Pendidikan

Pendidikan di Belgia wajib bagi  anak yang berumur 6-18 tahun. Selama masa wajib belajar ini (plus masa TK), semua pendidikan gratis. Melalui program ini setiap anak diberikan bantuan pendidikan. Pendidikan secara umur terbagi menjadi 3 tahapan:

  1. Pendidikan Dasar (Basisonderwijs)
  • TK (kleuteronderwijs) untuk anak berumur 2.5-6 tahun.
  • SD (lager onderwijs). Mulai umur 6 tahun anak-anak sudah diwajibkan untuk masuk SD sehari penuh.
  1. Pendidikan Menengah (Secundair Onderwijs) (6-18 th): Terdapat empat jenis pendidikan menengah:
  • Pendidikan umum, ASO (Algemeen Secundair Onderwijs):
  • Pendidikan Teknik. TSO (Technisch Secundair Onderwijs):
  • Pendidikan untuk bekerja, BSO (Beroepssecundair Onderwijs):
  • Pendidikan Seni, KSO (Kunstsecundair onderwijs):
  1. Pendidikan Tinggi (Hoger Onderwijs) .
  • Universitas (universiteit):
  • Politeknik/sekolah tinggi (hogeschool):
  1. 3.  Sistem Pendidikan Tinggi VUB – UGM
    1. a.  Vrije Universiteit Brussel

Profil. Didirikan Pada Tahun 1834 (di bawah Universiteit Libre Brussel). Memisahkan diri 1970.

Program Pendidikan. Ilmu Pengetahuan Terapan dan Rekayasa: Terapan Ilmu Komputer (120 kredit ECTS), dan Ilmu Pengetahuan Terapan dan Rekayasa: Ilmu Komputer (120 kredit ECTS).

Sistem Perkuliahan. Sistem pendidikan tinggi di Belgia dimulai dari tahap Sarjana (Sarjana dari universitas (S1) dan Hogescolen atau politeknik yang setara universitas (mirip program D4 di tanah air), Master, dan program Doktoral. Lulusan program sarjana dari politeknik, selain dapat melanjutkan ke progrm master, juga dapat melanjutkan pendidikan ke program sarjana lanjutan (spesialisasi). Demikian pula untuk lulusan master, selain dapat melanjutkan ke program doktoral, mereka juga dapat melanjutkan ke pendidikan master lanjut/terspesialisasi (di Belanda dikenal dengan program post master; diselenggarakan misalnya di TUDelft, TUE, dll).

Bahasa Pengantar. Disampaikan dalam bahasa Belanda, Perancis, dan Inggris.

Persyaratan dan Ujian Masuk. Program S1 & S2Seleksi administrasi dan wawancara. Program S3 Wawancara dan hasil rapat doktorat.

  1. b.  Universitas Gadjah Mada (UGM)

Profil. Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan pada 19 Desember 1949.

Program Pendidikan. Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Diploma 1, Program Diiploma III, Program Diploma IV, Program Profesi, dan Program Spesialis

Sistem Perkuliahan. Pelaksanaan pendidikan diawali dengan pendaftaran dan pendaftaran ulang. Pendaftaran atau pendaftaran ulang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa yang baru diterima dan semua mahasiswa Universitas Gadjah Mada, pada awal setiap tahun akademik atau setiap semester.

Bahasa Pengantar. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggri.

Persyaratan Masuk. S1: Syarat Umum PBU, Syarat Khusus PBU, dan Syarat Umum Ujian Tulis. S2 & S3. Seleksi Administrasi dan wawancara.

 Daftar Pustaka

 

http://www.ugm.ac.id diakses pada tanggal 12/04/2012, pukul. 22:35

http://issuu.com/miekehafidz/ diakses tanggal 28/03/2011).

http://roilbilad.wordpress.com/2010/12/11/sistem-pendidikan-dan-perkuliahan-di-belgia/ diakses tanggal 27/03/2012, pukul 16:23).

(http://www.vub.ac.be/ diakses pada tanggal 27/03/2012).

 

 
Leave a comment

Posted by on 28 June 2012 in Uncategorized

 

Apa Komenmu ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: